6/19/23

Mengenalkan Bisnis Kulier Kepada Anak SD

Apa kalian merasakan kalau tahun 2023 ini semakin banyak orang memilih membuka usaha bisnis sendiri? Gak heran sih karena sekarang mencari pekerjaan itu sulit, terutama untuk yang sudah berumur seperti saya dan suami. Tahun ini juga kami pun memutuskan untuk full bisnis kuliner di rumah, sudah putus asa mencari lowongan di luar jadi buka peluang sendiri saja. 


Mengenalkan Bisnis Kulier Kepada Anak SD


Bisnis Kuliner Peluang Usaha yang Menguntungkan

Kenapa saya memilih untuk bisnis di bidang kuliner? Pertama saya dan suami mencari modal yang minim, yup bisnis kuliner bisa dimulai dengan modal kecil. Dan kedua skill kita ya di bidang kuliner, karena memang saya dan suami suka jajan dan masak. 

bisnis kuliner


Melihat fenomena saat ini, semakin banyak masyarakat yang menjadi konsumtif dalam hal makanan maksudnya banyak orang yang suka jajan diluar gitu. Jadi kami pun mengambil peluang usaha ini, dengan harapan orang-orang yang suka jajan mau jajan di warung kami. Memulai bisnis kuliner ini modalnya tidak banyak, tapi untungnya lumayan. Jadi kalian yang bingung mau usaha apa wajib coba deh peluang usaha di bidang ini.


Mengenalkan Anak untuk Berbisnis Kuliner

Yang tertarik dengan bisnis kuliner ini bukan hanya para orang dewasa saja loh, anak-anak pun ada yang tertarik. Termasuk anak saya yang paling besar, di usianya yang 9 tahun sudah tertarik dengan bisnis kuliner. Dia sering kali tanya-tanya makanan yang saya jual, mulai cara bikinnya gimana, harganya berapa pokoknya ingin tahu banyak dia.


Nah, kalau ada anak yang seperti anak saya sebaiknya jangan dimarahin karena ganggu kita yang lagi dagang. Mulai aja arahin dan ajarkan sedikit-sedikit, siapa tau kan kelak dia akan menjadi pembisnis kuliner yang sukses Aamiin.


Manfaat Mengenalkan Bisnis Kuliner Kepada Anak

Manfaat Mengenalkan Bisnis Kuliner Kepada Anak


Mengenalkan bisnis ke anak-anak itu ada banyak manfaatnya loh untuk mereka, dan manfaatnya juga tidak selalu tentang uang saja ya. Dan bukan berarti kita jadi mengeklpoitasi anak dengan menyuruh mereka kenal bisnis, ambil saja manfaatnya yaa. Inilah beberapa manfaat mengenalkan bisnis kuliner kepada anak-anak :


1. Anak Jadi Pantang Menyerah

Seperti yang kita ketahui yang namanya bisnis itu tidaklah mudah, tidak ada yang jalannya mulus pasti ada saja rintangannya. Anak-anak pun akan merasakan tantangan ini dan membuat mereka untuk tetap optimis dan tidak menyerah dalam menjalankan bisnis kulinernya. Saat bisnis yang mereka jalankan ada hambatan, saat itulah mental mereka akan diuji jika mereka bisa melewatinya maka mereka bisa menjadi anak yang pantang menyerah.


2. Anak Jadi Pintar Memasak

Jika anak berminat dengan bisnis kuliner maka anak akan mendapatkan skill baru yaitu kemampuan memasak. Senang kan ya kalau anak kita jadi pintar memasak bisa menjadi bekal masa depan mereka nantinya. Kalau anak perempuan akan menjadi istri yang pintar masak, dan kalau anak laki-laki akan menjadi suami yang dapat membantu istrinya memasak di dapur.


3. Anak Pintar Mengelola Keuangan

Selain anak akan mendapatkan uang yang banyak dari bisnis, anak-anak juga akan belajar bagaimana mengelola keuangan. Bagaimana caranya agar bisnis kecil mereka berjalan, maka mereka harus mengatur keuangan. 


4. Anak Jadi Kreatif

Anak-anak juga akan menjadi lebih kreatif, karena untuk bisnis tetap berjalan maka harus selalu ada inovasi-inovasi baru sehingga bisnis bisa tetap berjalan dan tambah maju. Dengan begitu anak-anak akan terasah menjadi lebih kreatif.


Cara Mengenalkan Bisnis Kuliner Pada Anak SD

Saat anak-anak mulai menujukan ketertarikan pada bisnis, maka sudah saatnya kita orang tua mulai untuk membimbingnya. Karena yang di bimbing itu anak-anak maka harus dengan cara yang kids friendly juga ya, kalau terlalu berat yang ada anak-anak malah jadi mundur karena gak kuat hehe.

