3/23/22

Storytel Dongeng Sebelum Tidurnya Anak-Anak

Membacakan buku untuk anak-anak sudah menjadi rutinitas saya setiap harinya sejak saya membelikan banyak buku untuk anak-anak. Yang awalnya mereka tidak terlalu tertarik dengan membaca, sekarang setiap hari suka nagih minta dibacakan. Apalagi anak saya ada 4 jadi mereka punya kesukaan masing-masing, sehingga minimal dalam sehari saya membacakan 4 buku setiap harinya. 


Storytel


Capek gak membacakan buku? Capek sih gak, cuma tenggorokan jadi kering ngomong terus haha. Tapi gak masalah lah ya kan demi anak-anak, asal mereka senang saya juga ikut senang. Biasanya saya membacakan buku cerita itu saat anak-anak akan tidur siang atau sebelum tidur malam jadi dongeng sebelum tidur deh.


Membacakan buku cerita ini memiliki banyak manfaat loh untuk si kecil. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari membacakan buku cerita :

  1. Dapat menambah kosakata si kecil, untuk anak yang masih belajar berbicara membacakan buku dengan suara yang nyaring dapat menjadi terapi untuk si kecil. Si kecil mendengarkan berbagai cerita maka dia akan menangkap banyak sekali kosakata.
  2. Membacakan buku cerita bisa menambah pengetahuan si kecil, beragam cerita yang kita bacakan maka akan semakin banyak pengetahuan baru yang didapat si kecil
  3. Membacakan buku cerita juga dapat membangun bonding orang tua dan anak, kita jadi bisa memiliki waktu berkualitas dengan anak-anak dengan membaca bersama.
  4. Anak akan suka dengan buku jika setiap hari di bacakan buku cerita, ini beneran loh anak saya awalnya gak suka tapi sejak rajin dibacakan jadi suka dengan buku
  5. Anak yang sering dibacakan cerita biasanya tumbuh menjadi anak yang imaginatif dan kreatif

Itulah beberapa manfaat dari membacakan buku cerita. Membacakan buku ini tidak memakan waktu banyak loh, hanya dengan membacakan buku selama 10 menit dalam sehari itu sudah cukup. Dari 24 jam pasti ada donk waktu kosong untuk membacakan buku cerita ke anak-anak.

Storytel Aplikasi Audiobook yang Kekinian


Beberapa waktu lalu anak-anak mengeluh kalau bosan dengan buku cerita yang ada dirumah, iya sih semua buku dirumah sudah dibaca sama mereka dan itu juga diulang terus. Mau beliin buku lagi untuk mereka eh keuangan lagi mundur-mundur cantik, akhirnya saya baca buku online ke anak-anak dan rajin mencari cerita-cerita online. Sampai akhirnya saya tertarik dengan satu aplikasi audiobook namanya Storytel. 

Storytel


Storytel adalah sebuah aplikasi audiobook dimana kita bisa membaca buku dengan cara yang berbeda, jadi kita bisa hanya duduk manis dan mendengarkan buku yang ingin kita baca. Jelas ini meringankan saya saat membacakan cerita ke anak-anak, saya tidak capek membaca anak-anak tetap bisa mendengarkan cerita dari berbagai buku anak jadi tugas saya hanya membimbing cerita saja. Sejauh ini anak-anak menikmati mendengarkan audiobook indonesia dari Storytel.


Di Storytel ada banyak rekomendasi buku yang menarik, banyak juga buku best seller disana. Ribuan rekomendasi buku dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris bisa kamu dengarkan. Saya pun senang disana ada novel fiksi yang sudah lama ingin saya baca, lumayan bisa mengisi me time saya. Ada juga loh buku best seller seperti Harry Potter Audiobook, Game of Thrones, Sapiens, Hunger Games, Mariposa, Dilan, Divortiare, Selamat Tinggal, Negeri Lima Menara dan masih banyak rekomendasi buku lainnya.


