9/4/17

Makanan Khas di Hari Raya Idul Adha

Hai, Selamat Hari Raya Idul Adha ya, telat beberapa hari ngucapinnya enggak apa donk ya selama jemaah haji belum pulang dari tanah suci hehehe. Bagaimana dengan hari raya Idul Adha kalian kemarin? Seru ya pastinya, kan pas long weekend jadi bisa sekalian liburan sama keluarga. Pemandangan Idul Adha tahun ini ada yang sedikit berbeda disini, biasanya keramaian yang mencolok ditempat pemotongan kurban, nah kalau kemarin ada lagi tempat yang ramai dipadati orang yaitu di ATM. Hahaha suami kemarin yang ikutan ngantri di ATM, itupun kata dia enggak lama setelah dia ambil uang ATM langsung kosong uangnya. Sungguh pemandangan yang tidak biasa di hari raya Idul Adha.

Ngomongin soal hari raya biasanya hari raya dirumah selalu tersedia makanan-makanan lezat. Kalau Idul Fitri makanan khasnya kue kering dan ketupat beserta lauk pauk bersantannya. Sebenarnya kalau makanan saat hari raya Idul Adha disini dirumah mertua sama saja seperti Idul Fitri, bahkan kalau dirumah orang tua saya enggak ada makanan apa-apa kalau hari raya Idul Adha. Yang berbeda saat Idul Adha adalah makanan yang tersaji setelah pembagian hewan kurban selesai.

Baca juga : Panduan tepat Shalat Idul Adha

 

Makanan khas di hari raya Idul Adha
Biasanya saat hewan kurban sudah dibagikan, pasti orang-orang mulai sibuk didapur mengolah si daging kurban. Emak-emak seperti saya langsung deh ke warung beli bumbu yang diperlukan, kalau lagi Idul Adha gini warung-warung biasanya komplit jualan santan, kecap, arang dan tusuk sate. Lah, masa punya warung beli ke warung lain, hahaha dah warung saya mah apa atuh tara komplit isinya.

Berikut adalah beberapa makanan hasil olahan dari daging kurban yang biasa saya dan keluarga masak :

1. Sate Kambing
 
Makanan satu ini sudah khas sekali, Idul Adha tanpa sate kambing bagi saya kurang lah lengkap. Ingat dulu semasa belum menikah, setiap Idul Adha, setiap bikin sate kambing kakak-kakak dan keponakan kumpul dirumah, dan yang bertugas bikin satenya Mama, Abang dan Saya, yang lain mah pada makan aja. Makan satenya enggak seberapa banyak tapi keseruan bisa berkumpul itu yang bikin saya senang.

Baca juga : Bakar-Bakar Sate

Kalau sekarang setiap acara bikin sate, yang kumpul cuma keluarga kecil saya saja. Oh iya tahun ini bertambah si mungil Adek Iyan yang ikut meramaikan acara bakar satenya, si Babang Iyas rame ngerusuhin Abinya bakar sate dan Adek Iyan rame nangisnya. Suami juga biasanya banyak undangan bakar sate sama teman-temannya, wareg pisan deh dia makan sate kambing setiap Idul Adha.

2. Gule Kambing
Kalau si gule kambing ini biasanya selalu dimasak sama Mama setiap dapat daging kurban. Makannya sama sambal kecap hmmm nikmat banget masakan si Mama, ahh jadi kangen rumah mengingatnya. Berbeda disini, Suami tidak suka gule kambing jadi enggak pernah mau kalau saya tawarin dibikinin gule.

3. Tongseng Kambing
Makanan manis gurih satu ini favorit saya banget, kalau makanan ini setiap Idul Adha selalu saya buat disini. Suami tidak suka gule, tapi kalau tongseng dia suka. Babang Iyas juga suka kalau saya masak ini, kadang sampai nambah nasi. Enggak tau dia doyan masakan Uminya yang lezat atau karena jarang-jarang makan daging kambing jadi kalap dia hehehe.

4. Rendang Kambing
 
Di Idul Fitri ada rendang sapi, kalau disini Idul Adha ada rendang kambing. Untuk bikin rendang biasanya saya sih bumbunya beli bumbu giling dipasar, tinggal tambahin santan terus masak yang lama jadi deh, Eh tapi kalau Idul Adha kali ini saya pakai bumbu instan, dan enggak dibikin kering rendangnya request si Suami.


Itulah beberapa makanan yang selalu ada saat Idul Adha tiba. Jika dulu si Mama yang masak, sekarang harus masak sendiri eh sambil dibantu suami sih, Ada untungnya juga kalau punya suami yang hobi memasak juga, urusan dapur bisa sharing lah. Eh tapi koq kambing semua? Iya karena keseringan dapatnya daging kambing, daging sapi biasanya yang ngolah Mama Mertua.

Barokahlah mereka yang berkurban di hari raya, saya dan keluarga jadi bisa menikmati daging kurban juga. Ngomongin berkurban jadi ingat tulisan Mak Qiah tentang keseruan bersama keluarga besarnya mengadakan arisan kurban, semoga saja saya dan keluarga besar juga punya rezeki lebih lagi biar bisa bikin arisan kurban juga, Aamiin.

Kalau kalian makanan khas Idul Adhanya apa aja nih, ceritain juga donk?

Pengen tau cara menyimpan daging kurban yang benar, bisa mampir ke blog Mak Uwien Bagaimana menyimpan daging kurban yang benar

Baca juga cerita Merayakan Idul Adha dari Mak Ayi


Tulisan ini merupakan bagian dari #KEBloggingCollab



CatatanRia.com

4 comments:

  1. kalau saya suka makanan lokal aja, yaitu coto makassar

    ReplyDelete
  2. ya Nyate ya rendang ya sop tulang, aaah alhamdulillah

    ReplyDelete
  3. Saya malah jarang banget makan kambing di hari raya Idul Adha. Jarang kebagian jatah. Kalaupun berkurban, memang gak pernah diambil jatahnya. Giliran beli di tukang sate, suka kehabisan melulu hehehe

    ReplyDelete
  4. bikin ngilerrr bangett satenyaaaa.. jadi pengen nyate hehehe
    makasih post kolaborasina ini ya mak,
    semoga tema berikutnya ttp bisa aktif ikut nulis

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V