12/15/21

4 Cara Mengenalkan Huruf Pada Anak Usia Dini

Halo Mom, tidak terasa ya sudah menuju akhir tahun saja. Artinya sebentar lagi libur semester anak sekolah, yess setidaknya kita bisa santai sedikit dan gak darah tinggi lagi mengajari anak daring. Untuk Mom yang anaknya belum sekolah libur terus yaa rasanya hehehe, sama kok Mom anak saya yang nomer 2 masih 4 tahun dan belum sekolah.



Sudah lama ya gak update si nomer 2 ini, iya Aa Iyan usianya sudah 4 tahun lebih dan belum mulai sekolah. Waktu dulu sih rencana mau masukin di Taman Kanak-Kanak saat dia usia 4 tahun, namun sayangnya kondisi saat ini tidak memungkinkan. Saat ini pandemi sekolah TK pun lebih banyak daring daripada tatap muka di sekolah. 


Harusnya sih gak masalah ya, belajar di rumah dengan materi dari Ibu Gurunya bisa dilakukan. Namun Aa Iyan ini spesial, dia mengalami speech delay kemampuan berbahasanya masih kurang. Jadi mengerti apapun yang orang bicarakan atau tanyakan ke dia, tapi dia kesulitan menjawabnya bahasanya masih banyak yang belum jelas diucapkan. Jadi saya inginnya dia bisa sekolah tatap muka agar bisa bersosialisasi, siapa tau bisa bikin dia lebih cepat jelas bicaranya.


baca juga : Sekolahin Anak Usia Dini, Yes or No?


Jadi ya sudah lah tahun depan saja deh pas usianya juga sudah 5 tahun baru mulai sekolah TK. Sekarang belajar di rumah saja bersama saya. Pelajaran yang saya ajarkan ringan-ringann saja, yang sesuai dengan usia Aa Iyan. Seperti melatih motorik kasar dan halusnya, mengenalkan angka dan mengenalkan huruf. Aa Iyan belum saya ajarkan membaca ataupun berhitung. Karena katanya kan anak-anak sebaiknya baru diajarkan membaca dan berhitung saat usia 6 tahun, jadi usia Aa sebaiknya hanya pengenalan saja.


Cara Seru Mengenalkan Huruf Pada Anak Usia Dini

Nah, saya punya cara seru mengenalkan huruf pada anak pra sekolah yang saya terapkan ke Aa Iyan. Untuk anak pra sekolah memang sebaiknya mengajarkan dengan cara yang seru, jadi dia merasa dia sedang bermain bukan sedang belajar padahal dia sedang bermain sambil belajar. Soalnya pengalaman anak pertama saya, dulu saya suka mengajak dia belajar dan dia malah jadi gak mau karena pikirannya belajar itu gak asik serem, terus saya diajari sama gurunya saat mengajak belajar bilang saja "Yuk main" dan benar berhasil.


Cusss ini dia cara seru mengenalkan huruf pada anak usia dini

1. Read aloud Buku Cerita

Membacakan buku nyaring atau read aloud adalah salah satu cara efektif dalam mengenalkan huruf pada anak dan juga bisa menambah kosakata anak. Membacakan buku tidak memakan waktu lama, cukup 10 menit dalam sehari. Cara ini pun selain untuk mengenalkan huruf pada anak dapat juga membuat anak menjadi cinta buku. Saya ingat Bapak Nadiem pernah berkata "anak usia 0-5 tahun bacakan buku sehari satu buku setiap hari maka tidak mungkin anak tidak suka buku". 

read aloud


Biasanya Aa Iyan akan memilih sendiri buku yang ingin dibacakan, kalau saya sih membiarkan dia bebas memilih buku apa saja walau jadinya yang dibaca jadinya itu-itu saja namun selain saya juga membacakan buku pilihan saya biar tetap bervariasi buku yang dibacakan. Agar Aa bisa mengenal huruf setiap read aloud saya selalu menunjuk huruf-huruf yang ada di buku. Dan biasanya waktu yang saya pilih dalam membacakan buku adalah saat dia tidak sedang mengantuk, karena dia kalau mengantuk malah akan rungsing dan gak fokus dibacakan bukunya. 


2. Bermain Flash Card

Mom tentu sudah tidak asing lagi ya dengan permainan satu ini. Bermain flash card memang bagus untuk anak-anak karena dapat membantu dalam meningkatkan perkembangan otak anak, stimulasi yang tepat dalam meningkatkan daya ingat anak. Untuk mengenalkan huruf dengan media flash card tentunya pilih flash card yang bergambar huruf alfabet. 

bermain flash card
pic from mandira


Daya ingat anak berbeda dengan kita, kalau kita yang diingat itu cuma tagihan-tagihan setiap bulan sedangkan anak seperti Aa Iyan daya ingatnya masih kencang. Sehingga jika kita rutin bermain flash card bersama anak, pasti dia akan mampu mengingat huruf-huruf alfabet. Selain mengenal huruf anak juga bisa menambah kosakata dengan permainan ini, saat bermain kita bisa menyebutkan hewan atau benda atau apapun yang berawalan dari huruf yang tertera di kartu. Aa senang sekali kalau sudah diajak bermain flash card. Jika tidak memiliki flash card Mom bisa kok DIY flash card sendiri.


