6/12/11

Gledek atau Gluduk

Sebenernya Gledek dan Gluduk itu sama gak ya? Kalau yang aku tau bedanya, Gledek itu yang bunyinya kenceng nyaring JEGERRR gtu terus kalau Gluduk yang bunyinya kayak gemuruh mirip bunyi perut laper dikasih speaker hihihi. Tapi kayanya bahasa indonesia yang baiknya Petir ya? CMIIW. Tapi aku sih kalo teriak ya paling sering nyebutnya Gledek "ahh ada gledek atutt cyin" hehehe ya sutralah postingan kali ini gak membahas perbedaan Gledek dan Gluduk koq :p
Sumber gambar disini

Tradisi dirumahku kalau setiap ada gledek datang pasti si Bapak atau Mama teriak atau "Ria, matiin laptop""Ria matiin komputer" dan ku jawab "OK ma udah diminumin obat nyamuk laptopnya, TVnya udah digantung lehernya" (hihihi bohong deh). Kata mereka petir bisa menyambar perangkat-perangkat elektronik seperti komputer, TV, Radio, Handphone. Awalnya sih duluuuu gak percaya, sampai pada akhirnya aku mengalaminya.

Sekitar 15 tahun yang lalu, saat usiaku masih 10 tahun. Aku lagi liburan dikampung tempat tinggal mama. Waktu itu kebetulan pulang kampung aku sendiri ikut sama OMku , bapak sama mama gak ikut. Nah sekitar habis magrib cuaca lagi hujan deras diluar, mbah kakung (Almarhum) lagi dikamarnya, Mbah uti lagi diwarungnya dan OMku lagi pergi sama keluarganya dan aku santai-santai tiduran dikasur ruang TV nonton TV. Bunyi petir sering terdengar, namun aku tetep asik aja nonton gak mau matiin TV.

Tiba-tiba JEGERRRR dan langsung Blepp *bunyi TV mati* aku teriak sekenceng-kencengnya. Mbah kakung langsung keluar kamar "kenapa ria" dan aku dengan posisi mulut masih melongo nunjuk ke arah TV. Mbah kakungku nampak bingung, akhirnya setelah beberapa menit baru aku bisa ngomong "TVnya mati sendiri mbah, kena petir kayaknya" (saat itu aku takut banget dimarahin). Lalu sama mbah coba dinyalain lagi tapi gak bisa nyala. Sampai sekarang TVnya masih ada udah bisa nyala sih tapi udah gak bagus gak bisa nerima sinyal gelombang TV dengan baik. Aku jadi merasa bersalah sampai sekarang :'(

Sejak kejadian itu juga makanya setiap ada petir aku selalu sigap untuk mematikan TV, Laptop dan sejenisnya. Belum lama ini juga di kampung dekat rumahku, juga ada yang tersambar petir ruko kecilnya sampai bolong atapnya. Kebetulan ruko kecilnya itu dipakai untuk warnet dilantai atas. Terus juga kata mama, ada warga kampung itu juga lagi telfon-telfonan menggunakan HP diteras rumahnya padahal saat itu lagi hujan dan ada petir juga, dan kalian tau kasihan orang itu meninggal tersambar petir.

Makanya hati-hati ya dengar petir, walaupun petir kecil sebaiknya ya kita siaga aja matikan dulu sementara laptop, TV, radio. Nanti kan kalau petirnya udah pergi bisa dinyalakan lagi, mencegah lebih baik. Daripada nanti kalau kena, menyesal nantinya.

Happy Blogging.



Best Regards,
Corat - Coret [Ria Nugroho]

21 comments:

  1. dulu aku juga sering dimarahin gara2 gak mau matiin tipi pas ujan.... :)

    ReplyDelete
  2. wah iya tuh, tetangga om saya juga meninggal kesamber petir gara-gara pas hujan disertai petir katanya sih lagi maen game di HP.
    saya kadang suka ngebandel deh hhehhe tetep nyalain laptop

    ReplyDelete
  3. apa aja asal jangan disebut glodok
    heheh...

    sambaran petir kadang masuk lewat kabel listrik
    jadi biar dimatiin kalo masih kecolok listrinya
    bisa saja kena
    makanya ati ati ya
    jangan suka bilang samber geledek..