Dongeng Sebelum Tidur Anak-Anak dan Storytel

Sekarang setiap sebelum jam tidur anak-anak saya sering setelkan Storytel, biasanya buku yang saya pilih adalah kumpulan cerita anak atau dongeng anak. Sekarang anak-anak sedang mendengarkan buku Kumpulan Cerita Pengantar Tidur karya Arleen Amidjaja dan dinarasikan oleh Ika Swastika. Dalam buku ini terdapat 33 kumpulan cerita pengantar tidur, carita-cerita dalam buku ini sangat bagus karena anak-anak bisa memetik pelajaran dari setiap kisah ceritanya. Di setiap ceritanya terdapat peribahasa Indonesia, anak-anak jadi bisa belajar juga berbagai peribahasa Indonesia.

baca buku online


Salah satu ceritanya yang menarik, tentang kisah dua petani pak Bayu dan pak Kumis. Pak Bayu sebelum musim penghujan datang sudah mulai menanam padi, sedangkan pak Kumis malah asyik bersantai tidak melakukan persiapan apapun karena pikir dia musim hujan masih lama jadi menanamnya nanti-nanti saja. Eh ternyata waktu berjalan dengan cepat dan musim hujan pun tiba. Pak Kumis yang tadinya santai langsung kelabakan karena belum persiapan apapun. Dia pun mulai membajak sawahnya untuk menanam padi, dan saat dia tengok sawah milik pak Bayu ternyata sudah mulai tumbuh padinya. Sialnya lagi sebelum padi pak Kumis panen sudah terserang wabah hama, sedangkan padi pak Bayu tidak kena karena sudah dipanen. Pak Kumis pun menyesal tidak memulai dari awal seperti pak Bayu, pak Bayu pun sudah bisa bersantai dan menikmati hasil panennya. Ini sesuai dengan peribahasa "Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang kemudian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian". Cerita-cerita di buku ini ringan dan anak-anak pun suka mendengarkan aplikasi audiobook Storytel ini, setiap mau tidur pasti deh nagih "Mi, mau dengerin Storytel donk" dan saya jawab "asiappp".


Fitur-Fitur Storytel

Aplikasi audiobook Storytel membawa suasana baru yang berbeda dalam membaca buku, rasanya lebih asyik saja saya dan anak bisa sambil tiduran mendengarkan buku yang dibacakan Storytel. Pantas saja mendengarkan buku ini menjadi tren karena memang asyik saja jadi ingat di bacain buku masa kecil sama mama. 


Serunya lagi tuh banyak pilihan buku best seller yang bisa didengarkan. Saya biasanya mendengarkan Storytel ini menggunakan speaker bluetooth, jadi handphone saya charge agar bisa mendengarkan lebih lama tanpa takut habis baterai lalu saya dan anak-anak cukup tiduran mendengarkan karena pakai speaker jadi suaranya besar mendengarkan dari jauh juga terdengar,


Pada aplikasi Storytel ini terdapat juga fitur-fitur menarik yang bisa dimanfaatkan, berikut ini adalah fitur-fitur menari Storytel :


1. Rak Buku

aplikasi audiobook


Di rak buku ini kita bisa save buku-buku yang kita sukai dan ingin didengarkan, jadi tidak perlu search lagi untuk mendengarkannya. 


2. Target Cerita

audiobook indonesia


Di Storytel kamu bisa membuat target cerita. kamu bisa menentukan jangka waktu target mendengarkan cerita dan juga berapa banyak cerita yang ingin kamu dengarkan. Dengan membuat target kita bisa makin semangat mendengarkan buku nantinya.


3. Sleep Timer



Kamu bisa mengatur waktu mendengarkan sampai bab habis (1 menit), 15 menit, 30 menit, 45 menit atau bisa juga custom tentukan sendiri berapa lamanya. Kalau ini bisa buat antisipasi jika ketiduran bisa mati sendiri jadi baterai handphone gak drop deh.


