4/27/17

Abang Iyas Akhirnya Sah Lulus Toilet Training

Menurut saya fase terberat saat mengurus bayi dan batita yang bikin galau, baper, susah tidur karena selalu memikirkan "Bagaimana ya caranya?", dan berujung jadi sensitif istilah seremnya senggol bacok, yaitu saat bayi pemberian ASI pertama kalinya rasanya perih, PD bengkak yang mengakibatkan badan jadi panas dingin.

Lalu fase GTM saat anak mulai MPASI, rasanya bingung mau kasih makan apa lagi supaya si anak mau makan, sampai pernah saya kasih makan nasi, lauk pauk plus coklat nah loh rasanya kayak apa tuh dimulut kalau menjadi satu, entahlah hanya si kecil yang mengetahuinya bagi Ibu mah yang penting anaknya mau makan.

Kemudian fase menyapih, ini biasanya penuh drama dari si anak bahkan si Ibu pun ikut drama karena enggak tega enggak memberikan ASInya ke si anak. Apalagi kalau wajah si anak sudah memelas sekali duh rasanya enggak tega banget. Kadang karena si Ibu sudah putus asa, anaknya gagal move on dari ASI akhirnya si Ibu memakai cara jadul oles obat merah deh diputing (hayu ngaku siapa yang pakai cara ini?). Jujur dulu saya sampai nangis saat Iyas minta ASI tapi enggak saya kasih, tapi untungnya pas fase ini Iyas tidak banyak drama proses menyapih berjalan dengan lancar dan cepat.
Lanjut fase toilet training, nah pas fase ini saya lama banget melewatinya tidak semudah waktu menyapih. Abang Iyas sudah mulai lepas diaper dan clodi sejak umur 10 bulan namun hanya diwaktus siang saja, itupun saya belum tertib mengajarkan toilet trainingnya masih kadang pakai diaper/clodi. Sampai memasuki usia 1 tahun, si Abang masih saja belum memberikan tanda kalau mau pipis sehingga kalau saya telat bawa ke kamar mandi ya sudah banjir deh di ubin atau dikasur. Kemajuannya hanya Abang Iyas sudah mau bilang kalau pipis, tapi pipisnya udah keluar huhuhu.

Memasuki usia 2 tahun, masih sama saja Abang Iyas masih suka mengompol. Dia hanya mau ke kamar mandi kalau saya ajak, tapi kalau saya lupa ya sudah ngepel lantai deh. Sudah hampir putus asa saya dan lebih ke pasrah aja deh kalau bakal sering ngepel lantai. Eh saat awal tahun kemarin ada perkembangan tanpa disuruh atau ditanya, Abang Iyas pipis sendiri ke kamar mandi. Dan saat berpergian pun padahal sudah saya pakaikan diaper eh dia tetap maunya pipis dikamar mandi. Akhirnya lulus sudah toilet training Abang Iyas setelah sekian lama, Uminya pun bebas enggak perlu ngepel lantai atau jemur kasur lagi *yeayy joged india*.

Jadi awalnya Abang Iyas mau ke kamar mandi itu karena saya kasih pispot yang berbentuk mobil, awal dibeliin sih dia cuek enggak mau pakai. Sampai suatu hari saya bilang gini ke dia pas mau pipis "Bang, pipisin nih mobilnya" eh dia seneng dong bisa pipisin mobil sampai akhirnya pup pun dia mau di mobil-mobilannya itu. Dasar anak-anak ya begitu juga udah girang dan bisa merubah pola pikirnya.

Setelah saya evaluasi kesalahan saya saat menerapkan toilet training ke Abang Iyas adalah saya yang tidak konsisten. Pengennya anak lulus toilet training tapi enggak konsisten ya sama saja bohong, jadinya lama deh lulusnya.

Untuk menerapkan toilet training kalian bisa perhatikan hal-hal berikut :

Sounding
Terus sounding anak untuk mau bilang kalau mau pipis dan mau ke kamar mandi sendiri. Walau enggak didengarkan terus mencoba.

Luangkan waktu
Untuk Ibu pekerja coba ajukan cuti khusus untuk mengajarkan anak toilet training. Karena memang harus konsisten, agar si anak mengerti.

Anak sudah bisa bicara atau negosiasi
Ini penting banget nih, kalau anak sudah lancar bicara dan bisa diajak bernegosiasi maka toilet training bakal lebih mudah. Tapi anak yang belum bisa bicara juga sudah bisa koq, seperti sepupunya iyas belum genap setahun umurnya tapi sudah bisa kasih kode ke Ibunya kalau mau pipis atau pup.

Training pants dan alas ompol
Jika tidak ingin sering mengepel lantai dan menjemur kasur, bisa stock training pants dan pakaikan alas ompol dikasur. Tapi ada beberapa anak yang memakai training pants malah jadi enggak mau bilang kalau pipis, ada juga yang bilang karena risih celanannya basah.

Ajak ke kamar mandi secara teratur
Ajak anak ke kamar mandi awalnya sejam sekali ke kamar mandi, kemudian jadi dua jam sekali lalu tiga jam sekali. Nanti akan terlihat koq pola pipisnya berapa jam sekali. Disaat anak sudah mulai jarang pipis nah saat itulah biasanya toilet training akan lebih mudah

Stok sabar yang banyak
Penting nih harus banyak bersabar, melihat anak ngompol terus-terusan, ubin jadi kotor, kasur basah, cucian numpuk ini rawan bikin Ibu stress jadi harus sabar yaaa biar tetap waras.

Semangat ya untuk para emak yang sedang berjuang melewati fasi toilet training, sabar dan percayalah semua pasti indah pada waktunya.



CatatanRia.com

3 comments:

  1. aku punya keponakan usia 1tahun 8 bulan mba, tapi bicara belum lancar. Itu udah bisa di ajak toilet training? mamaknya niat banget ajak dia toilet training, sampe2 mamaku (neneknya sepupuku) kesal lihat mamanya cepat kali ajak toilet training.

    ReplyDelete
  2. Stok Sabar yaaa hahaaa
    Cpt bgt Dr 10 bln mba
    Aku Kaina dari 16 bln deh. . Jadi pas 2 thn udah lepas asi sama lulus bnr toilet training..😁
    Yeah abang pinterrr 😍😍

    ReplyDelete
  3. Huuaaaa, Faraz nih belum mulai toilet training, baru disounding2 terus tapi emaknya masih blm beranjak mulai lepasin diapersnya Faraz huhuhuh.. Rencana nanti klo cuti panjang sblm lahiran mau mulai deh biar nanti gak double pemakaian pampers 😀

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V