    ReplyDelete
  4. Hehe makanya dengerin tuh kata ortu mu XD
    Kalau saya mah emang udah jadi kebiasaan. Jadi kalau ada petir, reflek tangan langsung matiin barang2 elektronik :)

    ReplyDelete
  5. Ih serem deh kakaa......paling serem telpon2an!

    ReplyDelete
  6. sebaiknya memang semua peralatan listrik dipadamkan klo lagi hujan. utk mencegah hubungan pendek...(apaan tuh hubungan pendek)

    ReplyDelete
  7. sebaiknya memang semua peralatan listrik dipadamkan klo lagi hujan. utk mencegah hubungan pendek...(apaan tuh hubungan pendek)

    ReplyDelete
  8. Bang Pendi juga pernah ngerasain tvnya disamber geledek, walau sebenernya dia heran.."kok, tau2nya si geledek, kalo ada tv di ruang tengah?" Bang Pendi pikir, barangkali karena lampu nyala semua dan terang jadi si geledek tau dimana ada tv.

    nah, sekarang kalo ada geledek bukan tv nya yang dimatiin tapi lampunya, biar gelap! hehe...

    ReplyDelete
  9. @riestabacil : hehe iya sama ya

    @Fiction's World : hayuu hati2 jgn nakal :P hehe

    @Rawins : iya kalo aku biasanya matiin laptop ma tv sampe dicabut koq kabelnya :D

    @iam : wah gerak reflek yg bagus tuh

    @kakak ♥ syifa ♥ aulia ♥ : iyah de, kalau ada petir mending jgn maen2 hp dulu

    @Skydrugz : hayah hubungan arus pendek kali maksudnya hihihii

    ReplyDelete
  10. sama dong. ortuku juga gitu. setiap ada petir langsung matikan tv, bahkan aku dilarang nyalain laptop

    ReplyDelete
  11. yup, problemnya ada di antena.. antena biasanya terletak dipaling luar, dan ditaruh dipaling atas bagian rumah. so kemungkinan kena petirnya jadi lebih tinggi, padahal antena tuh bagian yang nyolok langsung sama tipi. kelebihan muatan laah, makanya nggak heran kalo ada kejadian tipi meleduk.

    mending pake antena dalem aja, lebih aman.

    ReplyDelete
  12. komputer dan laptop tetanggaku waktu itu kena petir dan langsung mati, padahal saat itu laptopku juga nyala, lagi asik2nya main... untung laptopku gak ikut tewas..

    ReplyDelete
  13. Iya euy... bisa bahaya juga kalau gak dimatiin...
    Aliaass...
    Nining juga masih sering bandel... Hehehe...

    ReplyDelete
  14. modem saya juga pernah kena petir he he

    ReplyDelete
  15. Kalo lagi banyak petir aku tidur aja..menakutkan soalnya..
    jadi semua peralatan listrik mati..

    ReplyDelete
  16. sore itu smeua peralatan entertainment mati... ketika hujan disertai petir mulai muncul....

    tak berapa lama petir terdengar juga kencang didekat genteng rumah. serta merta ibunya anak anak berteriak.. matiin mesin air, matiin kulkas, matiin kompor gas...

    ngga sekalian matiin kucing tetangga juga nda? hehehehhe

    ReplyDelete
  17. emang kayak gitu
    karena sinyal nya itu bisa nangkap petir yang berujung bisa terjadi ledakan hehee...

    ReplyDelete
  18. benar tuw.
    sayangnya, sepertinya qt lebih sering membandel. kita???
    #apa sya ada temannya?
    hehehe..

    salam kenal mbak ria.:D

    ReplyDelete
  19. iyaahh mbak, klo gluduknya gede pasti langsung disuruh matiin yang berhubungan dengan alat elektronik penerima gelombang, tapi kadang masih membandel sih, apalagi klo lagi nonton tontonan seru, xiixix

    ReplyDelete
  20. Nah, seharusnya, kalo jaringan listrik di rumah itu bagus, ada penangkal petir dan tersambung ke ground, harusnya gak masalah nyalakan benda elektronik saat hujan. :|

    ReplyDelete
  21. ane baru aja kejadian nih,,,
    TV mati tiba2,,
    hahahhahaa,, asem

    by Mueka

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V