4. Kecepatan Playback



Untuk suara di Storytel kamu juga bisa tentukan kecepatannya, mau kecepatan suara lebih cepat biar lebih cepat bacanya bisa. Tapi kalau saya lebih suka kecepatan normal, biar anak-anak juga bisa menangkap isi dari cerita.


5. Download



Jika kamu ingin mendengarkan buku secara offline juga bisa, kamu bisa pakai fitur download yang ada di Storytel. Namun pastikan kamu memiliki banyak ruang kosong di handphone ya.


Yuks ah penggemar novel fiksi Harry Potter Audiobook, Game of Thrones, Sapiens, Hunger Games, Mariposa, Dilan, Divortiare, Selamat Tinggal, Negeri Lima Menara cobain baca buku online dengan cara berbeda download Storytel audiobook Indonesia. Untuk berlangganan aplikasi pun terjangkau harganya Rp. 39.000,-/bulan. Kamu bisa download aplikasi Storytel untuk IOS di App Store dan download aplikasi Storytel untuk Android di Google Play Store.







CatatanRia.com

45 comments:

  1. Storytel belakangan ini menjadi pilihan padahal kayak jarang dengar aplikasinya, mantep ini mah. Sama seperti StarFM, audiobook memang menjadi favorit bagi pembaca karena bisa dilakukan sambil mengerjakan pekerjaan lain.

    ReplyDelete
  2. senangnya ada yang bacain cerita buat anak2 waktu kita nggak sempat ya mbak, anak2 juga happy pastinya

    ReplyDelete
  3. Jadi inget dulu waktu anak2 masih kecil, tiap malam ngulang2 terus buku bacaan permintaan anak2 sampe saya yang bacanya bosen hehe... sekarang lebih enak ya, ada aplikasi story tell. Anak2 jg bisa mendengarkan cerita dari story tell ini

    ReplyDelete
  4. pasti tiap malem pada nggak mau tidur ya sebeum didongengin sama bunda jadi kebiasaan apalagi medianya digital makin senenglah anak anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak anak emang suka denger dongeng yah, apalagi kalau dongeng nya seru. Suka deh sama app Storytel krn ada mode anak nya

      Delete
  5. wah asyik banget ya menceritakan dongeng kepada anak anak pakai audiobook storyel. jadi kitanya juga bisa sambil mendengarkan juga yaa. anak-anak juga kelihatan nyaman ya dibacain buku storytel hehe nanti aku install juga ah

    ReplyDelete
  6. nah banyak yang sudah mulai menikmati audiobook ya mba.. aku juga suka pinjam audiobook di perpustakaan Wellington. Seruuu

    ReplyDelete
  7. Membacakan buku untuk anak tuh memang penting banget ya mom salah satunya untuk meningkatkan bonding..aku juga pake Storytel untuk dengerin buku yg aku mau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain itu fitur-fiturnya Storytel juga membantu banget buat dengerin isi buku sambil beraktivitas. Sangat mendukung multitasking

      Delete
    2. Sementara ingin menetapkan ke anak nih secara rutin agar mereka mulai terbiasa dan suka sama buku

      Delete
  8. Wah Storytel lengkap banget fiturnya. Bisa menjadi sarana mendongeng untuk anak ya mbak. Bahkan anak2 pun lebih asyik mendengarkan cerita lewat aplikasi ini ya...kita pun sebagai ibu tidak harus capek membacakan buku sambil meninabobokkan anak2...bahkan dengan Storytel anak2 bahagia, pekerjaan sebagai ibu di rumah pun terselesaikan dengan baik.

    ReplyDelete
  9. Dengan adanya storytel orang tua gak harus membacakan buku lagi ya. Tinggal on aplikasi kita bisa mendengarkan bersama deh ceritanya.

    ReplyDelete
  10. Keren nih aplikasinya jadi pengen nyoba juga nih asyik ya bisa tahu isi buku nyambi kerjaan lainnya...

