Featured Post

Cara Mudah Mendapatkan Cuan dari Internet, Cukup di Rumah Aja

Halo kawan semua, gimana kabarnya hari ini? Masih di rumah saja kan? Semoga selalu sehat dan kalau bisa diam di rumah saja ya sementara wak...

11/15/19

Tumbuh Kembang Anak terjaga dengan Tubuh bebas Diare

Halo Mom, semua pasti sudah mengetahui ya ada beragam hal yang menentukan optimalnya tumbuh kembang seorang anak, salah satunya adalah kesehatan tubuhnya. Saat anak terjangkit suatu penyakit, maka secara tidak langsung proses pertumbuhannya akan terhambat.



Cara Mengatasi Diare pada Anak

Ada banyak penyakit yang biasa menyerang anak-anak terutama anak usia dibawah 5 tahun. Termasuk penyakit diare yang bisa menyerang sang anak dan menghambat proses penyerapan nutrisi dalam tubuhnya. Untuk mengatasi diare, ada beberapa cara mudah yang bisa Mom lakukan kepada anak Mom seperti memberikan Probiotik untuk anak yang sedang diare.

Selain itu, ada pula beberapa cara mengatasi diare pada anak lainnya seperti yang diulas sebagai berikut :

Berikan ASI Eksklusif
Para ibu yang memiliki bayi untuk pertama kalinya mungkin akan sedikit khawatir jika sang bayi mengalami kondisi yang tidak normal seperti diare. Wajar, mengingat bayi belum bisa mengonsumsi obat-obatan seperti anak-anak yang sudah lebih besar. Selain itu, bayi juga belum bisa mengutarakan apa saja yang dirasakannya hingga membuat banyak ibu kebingungan. 

Tapi, jangan khawatir karena obat untuk mengatasi diare pada bayi tidaklah sulit untuk didapatkan. Sebab, Air Susu Ibu yang Mom berikan kepada anak Mom bisa menjadi obat terbaik saat anak mengalami diare. Ini disebabkan saat diare sang anak akan kehilangan banyak cairan dan ASI eksklusif bisa membantu mengembalikan cairan tubuh bayi Mom yang terbuang. Selain itu, nutrisi lengkap yang dimiliki ASI juga akan membantu proses pemulihan diare hingga sembuh dengan sendirinya.

Yoghurt
Diare yang menyerang anak-anak bisa disebabkan oleh berbagai hal. Tapi, umumnya diare yang dialami anak-anak disebabkan oleh masuknya bakteri jahat kedalam sistem pencernaan. Bakteri jahat seperti E. Coli perlu diatasi segera karena menjadi bakteri utama penyebab diare baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

Apabila anak Mom sudah bisa mengonsumsi berbagi macam makanan tanpa adanya pantangan, maka minum yoghurt bisa jadi alternatif penyembuh diare yang ampuh. Sebab, didalam yoghurt terkandung bakteri baik yang sangat dibutuhkan tubuh saat diare. Bakteri baik tersebut nantinya berperan sebagai antibodi yang memerangi bakteri jahat penyebab diare. Sehingga, diare pun pergi secara alami dan anak Mom pun bisa memiliki sistem pencernaan yang kembali lancar.


Langkah-langkah diatas bisa Mom lakukan untuk mengatasi diare pada anak. Sebagai langkah penanganan segera, usahakan untuk selalu mempersiapkan obat-obatan yang dibutuhkan anak-anak. Seperti obat sembelit yang ampuh mengatasi sembelit pada anak dalam waktu cepat.

Oh iya kenapa sih diare sering menyerang anak-anak terutama mereka yang masih berusia dibawah 5 tahun? Itu terjadi karena biasanya anak-anak masih dalam fase explorasi, segala dipegang dan masuk mulutnya sehingga bakteri jahat pun masuk ke dalam tubuh anak. Bayangkan mereka abis explorasi bermain tanah lalu tanpa disadari tangan masuk ke mulut duh bahaya yaa segala kuman bisa masu. Hal ini lah yang membuat anak-anak rentan terkena diare.

Ketika anak-anak saya diare pun biasanya saya melakukan 2 hal diatas, terkadang saya juga memberikan buah pisang saat diare karena biasa akan membuat babnya lebih padat. Lalu saya juga memberikan air minum yang banyak. Diare bisa menyebabkan dehidrasi sehingga kita harus selalu perhatikan asupan cairan untuk anak jangan sampai terkena dehidrasi. Aa Iyan pernah diare dalam hitungan jam saja dia langsung terkena dehidrasi berat sampai tak sadarkan diri, serem banget deh kalau saya ingat kejadian itu. Oleh karena itu Mom jangan perna sepelekan sakit diare ini ya.

Semoga anak-anak kita selalu sehat yaa Mom :)




CatatanRia.com

1 comment:

  1. Mba Riaaa kangen bw 😆 bumil sehat2 ya.
    Diare nggak enak banget ku sempet rasain lagi pas sbulan lalu. Klo anak2 apalagi ya. Lemes udah pasti..

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V