6/3/20

Yuk, Kita Kenali Bahan Pengawet Makanan yang Aman untuk Tubuh

Bahan pengawet makanan atau yang juga dikenal dengan istilah food preservative merupakan bahan-bahan yang digunakan secara khusus pada bahan makanan untuk memperpanjang usia dari makanan tersebut (food longevity). Bahan pengawet makanan sintetik merupakan jenis pengawet yang kerap digunakan di dalam industri pangan berskala besar. 


bahan pengawet makanan yang aman

Bahan Pengawet Makanan yang Aman untuk Tubuh

Dibandingkan dengan pengawet makanan alami, pengawet sintetik memang memiliki sifat yang lebih stabil sehingga makanan dapat bertahan dalam hitungan bulan hingga tahun. Tenang saja menggunakan pengawet makanan sebenarnya sah-sah saja kok, asalkan Kamu mengetahui jenis-jenis pengawet makanan yang aman untuk digunakan. Beberapa bahan pengawet makanan yang aman untuk tubuh dan sudah disetujui oleh Menteri Kesehatan Indonesia adalah:

1. Sulfur Dioksida
Sulfur Dioksida merupakan salah satu bahan pengawet makanan yang sangat umum digunakan di berbagai macam bahan makanan. Produk pengawet ini membantu menghambat pertumbuhan bakteri pada produk buah-buahan yang berpotensi mengakibatkan buah mengalami perubahan rasa dan cepat membusuk. Bahan pengawet S02 ini menambahkan cita rasa asam pada jenis produk acar, sirup buah, minuman sari buah, dan olahan buah-buahan lainnya. Dalam pemakaian dan konsumsi yang wajar, produk makanan dengan campuran sulfur dioksida tidak akan membahayakan kesehatan tubuh Kamu.

2. Kalium Nitrit
Kalium nitrit adalah jenis pengawet makanan yang banyak digunakan untuk mengawetkan olahan daging, seperti sosis dan daging kornet. Penggunaan kalium nitrit ditujukan untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang mengakibatkan produk daging membusuk. Fungsi lainnya dari bahan pengawet ini adalah untuk memberikan warna rona merah segar pada daging sosis atau kornet yang diolah.

3. Kalsium Benzoat
Untuk pengolahan produk minuman anggur, wine, dan sari buah, Kamu juga bisa menggunakan bahan kalsium benzoat. Penggunaan kalsium benzoat ditujukan untuk menghambat pertumbuhan spora jamur atau bakteri beracun. Selain digunakan untuk berbagai produk buah, kalsium benzoat juga cukup kerap digunakan di dalam industri pembuatan ikan asin.

4. Kalsium Propionat
Di dalam industri pembuatan roti dan kue, penggunaan kalsium propionat merupakan hal yang sangat lazim. Bahan pengawet makanan ini dapat membantu menghambat pertumbuhan spora jamur yang dapat mengakibatkan roti menjadi lebih cepat basi. Namun penggunaan kalsium propionat tetap saja harus dilakukan dengan penuh perhitungan. Karena penggunaan takaran pengawet yang berlebihan tentunya dapat mengakibatkan masalah kesehatan, seperti insomnia dan kelelahan.

Koyo Chemical, Bahan Pengawet Makanan untuk Industri Pangan

Koyo Chemical merupakan produk pengawet makanan terbaik untuk berbagai macam olahan makanan. Pengawet makanan yang berasal dari campuran antara cuka dan asetat ini sangatlah ideal untuk digunakan pada produk olahan daging, seafood, hingga  produk bakery. Sehingga tak heran jika banyak pengusaha pangan yang menggunakan pengawet ini di dalam bermacam-macam produk mereka.Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh bahan pengawet ini adalah bentuknya yang bersifat bubuk. Kemasan bubuk dari Koyo Chemical semakin mempermudah Kamu dalam proses pengaplikasian bahan pengawet terhadap makanan. Kamu dapat melarutkannya di dalam air untuk kemudian dicampurkan ke dalam bahan makanan yang ingin diawetkan.

Produk food longevity agen Koyo Chemical ini juga dilengkapi dengan teknologi yang membantu mempertahankan kandungan air yang terdapat di dalam produk daging. Dengan demikian, daging tidak akan mengalami penyusutan volume bahkan setelah menjalani proses pengolahan. Untuk mendapatkan produk food longevity agent ini, Kamu dapat mengakses situs Markaindo. Selain itu, Kamu juga bisa menghubungi melalui telepon ke +62 – 2187920515.

Selain menawarkan produk dari Koyo Chemical, Markaindo juga menyediakan berbagai macam produk bahan pangan yang dapat Kamu gunakan untuk meningkatkan kualitas produksi makanan. 

Semoga bermanfaat ya tulisan saya kali ini :)




CatatanRia.com

1 comment:

  1. Gambar Koyo Chemical nya kayak mana Ria?

    Oh iya maaf lahir batin ya

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V