    ReplyDelete
  11. Waahh seneng bgt itu didongengin sama emak. Pasti jd banyak kenangan anak2 ya mba dgn sodara2nya,jd makin akrab insya Allah sampai mreka tua

    ReplyDelete
  12. Dijamin ketagihan yaa...langganan Storytel ini.
    Soalnya banyak banget koleksi bukunya dan sudah semuanya dinarasikan.
    Ajaibnya, gak hanya buku berbahasa Indonesia, tapi juga Bahasa Inggris.

    ReplyDelete
  13. Thanks for the idea mbakk, baru kepikiran kalau Storytel juga bisa jadi temen anak yaa supaya wawasan mereka pada buku bisa bertambah

    ReplyDelete
  14. Nah ini, aplikasi yang memudahkan orang tua juga biar ga cape bacain buku buat anak. Bisa didengerin bareng2 yaa. Plus nambah kosakata buat anak2 juga, biasanya suka cepet kalo dengerin .

    ReplyDelete
  15. Saya juga pake aplikasi Storytel mba, seru banget dengerin buku sambil melakukan aktivitas, apalagi narator nya gak ngebosenin

    ReplyDelete
  16. Suka banget sama aplikasi Storytel, akhirnya ada juga yang ngertiin kemauanku. Baca buku jadi menyenangkan melalui inovasi audiobook ya Mbak, bisa jadi teman sebelum tidur

    ReplyDelete
  17. anak2ku kalau tau ada aplikasi storytel bakal minta diinstalin di tabnya niih.. haha pasti nagih teruuss minta dicoba tiap hari :D tapi jadi asyik yaa ada media lain untuk membaca buku dan pakai cara yang baru

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah anak-anak jadi punya koleksi buku baru untuk dibacakan dengan mendengarkan Storytel yaa... lumayan lah, mamanya bisa istirahat bentar dan enggak pegel untuk bacain buku yang sama melulu sesuai rekues anak-anak hehehee...

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah ya mba, akhirnya ada juga aplikasi yang bisa membantu ibu untuk rehat sejenak sambil barengan rebahan didongengin pake audiobook storytel hehehe, saya juga mau langganan ah, kayaknya Menyenangkan deh

    ReplyDelete
  20. Ohini ternyata bisa juga ya untuk anak-anak, ada buku dongeng anak. AKu pikir hanya novel orang dewasa mba, seru dong aku bisa ajak akan dengerin

    ReplyDelete
  21. enak nih, anak-anak pun nggak bisa mendengarkan cerita dari storytel. Banyak ilmu di dapat sambil selonjoran ya.

    ReplyDelete
  22. Wahh menarik niih, menikmati bacaan buku dengan mendengar.
    Jadi penasaran, pengen ngerasain jugaa aahh pasti excited banget niih aku. Apalagi ada novel fiksi juga

    ReplyDelete
  23. Aku jg terbantu banget ada Storytel ini alhamdulillah jadi gausa bacain sampe memble wkwkwk tinggal nyalain audionya

    ReplyDelete
  24. wahaha iya banget, aku juga pernah kasih audiobook buat anakku, dia suka sih. tapi menurutku kalau anaknya ga biasa dibacakan buku kayaknya cukup menantang ya mbak. bagus nih storytel, buku bukunya bagus2

    ReplyDelete
  25. Dengan biaya 39rb per bulan aja udah bisa dengerin banyak audiobook pun menikmati pengalaman mendengarkan bacaan dengan beragam fitur menarik? hadeeuhhh mau ah! Ini sih bisa-bisa ketagihan sama banyak tulisan di buku, karena yang tinggal dengerin aja. Sambil tiduran pun bisa

    ReplyDelete
  26. wah enak ya mbak ada aplikasi audiobook kayak storytel gini, solutif banget buat yang nggak sempet baca buku nih

    ReplyDelete
  27. cara baru naca buku yang seru nih bareng anak. kali aja bosen kan dibacain dongeng sama ibunya, dibacain storytel jadi terasa beda gitu

    ReplyDelete
  28. Saya suka banget sama trend dongeng anak-anak dalam bentuk audiobook ini. Bisa bikin anak belajar menyimak!

