1/11/22

Mengenal 6 Jenis Tanaman Obat Herbal Keluarga Lengkap Dengan Manfaatnya

Hal yang sangat mahal dan tidak bisa dibeli dengan uang adalah kesehatan. Tentunya setiap orang ingin selalu sehat dan dijauhkan dari penyakit yang tidak menyenangkan. Agar tubuh tetap sehat, kamu perlu melakukan banyak hal yang positif seperti mengkonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur. Dengan mengatur pola makan secara rutin, maka kamu bisa mengurangi kemungkinan risiko terserang penyakit.

tanaman obat herbal
pic from pixabay, edit by catatanria



Namun sayang, tak selamanya tubuh ini terus sehat. Mungkin, ada kalanya kamu akan mengalami kondisi sakit dan membuat kamu tidak bisa beraktivitas seperti biasanya. Saat sakit, kamu tentunya akan segera minum obat untuk menghilangkan penyakit yang ada ditubuh kamu. 


6 Jenis Tanaman Obat Herbal Keluarga Lengkap Dengan Manfaatnya

Namun, terlalu sering meminum obat bisa menimbulkan efek samping yang tidak baik. Nah, salah satu cara terbaik untuk mencegah dan menghilangkan rasa sakit yang aman tanpa menimbulkan efek samping adalah dengan mengkonsumsi beberapa jenis tanaman obat herbal. 


Baca juga :

Mulai dari Sekarang Yuk, Perilaku Hidup Sehat dan Bersih

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak dalam Menghadapi Pandemi Covid-19


Nah dibawah ini akan diperkenalkan 6 jenis tanaman obat herbal keluarga lengkap dengan manfaatnya.

1. Jahe

jahe
pic from pixabay


Jahe sejak dahulu dipercaya memiliki banyak manfaat.Jahe memiliki bentuk seperti jari jemari yang sedikit gendut dibagian ruas tengahnya. Salah satu jenis tanaman rempah ini memiliki nama latin Zingiber Officinale. 

Tanaman rempah yang satu ini terbagi menjadi tiga jenis yaitu jahe merah, jahe putih besar, dan jahe putih kecil. Manfaat jahe untuk kesehatan antara lain melancarkan pernafasan, pereda masuk angin, obat migrain, obat batuk, dan obat kecantikan. 


2. Jintan Hitam

jinten hitam
pic from pixabay

Di Indonesia, tanaman jintan hitam ini dikenal juga dengan sebutan habbatussauda. Tanaman obat herbal ini memiliki sejumlah kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan seperti asam oleat dan asam linoleat, kalsium, serat, zat besi, natrium, kalium, dan antioksidan.

Manfaat jintan hitam untuk kesehatan antara lain mengatasi peradangan, menjaga kadar gula dalam darah, obat kolesterol, obat hipertensi atau darah tinggi, mencegah kanker, dan menjaga kesehatan hati.

 

3. Lidah Buaya

lidah buaya
pic from pixabay


Jenis tanaman lidah buaya ini mungkin sudah tak asing lagi ya ditelinga kamu? Tanaman yang memiliki nama lain Aloe Vera ini mudah dijumpai di banyak daerah di Indonesia. 

Lidah buaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan antara lain mempercepat penyembuhan luka, melembabkan kulit, meredakan batuk, mengobati sembelit, menurunkan tekanan darah tinggi, dan menurunkan asam lambung 


4. Kunyit

kunyit
pic from pixabay


Seperti yang diketahui bahwa dahulu negara kita Indonesia dijajah karena terkenal dengan hasil rempahnya yang sangat berkualitas.Kunyit adalah salah satu jenis rempah yang dikenal memiliki banyak khasiat.

Beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan yang perlu diketahui antara lain meningkatkan imunitas tubuh, mencegah dan mengobati kanker, melancarkan pencernaan, obat Alzheimer, mengobati diabetes, dan merawat sistem pernapasan.


5. Kapulaga

kapulaga
pic from pixabay


Tanaman kapulaga biasanya dimanfaatkan sebagai perasa makanan, namun manfaatnya tidak hanya sekedar sebagai perasa saja.Salah satu jenis tanaman rempah ini juga memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan antara lain menurunkan berat badan, mengatasi kejang usus, mengobati sakit perut, obat batuk, obat bronkitis, dan obat pada saluran Urinase.


6. Kencur

kencur
pic from popmama


Saat mendengar nama kencur disebut tentu yang akan langsung terbayang adalah salah satu jenis minuman tradisional yaitu jamu beras kencur. Minuman jamu memang memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan karena terbuat dari bahan – bahan rempah yang menyehatkan.

Manfaat tanaman kencur untuk kesehatan antara lain meredakan flu dan batuk, melancarkan saluran pernafasan, mencegah kanker, mengobati kencing batu, mengobati diare, dan meningkatan nafsu makan. 


Itulah beberapa tanaman obat herbal dan manfaatnya. Bahan-bahannya pun mudah didapat biasanya selalu ada ya di dapur kita. Mulai hidup sehat alami yuk.




CatatanRia.com

1 comment:

  1. Wah bener banget obat herbal yang dari rempah-rempah kayak gini memang lebih berkhasiat dan aman untuk kesehatan. Selain itu, manfaatnya banyak banget untuk tubuh dan mudah didapatkan bahannya di Indonesia.

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V