Featured Post

Cara Mudah Mendapatkan Cuan dari Internet, Cukup di Rumah Aja

Halo kawan semua, gimana kabarnya hari ini? Masih di rumah saja kan? Semoga selalu sehat dan kalau bisa diam di rumah saja ya sementara wak...

5/29/15

Mengenal BLW atau Baby Led Weaning

BLW atau Baby Led Weaning, awalnya saya juga tidak mengenal yang namanya metode BLW. Sampai akhirnya saya sering mengikuti hashtag #mpasirumahan disana banyak yang share makanan anak blw. Saya pun mulai mempelajarinya dan akhirnya menerapkannya ke iyas.
Metode BLW atau Baby Led Weaning itu si baby memakan makanannya sendiri tanpa disuapin oleh ibunya. Kalau di Indonesia sepertinya metode BLW jarang digunakan, para ibu kebanyakan memilih metode spoon feeding atau disuapin. Alasan klasiknya karena takut bayi akan tersedak saat makan. Yang namanya BLW memang jenis makanan yang diberikan adalah berbentuk solid atau utuh, agar si bayi dapat dengan mudah memegannya. Kalau dikasih bubur yang ada diobok-obok sama si bayi hihihi. Syarat untuk BLW si anak harus sudah bisa duduk tegak ya  baik itu didudukin atau duduk sendiri. Karena untuk menghindari resiko tersendak makanan.

Katanya sih metode BLW ini bisa melatih kemandirian si baby. Saya baru mengetahui BLW saat iyas sudah mulai MPASI, jadi agak sulit mengajarinya untuk mau memegang makanan dan masukin ke mulutnya. Yang ada makanannya cuma diremas dan dibuang enggak ada satupun yang masuk mulutnya. Diusia 8 bulan saya coba belikan food feeder, iyas mau memegangnya dan makan sendiri dengan food feeder. Lalu saya coba kasih biskuit (biskuitnya homemade ya kan saya termasuk emak irit yang enggak mau beliin biskuit di SPM hehehe), eh dia mau megang dan masukin ke mulutnya. Setelah mulai lancar saya pun mulai metode BLW untuk makanan utama, kebetulan diusia 8 bulan iyas sudah enggak makan bubur sudah makan nasi lembek. Diusia 9 bulan iyas baru lancar mengambil, memegang dan masukin makanan ke mulutnya. Kalau sekarang sudah full BLW karena iyas kadang enggak mau disuapin.

Tanggapan orang sekitar yang melihat iyas makan dalam bentuk utuh, pada ngeri kata mereka "awas nanti kelolotan". Jawaban saya "Enggak koq, saya percaya iyas pasti bisa memakannya". Jadi jika ingin memakai metode BLW percayalah pada si baby, kalau dia bisa. Tapi tetep donk diawasin dan jangan lupa siapin minumnya. Baby makan sendiri bukan berarti kita jadi bebas, tapi justru kita harus selalu disampingnya mengawasinya. Kalau dulu iya aku pelototin terus iyasnya, tapi kalau sekarang disambi nonton TV hihihi.
makan di stoller pun jadi

BLW harus punya high chair? NO tidak harus koq. Iyas juga awalnya enggak punya high chair, makannya di stoller, makan distoller sampai 1 tahun. Alhamdulillah pas ulang tahun dapat kado dari eyangnya high chair, itu juga beli yang murah yang penting bisa makan. Enggak ada stoller juga bisa, makan bisa di karpet/tikar atau bisa juga dengan meja lipat yang biasa buat anak-anak menggambar.
makan diluar beralas selimut juga jadi

Dengan metode BLW baby juga akan makan sesuai dengan porsinya, porsi makan bayi beda-beda ya. Jika dia sudah kenyang pasti dia akan berhenti makan. Kalau iyas udah enggak mau makan, piringnya jadi piring terbang alias ditumpahin ke ubin. Jangan heran ya kalau BLW ubin jadi kotor, saya setiap iyas makan pasti jadi bersih-bersih. Cape kah saya? Enggak kan anak senang ibunya juga senang. Enggak setiap sesi makan berantakan sih kadang juga bersih, kayak makan buah dia mah anteng enggak berantakan paling mulutnya aja yang belepotan yogurt.

Metode BLW juga irit perlengkapan tempur MPASI loh. Perlengkapan makan untuk metode BLW biasanya cuma butuh kukusan, pisau, talenan. Karena diawal MPASI biasa dikasih potongan buah dan sayuran kukus. Enggak perlu saringan ataupun blender.

Adakah yang tertarik untuk memulai metode BLW juga? Coba yuks baby have fun loh kalau makan sendiri.



Corat - Coret [Ria]

No comments:

Post a Comment

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V