    Tapi saya belum nemu judul buku nonfiksi di Storytel ini yang sesuai minat saya. Sebagian besar nonfiksi yang saya temuin itu masih pakai bahasa Inggris. Moga-moga lebih banyak lagi audiobook nonfiksi di Storytel yang dibacakan dalam bahasa Indonesia ya..

    ReplyDelete
  29. Memang kalau bercerita ke anak itu butuh berkali" baru anak puas.. Dan pastinya butuh berkali" minum agar tenggorokan enggak kering.. Dan setelah tau storytel ini, kita jadi bisa menceritakan buku baru juga ke anak ya mba :D

    ReplyDelete
  30. Asik ya karena anak-anak bisa mendengarkan dongeng melalui aplikasi Storytel. Banyak juga ya keunggulan aplikasi Storytel.

    ReplyDelete
  31. kadang kalo dibacain 1 buku tuh kurang loh, padahal kadang emak lagi ngantuk :p dan storytel ini bener2 solusi biar emak bisa rebahan bentar, dan manfaatnya anak2 makin seneng sama baca buku era baru :) seru banget pastinya

    ReplyDelete
  32. wahh santainya gaya abang dan adek nih dengerin cerita
    aku juga mba pake storytel, karena memang waktu baca buku bagi ibu yang punya anak kecil itu nggak banyak. jadi terbantu banget dengan adanya storytel ini

    ReplyDelete
  33. Storytel ini solusi banget nih buat didengerin ke anak-anak sebelum tidur ya, soalnya saya tuh kalau bacain buku malam-malam suka ngantuk duluan, hehe...

    ReplyDelete
  34. Anak pertama saya sangat suka dibacakan dongeng sebelum tidur, dengan adanya audiobook sangat membantu saya karena anak2 akan lebih happy ketika membaca tapi ada suaranya.

    ReplyDelete
  35. bahkan buku anak-anak di storytel suka aku yg baca hehehe. Enak aja gitu mendengarkan isi buku dengan penuturan yang jelas dan penuh penghayatan

    ReplyDelete
  36. Awal2nya tahu ttg storytel, aku sebenernya ga tertarik mba. Krn tetep lebih suka membaca buku secara langsung . Ntah kenapa kalo dibacain malah ngantuk 🤣🤣. Tapiii kemudian kepikiran iya juga Yaa bisa utk bacain dongeng anak, jadi ga pegel ngomong 😅. Akhirnya aku install dan LGS jadi member. Mulai ntr malam, kalo mereka minta diceritain, tinggal aku pasang ini aja kalo sedang males bacain cerita 😄

    ReplyDelete
  37. Ah bener banget. Bisa ya Storytel ini dipake untuk ngasih dongeng ke anak. Pasti mereka suka. Cus install ah. Berlangganannya pun harganya terjangkau ya.

    ReplyDelete
  38. Anakku belum pernah didongengin selain sama aku dan papanya. Menarik juga nih buat dicoba apakah dia betah denger audiobook di Storytel

    ReplyDelete
  39. Anak-anak seneng banget main game di ponsel, kalau diisntalin storytell bisa jadi seru nih, dengerin buku cerita, ngurangin main game juga kali ya

    ReplyDelete
  40. anak-anakku juga sekarang mulai suka mbak kalau kubacain cerita sebelum tidur dan masing-masing juga punya buku pilihannya sendiri. kalau sudah ngantuk bisa nih pakai storytel aja biar bisa dengerin sama-sama ceritanya ya

    ReplyDelete
  41. Udah donlot dan bikin akun. Tapi yg bagian anak belum tereksplore semua mbak. .
    Anak2 mbak gmn responnya sama storytel ini?

    ReplyDelete
  42. Audiobook storytel ini bikin semangat baca buku meningkat. Soalnya gak bikin mata lelah..

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V