3. Memasang Poster Huruf Alfabet

Di rumah saya sengaja memasa poster huruf alfabet, saya pasang di tempat biasa Aa menghabiskan waktu yaitu di ruang TV agar dia bisa terus melihat si poster. Biasa memang anak-anak lebih senang main di ruang TV daripada di kamar. Saya pasang disana agar setiap Aa Iyan main dia bisa melihat si huruf, sambil terus saya ajak dia menebak huruf yang ada di poster. Alhamdulillah sih sejauh ini dia gak bosen setiap hari diajak main tebak-tebakan huruf yang ada di poster. 

poster huruf
pic from mandira


4. Bermain Game

Jika dulu jaman saya kecil, orang tua saya melarang saya bermain game katanya nanti bikin malas belajar terus nanti nilainya jadi jelek. Berbeda sekarang saya malah mengajak anak-anak bermain game di handphone. Eh tapi gamenya bukan game berantem atau game perang yang lagi trend, tentu saja gamenya tema edukasi. 


Waktu jaman Babang Iyas saya suka install game edukasi di handphone biar Babang bisa bermain sambil belajar. Tapi untuk Aa Iyan sekarang berbeda saya gak install game di handphone karena memory udah full. Aa Iyan saya ajak bermain mengenal huruf di Plays.org, main gamenya gak perlu install bisa langsung dari browser jadi aman deh memory handphone yang udah sekarat ini. 


Cara mengenalkan huruf pada anak usia dini dengan Plays.org ada banyak banget gamenya tapi tetep yang saya pilih hanya game edukasi salah satunya ya game yang bisa melatih anak untuk mengenal huruf. Saya share ya beberapa game yang suka Aa Iyan mainkan, yaitu


Alphabet Bubble Letter Match Game

Permainan Alphabet Bubble Letter Match Game ini tingkat kesulitannya sangat rendah jadi Aa Iyan bisa dengan mudah memainkannya. Cara bermainnya kita pecahkan gelembung alfabet yang mengambang diatas air, pecahkannya harus sesuai dengan huruf depan dari kata yang tertera di keranjang yang ada di dasar air. 

belajar mengenal huruf

Sesame Street Big Bird and Snuffy’s Letter Dance Party

Game ini kesukaan Aa Iyan, karena gamenya yang colourful dan tokoh dalam gamenya yang menarik sehingga dia semangat mainnya. Cara memainkannya kita tinggal mengikuti garis di huruf jika sudah, nanti kita akan mendapatkan sebuah bingkisan hadiah, yang isinya sebuah benda yang berawalan huruf yang kita mainkan sebelumnya. Dengan memainkan ini anak-anak jadi mudah menghafal huruf alfabet dengan cepat.

game plays.org


Learn With the Smurfs: Letter & Number Learning Game

Learn With the Smurfs: Letter & Number Learning Game ini juga masih termasuk game yang mudah dimainkan untuk anak usia dini. Dalam game ini ada permainan mengenal angka, penjumlahan dan mengenal huruf. Karena saya ingin mengenalkan huruf maka saya pilih yang huruf. Cara bermainnya kamu cukup mencocokan huruf yang ada di kotak atasnya. 

bermain sambil belajar


Gimana Mom mudah ya mengenalkan huruf pada anak usia dini? Anak usia dini memang dunianya bermain belum dibebankan untuk belajar, jadi jika ingin mereka belajar ya buat suasana belajar yang menyenangkan sehingga mereka tidak merasa sedang belajar tapi sedang bermain.


Moms mungkin punya cara seru lainnya dalam mengenalkan huruf ke anak usia dini, share ya di komentar.




CatatanRia.com

26 comments:

  1. menarik buat belajar anak ya mbak, jaman kita dulu mana ada beginian hahaa

    ReplyDelete
  2. Aku dulu juga sama mbak, ngenalin huruf ke anak2 menggunakan kertas warna-warni dan magnet huruf di kulkas. Alhamdulillah cepet. Anakku bisa baca di umur 3 tahun.

    ReplyDelete
  3. Poster dan game itu yang saya lakukan juga saat Fahmi homeschooling sebelum masuk sekolah dasar. Hasilnya memang cukup bagus. Yang penting ada pendamping dan sabar dalam memberikan pelajarannya

    ReplyDelete
  4. Hemm, harus punya cara kreatif buat mengenalkan huruf ke mereka. Game sih yang paling ngaruh dan menarik.

