11/30/16

Membuat Kulit Risoles Mudah dengan Crepe Maker Vicenza

Saya punya mainan masak-masakan baru, layaknya anak kecil seneng banget langsung pengen dipraktekin. Barang apa sih yang bisa membuat saya segitu antusiasnya, itu adalah crepe maker atau biasa orang bilangnya wajan kewalik. Iyas yang ikutan buka si paket juga ikutan antusias minta bikinin kue "Mi ue mi ue". Karena waktu yang belum tepat saat itu jadi akhirnya saya mempraktekan si wajan kewalik ini keesokan harinya.


Harga dan Tempat Membeli
Saya membeli crepe maker vicenza ini di Tokopedia, ada banyak yang menjualnya dengan berbagai varian harga juga. Saya memilih toko yang lokasi di Bandung, biar enggak berat di ongkir. Kalau tidak salah nama tokonya di Tokopedia Nabila's Kitchen, harganya masih terjangkau yaitu 115rb plus ongkir bandung 7rb jadi semua hanya 122rb. Pengiriman pun cukup cepat hanya sehari saja sudah sampai, mungkin karena masih satu kota jadi cepat. Kalau kota lain biasanya dua sampai tiga hari baru sampai barangnya. Paketnya pun rapi dibungkus dengan aman, jadi sama penjual diberi kardus tambahan yang tebal agar meminimalkan kerusakan saat pengiriman. Bintang 5 lah buat toko ini.

Kelengkapan Crepe Maker Vicenza
Lalu bagaimana dengan si crepe maker? Seperti gambar dibawah ini lah penampilan kelengkapan dari crepe maker. Isinya spatula kayu, wadah adonan, teflon crepe maker dan kertas petunjuk cara pemakaian.


Cara Menggunakan Crepe Maker Vicenza
Secara penampilan memang seperti teflon pada umumnya, namun cara pemakaiannya lah yang berbeda. Kalau teflon biasa kita minggunakan bagian atas untuk memasak, kalau ini justru bagian belakangnya yang dipakai memasak. Makanya beberapa orang menyebutnya wajan kewalik karena memakainya dibalik. Pertama taruh adonan risol/crepe ke wadah adonan, lalu panaskan teflon. Celupkan bagian belakang teflon ke wadah adonan. Lalu masak diatas kompor. Mudah ya. Saya sempat gagal 3x pertamanya, tapi saya enggak putus asa terus mencoba sampai akhirnya berhasil. Pertama 2x mencoba adonan agak susah dilepas dari teflon dan saya baru sadar kalau adonan belum dikasih minyak. Setelah saya campurkan minyak, saya coba lagi dan adonan gagal menempel pada teflon. Ternyata kali ini kesalahan saya, teflon keadaan dingin sehingga adonan tidak mau menempel. Catatan nih wajib panaskan teflon dulu baru sebelum dicelup ke adonan untuk hasil maksimal.

Kelebihan Crepe Maker Vicenza
Mudah digunakannya, bikin kulit risol jadi lebih cepat dan bisa menghemat waktu memasak. Ini sama sekali enggak lengket, saya sempat lupa kasih minyak memang agak susah diambil adonannnya tapi cukup dibantu spatula langsung keangkat adonannya. Dan saat adonan risol sudah saya kasih minyak jadi lebih mudah lagi, tinggal saya balikan teflon si adonan jatuh sendiri ke piring tanpa bantuan spatula atau apapun. Ukuran kulit risolpun jadi sama rata.

Kekurangan Crepe Maker Vicenza
Untuk kekurangan saya belum tau nih, karena masih baru memakainya dan sejauh ini saya puas memakainya. Mungkin kalau kelengkapannya ditambah buku resep lebih OK kali ya, jadi tidak perlu browsing resep di google lagi.

Selain bisa untuk membuat crepe dan kulit risol, bisa untuk yang lainnya juga loh. Ada yang bilang bisa untuk membuat kulit lumpia, pancake, dadar gulung. Saya sendiri belum mencoba, next time mau cobain kalau berhasil dishare lagi disini.

