7/24/18

Mengenang Artis Cilik favorit Zaman Kecil

Baby shark dududu.. Baby shark dududu....

Lagu baby shark ini hampir setiap hari terdengar di telinga saya, anak-anak suka lagunya diputar sehari bisa tiga kali kadang lebih. Udah enggak mau kalah ya sama makan yang juga sehari tiga kali. Bosan enggak sih dengernya? Enggak sih malah seneng liat anak-anak happy dan joged-joged.
 

Kalau diputar kembali ke masa lalu dan membandingkan lagu anak-anak zaman dulu dan zaman sekarang, menurut saya terasa berbeda sekali. Emang sih zaman sudah berubah dan semakin maju tapi saya menyayangkan lagu-lagu anak zaman sekarang malah mengalami kemunduran.

Saya beruntung pernah merasakan kejayaan lagu-lagu anak dan artis cilik. Ingat dulu kalau main sama temen-temen suka main karokean dan lagu yang dinyanyikan tentunya lagu anak-anak, tidak seperti sekarang anak 4 tahun udah sukanya nyanyi lagu "syantikk syantikk". Untung sih anak-anak saya selalu saya hindarin dari lagu-lagu dewasa.

Caranya menghindarkannya gimana? Ya dari saya dan suami kerja sama untuk tidak mengenalkan lagu-lagu dewasa ke anak-anak.

Mengenalkan bagaimana? Maksudnya tuh kalau kasih nonton video yang saya kasih hanya acara dan lagu anak-anak saja. Biarin deh si Babang Iyas enggak gaul kayak teman-temannya yang hafal lagu dewasa, yang penting dia bahagia di dunia anak-anaknya.

Mengenang masa kecil saya, dulu itu ada satu penyanyi cilik yang saya suka dan lagu-lagunya juga saya suka. Siapa dia? Bukan dia tapi mungkin lebih tepatnya mereka, Loh? Hehehe iya jadi yang nyanyi itu memang satu orang namun dalam wujudnya dua orang. Nah loh malah bikin tambah bingung ya? Kalau anak era 90an pasti tau deh siapanya, yups Kak Ria Enes dan bonekanya susan. 
 
pic from kapanlagi.com

Lagunya Kak Ria dan Susan yang masih saya ingat sampai sekarang itu “Cita-Citaku”
Susan susan susan
Besok gede mau jadi apa
Aku kepingin pinter
Biar jadi dokter

Sampai saat ini pun lagu cita-citaku ini masih suka saya nyanyikan untuk Babang Iyas, jadi tulisan susannya saya ganti jadi Babang “Babang Babang Babang besok gede mau jadi apa” eh si Babang mah jawabnya “mau adi obot (mau jadi robot)” atau kadang jawabnya “babang mau adi huluk (babang mau jadi hulk)” hahaha cita-cita anak zaman now ya begitu deh. Eh apa cuma Babang Iyas aja yang jawabnya gitu?

Menurut saya lagu yang dinyanyikan Kak Ria dan Susan ini bagus untuk mengenalkan apa sih cita-cita itu kepada anak dan juga bisa mengenalkan berbagai macam profesi kepada anak. Sambil bernyanyi saya suka mengenalkan macam-macam profesi kerja seperti dokter, pilot, insinyur, polisi dan lain-lain, jika ada profesi yang Babang enggak kenal pasti deh dia nanya “iyot apa mi? (pilot apa mi?)” saya jelasin deh sambil nyanyi. Babang sih antusias tapi kalau adeknya mah bengang bengong aja.

Ada satu lagu lagi dari Kak Ria Enes dan susan yang saya suka nyanyikan sampai sekarang, yaitu lagu si Kodok. Jadi kalau saya dan Babang liat kodok suka spontan saya nyanyi lagu si Kodok
 
pic from smule.com

Ada kodok rekotok rekotok
di pinggir kali rekotok rekotok
mencari makan rekotok rekotok
setiap hari rekotok rekotok

Si Babang suka senyum-senyum gitu dengernya, mungkin dalam hatinya “ini emak kenapa ya?”.

Lagu-lagu dari Kak Ria ini memang rata-rata bahasanya mudah dicerna, enak didengar dan ever lasting deh lagunya. Saya pun salut banget sama Kak Ria Enes yang bisa membuat suara susan dan seakan-akan boneka susan itu hidup dan bernyanyi. Dulu ngefans pisan sama susan saya juga sampai minta beliin bonekanya, dan sampai sekarang masih ada bonekanya dirumah ortu. Nanti mau diwariskan saja ke anak, itupun kalau punya anak cewek enggak mungkin donk saya kasih ke Babang Iyas atau Adek Iyan.

Kalau kalian siapa nih artis cilik yang disukai? Btw mengenang masa kecil koq jadi berasa pengen kecil lagi ya hehehe.





CatatanRia.com

8 comments:

  1. Waaaah. Susah. Ingat banget dulu ada acaranya di stasiun tv swasta.

    ReplyDelete
  2. Memang beda banget ya lagu zaman dulu sama lagu zaman sekarang ....

    ReplyDelete
  3. Jadi keinget lagu-lagu dulu....

    ReplyDelete
  4. Lagu-lagu yang joshua nyanyiin saya suka banget...

    ReplyDelete
  5. Saya juga suka banget sama lagu cita-citaku dari kak Ria Enes

    ReplyDelete
  6. Sampai sekarang lagu anak-anak zaman dulu yang saya sukai ya,cicak-cicak di dinding.heheh :)

    ReplyDelete
  7. Jaman Susan kayaknya aku belum paham banyak deh. Aku taunya Sherina sama Maissy. Ohh Trio Kwek Kwek sama Tasya.

    ReplyDelete
  8. eeittss, liriknya itu rekotok ya? saya dari dulu tahunya preketek lho, wkwkwkk.

    saya juga suka Kak Ria dan Susan :)
    Kak Susan awet muda yah :)

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V