    ReplyDelete
  5. Menarik dan Menyenangkan intinya itu ya Mba kalau mengajarkan sesuatu ke anak itu... Setelah itu tinggal kita rajin dan sabar mendampinginya...

    ReplyDelete
  6. Wah jadi inget anak saya yang umur 3 tahun nih pengen ngenalin huruf tapi udah cukup waktu belum ya. Kakaknya dulu baru dikenalin pas 4 tahun hihi.. Tapi cara-caranya bisa jadi ampuh nih, jadi pengen coba ngenalin huruf dengan flash card. Kalau cerita nyaring alhamdulillah udah

    ReplyDelete
  7. Mbak ... Hahaha ingetnya tagihan mulu yak. Kocak banget!
    Belajar membaca sambil bermain, baca buku tentu menyenangkan buat anak. Tak terasa nanti ia mulai hafal beberapa huruf. Bisa coba nyanyi lagu fonik atau phonic song yg di yutub

    ReplyDelete
  8. nice cara yang menyenangkan nih mengajarkan anak soal huruf-huruf melalui permainan edukatif yaa

    ReplyDelete
  9. Yang bikin gemes tuh kalau anak-anak belum bisa baca tapi mereka berpura-pura bisa baca. Kalau bahasa Jawanya "ndrememeng" sendiri menceritakan isi buku dengan bahasa khas anak-anak.

    Alhamdulillah,
    Meski temanya bermain, tapi mainannya yang bisa mengasah kecerdasan anak yaa..

    ReplyDelete
  10. Masya Alloh, aku juga pernah galau mau masuk Tk atau belajar di rumah saja. Asli, pandemi enggak menentu bikin emak2 harus pikir panjang untuk pendidikan anak ya, Mbak.

    semangatt terus buat mendampingi anak2 belajar ya, Mbak. Main game sambil belajar.

    ReplyDelete
  11. Dulu waktu anakku kecil belum ada sih plays dot org ini, jadinya paling efektif pake flash card belajarnya. Seru juga padahal ya kalau sembari ngegame gini belajar mengenal hurufnya.

    ReplyDelete
  12. Awalany saya cukup bingung bagaimana mengenalkan anak huruf, krn usianya dah mau dua tahun hehe. Baca tipsnya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  13. emang bermain sambil belajar itu bikin anak jadi gampang ngerti ya teh, anak2 paling suka kalau main flash card

    ReplyDelete
  14. Flash card beneran cara fun dan seru untuk mengenalkan huruf atau suku kata buat anak-anak.
    Biasanya, anak-anak lebih mudah hapal dan mampu mengingat huruf dengan lebih baik

    ReplyDelete
  15. kalau aku sih pakai semua yang mba tulis di artikel ini, tapi yang paling efektif pakai flash card sih mba

    ReplyDelete
  16. Nah pakai gane itu paling cepat masuk ke otaknya sih IMO. Pernah dicoba

    ReplyDelete
  17. Anak aku pake buku biasa aja. Kalau pakai card gitu gak pernah awet perasaan ilang mulu hahahha

    ReplyDelete
  18. Sekarang fasilitas belajar baca untuk anak-anak makin banyak dan menyenangkan yaa. Jaman saya ngajarin anak baca paling pakai flashcard.

    ReplyDelete
  19. Pengalamanku ngajarin anak baca, memang harus membuat mereka tidak asing terhadap huruf. Cara di atas bisa banget dipraktikkan.

    ReplyDelete
  20. Bener mom banyak cara dan semua sederhana ya. Beberapa diantaranya aku lakukan hal sama tadi. Makasih sharingnya bun

    ReplyDelete
  21. Bagus nih tipsnya, kebetulan punya anak yang super aktif, jadi gaya belajarnya kinestetik, kalau disuruh duduk anteng susah.. trik di atas cukup membantu nih.

    ReplyDelete
  22. Seru ya zaman sekarang bahkan ada game yang bisa stimulasi bahasa anak. Aku dulu bener2 ya stimulasi dari barang yang ada di rumah aja. Terutama bacain buku dan ajak ngobrol

    ReplyDelete
  23. Hwaa ada game edukasinya juga ternyata di plays. wah aku nguliknya kurang lama nihh kayaknya sampe gatau ada game edukasi sekeren ini lhoo

    ReplyDelete
  24. Kalau saya flash card paling ampuh u tuk mengenalkan huruf mba selain karena tulisannya gede warnanya yang mencolok bikin anak tertarik buat ngelihatin

    ReplyDelete
  25. eh bagus juga ada game edukasi kayak gini nih. anak2 jadi punya kesempatan belajar sambil bermain dengan menyenangkan, nanti deh kalau anaknya udah agak gedean aku ajak main game ginian juga hohoho

    ReplyDelete
  26. Anakku juga kayanya termasuk speech delay, saya belum periksa sih ke klinik tumbang tapi di usia dua tahunan ini ngomongnya belum jelas pdahal anak seusianya sudah bisa jelas

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V