Bonus postingan saya kasih resep deh, ini saya bikin risoles rogout. Untuk kulit risol saya masih setia memakai resepnya Mba Ricke. Soalnya suka texturnya enggak mudah robek, lembut dan kenyalnya pas. Lalu rogout sayurnya saya adaptasi dari resepnya bund diah didi.


Resep rogout sayur

Bahan
1 buah kentang, potong dadu kecil
1 buah wortel, potong dadu
5 buah buncis, iris agak tipis
50 gr daging ayam, rebus cincang (saya 1 buah sosis cincang)
1 batang daun seledri, cincang
75 gr terigu protein sedang
500 ml susu
2 sdm margarine untuk menumis
1/2 siung bawang bombay, cincang
1 siung bawang putih, haluskan (saya cincang halus)
Garam
Gula
Pala bubuk

Cara membuat
Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan matang.
Masukkan daging ayam, aduk rata.
Masukkan terigu aduk hingga terigu agak bergerindil agar adonan tidak bau tepung, jika takut gosong kecilkan api.
Tuang susu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Jika masih ada gumpalan tidak apa, nanti akan halus sendiri selama proses memasak.
Beri garam, gula, pala bubuk. Koreksi rasa.
Masukkan sayuran, masak hingga adonan mengental. Matikan api, biarkan dingin.Baru dijadikan isian risoles.

Resep kulit risoles

Bahan
100 gr terigu protein tinggi, ayak
300 ml susu
1 butir telur ayam
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdm mentega cair atau 1 sdm minyak

Cara membuat
Campur terigu, garam dan merica bubuk. Kemudian buat bolongan ditengahnya. Masukkan telur ditengahnya, aduk dgn hand whisk. Tuang susu perlahan, sambil terus diaduk. Pastikan adonan halus tidak bergrindil. Bila perlu saring adonan. Ambil satu sendok sayur, tuang dalam teflon ratakan. Angkat bila matang, ulangi hingga adonan habis. (Saya pakai teflon kewalik lebih praktis). 
Taruh rogout diatas kulit risol, kemudian lipat kulit berbentuk amplop. Lakukan hingga kulit habis.

Bahan Pelapis
1 butir telur, kocok lepas
Tepung roti

Penyelesaian
Taruh isi diatas kulit risoles, kemudian gulung kulit. Lakukan sampai habis.
Celupkan risoles ke telur lalu balur dengan tepung roti. Simpan dalam freezer 30 menit, baru kemudian goreng hingga keemasan. Atau bisa dijadikan frozen food.

Selamat Mencoba Mak.



CatatanRia.com

9 comments:

  1. Wah aku baru tau ada teflon itu, kpn hari dah terlanjur beli yg tipis jg di swalayan
    Btw thx resepnya bisa ditiru :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang jarang klo teflon gini disupermarket mba, aku jg nemunya di toko online :D

      Delete
  2. Aku juga baru tahu mbak...ada tipe wajan terbalik gini...hi..hi, aku masaknya jarang mbikin aneh2 soalnya.
    Makasih mbak info n resepnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, udah lama teflon ini tp saya jg baru kesampean belinya :D

      Delete
  3. Huwwwoooowww

    Kalau di rumah ada ini bakal rajin bikin cemilan buat dirumah nihhhh

    ReplyDelete
  4. Wah... Bikin kulit makin gampang kayanya ya... Gak takut ketebelan dan ukurannya bisa sama rata... Beli aaaaaah... #padahaljarangmasak hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli donk nge buat cemilan si duo kesayangan :D

      Delete
  5. waah lucu crepe makernya! saya dulu punya tapi pake listrik jadi ribet, otomatis saya hibahkan ke mama saya hihihi

    cuma tetep kalo kaya saya mah pasti kulitnya ada aja yang bolong satu dua biji, maklum tangannya ga oke.

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V