1/11/22

Tips Berbisnis di Saat Pandemi. Cek Disini!

Sejak pandemic COVID-19 yang melanda Indonesia pada Maret tahun lalu membuat banyak berbagai kegiatan menjadi terhambat. Mulai dari kegiatan bisnis dan kegiatan belajar mengajar yang mendapatkan pengaruh yang tinggi sekali terhadap COVID-19.


Tips Berbisnis di Saat Pandemi


Apalagi bisnis yang sedang berkembang di Indonesia mendapatkan banyak pengaruh di Indonesia. Ada yang masih berjalan hingga kini dan ada yang sudah gulung tikar. Berbagai usaha bisnis mendapatkan banyak pengaruh akibat Covid-19 seperti kurangnya kegiatan operasional dan karyawan yang bekerja hingga berhenti beroperasi untuk sementara waktu.


Tips Berbisnis Di Tengah Pandemi

Nah bagi kamu yang sedang menjalankan usaha bisnis di tengah pandemic dan ingin beroperasi lebih lanjut maka kamu harus mencoba beberapa tips dibawah ini seperti yang dikutip dari situs berita terpercaya!


Inilah beberapa tips berbisnis di tengah pandemi

1. Melakukan restruktrusasi kredit

restruktrusasi kredit


Menjalankan bisnis di tengah pandemic membuatmu harus merasakan nilai pemasukan yang rendah dibandingkan dengan pengeluarannya. Keadaan yang setimpan gini tentunya akan menyulitkan para pelaku bisnis yang masih memiliki hutang dalam menjalankan bisnisnya. 

Apalagi ketika keadaan bisnis sedang mengalami penurunan dan mereka tetap memiliki kewajiban untuk membayar hutang. Nah jika kamu salah satu pelaku usaha bisnis yang mengalami hal serupa maka kamu bisa mengajukan permohonan restrukturisasi kredit.

Banyak bank dan multifinance yang membuka pintu bagi permohonan restrukturisasi kredit yang diajukan oleh pebisnis yang terdampak oleh pandemi Covid-19 ini. Bentuk restrukturisasi yang bisa kamu dapatkan seperti perpanjangan masa pelunasan yang akan sangat membantumu dalam melakukan pelunasan hutang bisnismu. 


2. Melakukan kerja sama promosi dengan influencer 

promosi dengan influencer


Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan bisnis yang sedang kamu jalankan di tengah pandemic adalah dengan melakukan kerja sama promosi dengan para influencer.  Cobalah bekerja sama dengan para influencer untuk mendapatkan pelanggan selama masa pandemi ini. 

Selama masa pandemi semua kegiatan dilakukan secara online dan tentunya hal ini bisa kamu manfaatkan dengan baik dengan melakukan kerja sama promosi dengan para influencer terkenal. Kamu bisa menggaet para pelanggan secara online dari berbagai daerah yang tentunya akan meningkatkan bisnismu di masa depan nantinya. 


3. Menegosiasikan biaya sewa usaha



Sebagai pelaku usaha bisnis maka kamu harus bisa menegosiasikan tempat usaha bisnis yang kamu jalankan dengan baik. Usahakan biaya sewa yang kamu jalankan harus terjangkau dengan pemasukanmu. Negosiasikan agar pembayaran juga bisa dilakukan sesuai dengan perjanjian dan banyaknya pemasukanmu. Diskusikan dengan baik apabila kamu mengalami Kendala dalam pembayaran sewa tempat yang kamu jalankan.


4. Bersikap transparan dengan para karyawan



Selama menjalankan suatu bisnis maka kamu membutuhkan kerja sama dari berbagai anggota pekerjamu. Oleh karena itu usahakan bersikaplah transparan dengan seluruh karyawanmu agar tidak menimbulkan kesalahpahaman apapun.


5. Melakukan promosi melalui platform e-commerce 



Sebagai pelaku usaha bisnis maka kamu harus bisa memanfaatkan dengan baik promosi melalui platform online seperti e-commerce. Di masa pandemi ini seluruh kegiatan dilaksanan secara online oleh karena itu kegiatan promosi melalui platform e-commerce merupakan salah satu pilihan yang terbaik.


6. Melakukan kerja sama promosi dengan pebisnis lain 



Alternative lain yang bisa kamu lakukan adalah melakukan kerja sama promosi dengan pebisnis lain yang mungkin bergerak dalam bidang yang sama seperti yang kamu jalankan. Dengan kerja sama promosi maka kamu bisa mempromosikan produk mereka begitu juga sebaliknya mereka akan mempromosikan produkmu. Dengan ini maka akan didapatkan keuntungan yang setimpal. 


7. Fokus pada bisnismu



Di masa pandemi ini kamu harus fokus pada perkembangan bisnis yang sedang kamu jalankan saja. Sebaiknya tunda segala bentuk rencana untuk penambahan modal kerja yang dapat merugikanmu. Kamu bisa menambahkan modal kerja ketika keadaan sudah normal.



Itulah beberapa tips berbisnis di saat pandemi yang mungkin bermanfaat untuk bisnis kamu. Tetap semangat ya untuk kalian yang sedang menjalankan bisnis, terus fokus dan berinovasi.




CatatanRia.com

1 comment:

  1. Udah hampir dua tahun ini bisnis menurun drastis karena adanya pandemi, ada yang masih bertahan dan ada yang mencari jalan lain untuk mengatasinya. Begitulah kita harus berjuang, semangat! Bisnis harus tetap jalan meski pandemi.

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V