Mengenalkan Bisnis Kuliner Pada Anak


Ini dia cara mengenalkan bisnis kuliner pada anak-anak :


1. Ajak anak membantu saat berjualan

Beri kesempatan anak untuk terjun langsung, bisa dengan membiarkan anak membantu saat kita berjualan. Berikan saja tugas-tugas yang memang sesuai kemampuan anak, dengan terbiasa berjualan tentu akan menambah kemampuan berbisnisnya. Namun jika anak tidak ingin membantu jangan dipaksa ya, ajak saja anak melihat kita berjualan dengan begini saja anak juga bisa belajar.


2. Beri kepercayaan anak untuk berjualan

Jika anak ada keinginan berjualan sendiri, maka beri kesempatan itu berarti dia sudah percaya diri untuk berjualan. Caranya kita bisa buatkan makanan yang memang cocok untuk anak-anak, jadi anak kita bisa jual ke teman-temannya, Jadi ingat dulu saya juga di sekolah suka jualan, padahal uang jajan cukup tapi senang aja jualan sensasinya beda.


3. Bermain game

Eh kok main game ya? Iya donk main game itu kan kesukaannya anak-anak, pasti akan lebih menyerap di otak anak. Tentunya pilihkan game yang bertema bisnis kuliner, seperti membangun sebuah restoran dan lainnya.


Game Bisnis Untuk Anak-Anak

Ada banyak games yang bisa dimainkan anak untuk belajar mengenal bisnis kuliner, salah satunya yang menjadi favorit anak saya adalah game bisnis di Mortgage Calculator. Pada website Mortgage Calculator ada banyak sekali pilihan gamesnya, tinggal pilih saja games yang mereka suka. Enaknya tuh disini kita tidak perlu install game di HP atau laptop, bisa kita mainkan langsung pada websitenya dan ini gratis loh. Jika ingin bermain yang berbau bisnis kuliner, pilih saja Restaurant Simulation Games.


Ini ada 3 games bisnis kuliner kesukaan anak saya, yaitu :


1. Burger Shop

Mortgage Calculator

Mortgage Calculator


Burger makanan favorit si Babang, jadi sudah pasti game ini selalu dipilih sama Babang. Cara memainkannya sangat mudah, pertama kamu lihat gelembung yang ada gambar makanan yang keluar dari pelanggan. Kemudian siapkan tray dan susun burger secara berurutan, jangan sampai salah urutan ya nanti bisa kalah.


Walaupun game ini tanpa di install, jika kamu berhenti bermain dan close website. Kamu tetap bisa melanjutkan game terakhir yang dimainkan, asal dengan device yang sama ya.


2. Cooking Street

Game gratis Mortgage Calculator

Game gratis Mortgage Calculator
Game gratis Mortgage Calculator


Nikmati berjualan steak di game Cooking Street ini, menurut saya ini lebih mudah dari si Burger Shop. Untuk cara bermainnya sama saja dengan melihat gelembung permintaan pembeli, lalu siapkan hanya dengan klik klik saja. Jika koin kamu sudah terkumpul cukup banyak, kamu bisa upgrade menu dan alat masak. Untuk mendapatkan koin lebih kamu bisa mengulang level sebelumnya yang lebih mudah, kalau level mudah pasti lebih cepat kan.


3. Ice Cream Bar

Game bisnis Mortgage Calculator

Game bisnis Mortgage Calculator


Es krim anak mana yang tidak suka, hampir semua anak menyukai es krim. Nah, Babang pun suka es krim jadi dia suka memainkan Ice Cream Bar. Cara memainkannya masih sama dengan game lainnya kecepatan dan ketepatan yang diutamakan. Kamu tinggal lihat gelembung permintaan pembeli, dan langsung buatkan es krim yang dipesan. Jika pembeli membeli lebih dari satu warna es krim maka kamu harus susun warna es secara beraturan ya. Kalau tidak beraturan pembeli tidak akan menerimanya, jadi harus teliti.


Penutup

Kira-kira anak-anak moms ada yang sudah menunjukkan ketertarikan kepada bisnis? Baik bisnis kuliner atau lainnya. kalau ada maka coba deh diarahkan semoga saja kelak dewasa bisa menjadi pengusaha yang sukses. Karena jika sudah dibiasakan dari kecil maka setelah dewasa akan terbiasa dan sudah memiliki kepercayaan diri yang besar nantinya saat mereka memulai usaha. Apapun pilihan anak kita, selalu dukung ya moms.



CatatanRia.com

2 comments:

  1. Bisnis jadi hal yang penting di masa sekarang, apalagi kuliner yang peluangnya tinggi. Mengingat banyak pecinta makanan dan tidak akan ditolak nih kuliner pastinya. Mantep ini buat mengajarkan bisnis sejak dini, terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. cara ngenalinnya dengan bermain game ya, menarik

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V