Featured Post

Cara Mudah Mendapatkan Cuan dari Internet, Cukup di Rumah Aja

Halo kawan semua, gimana kabarnya hari ini? Masih di rumah saja kan? Semoga selalu sehat dan kalau bisa diam di rumah saja ya sementara wak...

1/20/17

Sejarah Singkat Penemuan Tenda Sarnafil

Tenda pasti kalian sudah enggak asing ya dengan benda serba guna satu ini. Tenda saat ini banyak digunakan untuk promosi, bazaar dan acara sebagai ruang pengisi acara. Banyaknya kegunaan tenda dalam kehidupan sehari-hari kita menjadikan menjamurnya produsen yang jual tenda sarnafil. Bentuk atap tenda ini adalah kerucut, sehinggasering disebut sebagai tenda kerucut. Pasti pernah liat donk mak kalau lagi shopping di bazaar-bazaar.

Pada perkembangan selanjutnya tenda sarnafil dengan tenda kerucut dibedakan menjadi dua, yaitu :
  • Tenda kerucut adalah tenda yang memakai rangka besi dan tidak tertutup
  • Tenda sarnafil adalah tenda dengan rangka hollow dan bagian badan tenda tertutup seluruhnya tetapi sebagian bisa dibuka.

Kedua tenda ini memiliki fungsi yang sama sebagai tenda temporer yang dapat dibongkar pasang dan dipindahkan. Perbedaan yang tidak terlalu signifikan tersebut menjadikan penamaan tenda sedikit rancu. Asal kata sarnafil sesungguhnya adalah bahan penutup atap yang merupakan sebuah membrantipis yang sangat kuat dan tahan air. Bahan ini bisa digunakan untuk pelapisan atap yang telah ada agar tahan air dan tahan terhadap sengatan matahari dan angin.

Penemuan sarnafil yang sangat istimewa ini pertama oleh negara Swiss tahun 1962, yang kemudian dikembangkan oleh negara Jerman menjadi bahan penutup atap yang tahan terhadap sinar matahari dan dapat digunakan untuk pelapis tahan air (waterproofing).

Pada tahun 1964 sarnafil digunakan sebagai membran penutup seperti sebuah tenda yang sangat besar pada ekspo dunia yang diadakan di Swiss, disinilah pertama kali bahan sarnafil mendunia. Bentuk atap dari ruang yang menyerupai tenda tersebut adalah kerucut, sehingga ketika bahan polimer merambah hingga ke Indonesia, maka bahan PVC ini juga digunakan sebagai atap tenda berbentuk kerucut, mungkin dari sinilah asal penamaan produsen berjualan tenda polimer dengan jualtenda sarnafil di Indonesia.


Pada tenda kerucut yang merupakan tenda yang beredar pertama kali di Indonesia masih menggunakan bahan tarpaulin atau terpal yang terbuat dari bahan kanvas atau polyester dilapisi urethan atau bahan plastik seperti polietilen. Lain halnya dengan tenda sarnafil sudah menggunakan bahan membran polimer seperti PVC yang jauh lebih lentur dan tahan terhadap air, angin. Kelebihan dari tenda sarnafil lainnya adalah tenda ini dapat dapat dipasang pendingin (Air Conditioner), sehingga suhu dalam tenda akan terasa nyaman. Banyaknya kelebihan tenda ini dibandingkan tenda kanvas, menjadikan pasar mencari produsen yang jual tenda sarnafil jauh lebih tinggi daripada tenda terpal.

Saya pengin juga sih tenda seperti ini untuk jualan di bazaar, biar enggak kepanasan dan enggak kehujanan. Eh tapi mau jualan apa nanti hihihi. Ya siapa tau beberapa tahun ke depan saya bisa memiliki bisnis yang maju dan bisa ikutan bazaar, jadi bisa deh beli deh tenda sarnafil ini. Aamiin.



CatatanRia.com

No comments:

Post a Comment

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V