11/30/19

Talking Mama : Mitos Ibu Hamil

Hai, di bulan November ini saya akan membahas tentang mitos-mitos kehamilan. Ini merupakan tulisan kolaborasi saya dengan teman saya Diah, kalian bisa baca Mitos Ibu Menyusui di blognya Diah ya. Akhirnya ya setelah beberapa lama vakum tulisan kolab Talking Mama ini bisa kembali tayang, semoga sih jangan vakum lama-lama lagi ya Diah.




Alhamdulillah di bulan November ini kehamilan keempat saya ini sudah memasuki trimester 3 yang artinya mendekati persalinan dan sudah memasuki masa-masa sulit untuk tidur karena gerah dan pegel-pegel yups itu sudah terjadi hampir setiap malam sekarang huhuhu.

Percaya atau Tidak Mitos Ibu Hamil?

Oke balik ke Judul ya mitos-mitos kehamilan, pasti hampir semua ibu hamil selalu mendapatkan wejangan dari para nenek "Ibu hamil gak boleh begini, ibu hamil gak boleh begitu, bla bla bla". Memang sih niat para nenek itu baik demi menjaga si utun didalam kandungan, tapi di jaman sekarang rasanya sulit menerima mitos karena kebanyakan ibu zaman now ya lebih suka realita daripada mitos.

Saya pribadi tidak percaya sama sekali sama mitos, untungnya saya tinggal sama mertua yang gak cerewet gak pernah melarang ini itu. Eh, bukan berarti saya bebas sih, masih ada Mamah saya yang setiap nelfon pasti cerewet ngasih wejangan mitos.h setiap dikasih tau Mamah iya iya aja tapi gak dilakuin, toh gak ketauan juga si Mamah mah jauh hehehe.

Apa Saja Mitos Ibu Hamil?

Ada banyak ya sebenarnya mitos ibu hamil ini, saya akan share mitos bagi ibu hamil yang sering saya terima saja ya. Kenapa saya bilang sering, karena sudah 4 kali saya hamil dan selalu saja mendengar mitos pada ibu hamil yang itu lagi eh itu lagi dari si Mamah.


1. Bawa Gunting Kecil atau Banglay
Ini yang paling sering Mamah ingetin ke saya, kalau saat hamil wajib bawa gunting kecil atau banglay kemanapun saya pergi setiap harinya katanya sih untuk melindungi janin dalam rahim. Caranya itu si gunting kecil atau banglay dipenitikan ke pakaian dalam saya, duh risih saya sih gak ikutin. Eh pernah sih waktu hamil pertama, tapi itu juga gunting kecilnya cuma saya bawa saja gak sampai dipeniti ke pakaian dalam. Soalnya saya pikir apa hubungannya bawa gunting dengan keselamatan janin? Malah berbahaya peniti ditusuk ke pakaian dalam, kalau nusuk kan sakit. Keselamatan janin saya serahkan semuanya sama Yang Maha Kuasa saja berdoa setiap harinya, insyaAllah akan selalu dijaga.

2. Jangan Potong Rambut
Katanya sih kalau sedang hamil dilarang potong rambut, ada yang bilang katanya nanti akan memotong jalan lahir. Entah dimana lagi ini hubungannya antara rambut dan lahiran? Sedangkan kalau lagi hamil itu bawaannya gerah terus, mana betah selama 9 bulan bertahan dengan rambut yang panjang. Saya sih tetap memotong rambut saat hamil, karena memang gak tahan gerah banget. Lagipula potong rambut setelah lahiran malah takut gak ada waktunya, secara sibuk ngurus bayi dan anak-anak.

3. Jangan Keluar Malam Hari
Nah ini yang bikin saya kesal sekali, bukan kesal gak boleh keluar malam. Namun saat anak pertama saya meninggal dalam kandungan, seseorang menyalahkan saya karena saya keluar malam saat hamil sehingga bayi saya meninggal. HALLO saya berduka kehilangan putri saya lalu ditambah menyalahkan saya bilang ke orang-orang pula dengan mitos ini, sedih sekali saya. Sebenarnya ini memang mitos saja, tapi ada bagusnya diikutin karena angin malam kan tidak bagus untuk kesehatan jadi lebih baik istirahat dirumah. Jadi bukan karena mitos lagi hamil keluar malam nanti diikutin jurig.

4. Jangan Duduk di Lawang Pintu
"Eh, lagi hamil duduk disini jangan di lawang pintu" set set saya pun bergeser pindah posisi duduk. Mitosnya sih kalau duduk di lawang pintu saat hamil, nanti proses melahirkannya akan sulit duh jangan sampai ya. Jelas lah ya ini mitos, yang benar itu duduk di lawang pintu nanti orang kan jadi susah keluar masuk dan takut kesenggol perutnya pas orang lalu lawang nah ini lebih masuk akal lah ya.

Katanya sih kalau kita mau percaya mitos ibu hamil ya harus diikutin semua, tapi kalau tidak percaya ya sudah jangan diikutin sekalian. Saya pribadi termasuk yang tidak percaya mitos jadi tidak saya ikutin, tapi jika larangan itu bersifat baik seperti tidak boleh keluar malam ya gak apalah diikutin kan bagus juga untuk kesehatan.

Kalau kalian gimana Mom, percaya atau tidak dengan mitos saat hamil? Mitos apa yang paling sering kalian dapat saat hamil?




CatatanRia.com

1 comment:

  1. Haduuh, itu yg bawa gunting disimpan di pakaian dalam gitu gimana ya Mbak? Lebih berbahaya lagi kan itu kalau ketusuk, isshh serem.
    Waktu hamil pertama saya dulu dkasih tau keluarga suami klo keluar apalagi klo malam bawa bawang yg diselipkan di peniti, terus cantolin deh ke pakaian, bawang penangkal setan, hehehh.

    Yg duduk depan pintu itu kayaknya umum banget ya dimana2.

    Ayoo Mbak, tema collab bulan Desember udah ada kan? Mari garap yuks 😁

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V