2/14/20

Kalkulator Masa Subur, Penting Diketahui Supaya Cepat Hamil

Kehamilan menjadi momen yang dinantikan oleh setiap pasangan baru setelah menikah. Tak jarang pasangan yang menanti lama buah hati akan melakukan program hamil agar cepat mendapatkan anak. Yang terpenting dalam promil adalah kita mengetahui masa subur. Untuk melakukan perhitungan waktu proses kehamilan, kamu bisa menggunakan kalkulator masa subur.

Masa Subur Wanita

Masa subur wanita (ovulasi) adalah saat menstruasi terjadi, maka sel telur (ovum) wanita akan mulai tumbuh berkembang di dalam rahim. Saat ovum sudah matang, rahim akan melepaskan ovum. Hal tersebut memiliki kemungkinan besar untuk terjadi kehamilan. Dan, menjadi keuntungan bagi para pasangan yang ingin cepat memiliki buah hati.

Masa subur wanita terdiri dari dua jenis, yaitu masa subur puncak dan masa subur biasa. Untuk masa subur puncak terjadi 13 hari setelah hari pertama menstruasi. Sedangkan, masa subur biasa terjadi 3 hari sebelum dan sesudah masa subur puncak.

Umumnya, masa subur wanita yang ideal berlangsung 12-14 hari, dari hari pertama menstruasi. Dan, masa subur wanita terjadi pada ke 10-17 hari berakhirnya menstruasi. Tapi kamu harus ingat ya siklus menstruasi kamu.

Cara Menghitung Masa Subur dengan Kalkulator Masa Subur

Kini, tidak hanya menggunakan kalkulator masa subur online, kamu juga bisa menghitung dengan menggunakan kalkulator masa subur akurat sendiri yang bisa untuk mempercepat proses kehamilan dan mengetahui kapan masa subur terjadi.

Dalam perhitungan kalkulator masa subur ibu hamil ialah membuat catatan khusus tentang kapan mulai menstruasi dan hari menstruasi selama 4-8 bulan. Tujuannya ialah untuk mengetahui siklus panjang-pendek waktu menstruasi. 

Kalkulator Masa Subur Haid Normal
Cara menghitung masa subur untuk siklus menstruasi teratur, yaitu mengurangi hari pertama haid dengan angka 14, kamu akan mengetahui masa suburnya.

Contohnya, kamu mulai menstruasi pada tanggal 2 juli, tambahkan dengan 28 dan itu adalah hari pertama haidmu berikutnya, jadi 30 juli setelah itu kurangi 30 dengan 14, dan ketemulah masa suburmu. 30-14 + 16, maka masa subur kamu tanggal 16 juli.

Kalkulator Masa subur Haid Tidak Teratur
Untuk para wanita, jangan khawatir apabila memiliki siklus haid yang tidak teratur. Kalkulator masa subur untuk haid tidak teratur sama saja dengan wanita yang memiliki siklus haid normal, yaitu dengan membuat menstrual daily terlebih dahulu. Karena memiliki perbedaan pada masa subur, tiap wanita dapat dikatakan normal jika siklus haid antara 21-35 hari.

Contohnya, siklus menstruasimu selama 6 bulan berturut-turut adalah 29 hari, 31 hari, 27 hari, 28 hari, 30 hari. Dengan melihat contoh tersebut, maka siklus haid terpendek adalah 26 hari dan siklus terpanjang 31 hari.

Siklus terpendek ialah 26 hari. Kurangi angka ini dengan 18. Hasilnya: 6 angka ini merupakan hari pertama saat kamu berada pada posisi paling subur. Dan, siklus terpanjangmu ialah 31 hari. Kurangi angka ini dengan angka 11. Hasilnya: 20 angka ini adalah hari terakhir saat kamu paling subur.

Ciri Wanita Saat Masa Subur

Selain perhitungan melalui kalkulator masa subur seperti di atas. Kamu juga bisa mengetahui beberapa ciri wanita saat masa subur yakni.

  1. Gairah seks yang lebih tinggi dibandingkan hari-hari biasa.
  2. Keluarnya cairan bening yang mirip seperti putih telur yang disertai dengan adanya bercak kecoklatan
  3. Bagian rahim terasa lebih lembut dan terbuka
  4. Nyeri pada bagian payudara namun waktunya tidak lama
  5. Perut bagian bawah terasa sakit disertai dengan rasa kembung atau mulas
  6. Sakit kepala
  7. Mual
  8. Lebih sensitive terutama di bagian indera penciumannya.

Itulah beberapa ciri wanita saat masa subur, memang sih setiap wanita bisa berbeda-beda cirinya tapi semoga ini bisa menjadi patokan untuk mengenali apakah kita sedang dalam masa subur. Saya pun waktu program hamil si Babang Iyas pakai kalkulator masa subur, Alhamdulillah berhasil.

Semoga untuk kamu yang sedang program hamil bisa segera dapat momongan ya, terus semangat ya semua pasti indah pada waktunya.




CatatanRia.com

1 comment:

  1. Senangnya sekarang ada kalkulator masa subur.
    Para orang tua yang mau menjadwalkan kehamilan, jadi bisa terbantu.

    Salam siang dari Lombok ^^

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V