8/1/21

10 Financial Checklist untuk Kamu di Usia 20an, Berapa yang Sudah Kamu Penuhi?

Usia 20an merupakan fase hidup yang penuh dengan perubahan termasuk mulai merasakan dunia profesional. Salah satu perubahan yang signifikan adalah pendapatan yang mungkin sebat elumnya berasal dari orang tua, kini di usia 20an kamu sudah bisa miliki pendapatan sendiri. Teringat saat usia saya menginjak 22 tahun saya sudah tak lagi meminta uang ke orang tua, karena saya sudah mulai bekerja dan mulai mengatur keuangan sendiri.




Memiliki pendapatan sendiri tentunya menjadi tantangan karena kini kamu harus mulai memahami dan membuat perencanaan keuangan yang baik. Seiring bertambahnya usia, kebutuhan dan target juga pasti akan semakin kompleks termasuk juga kalau kamu memutuskan untuk mandiri yang berarti semua kebutuhanmu harus ditanggung sendiri. 


Kalau dulu saya tetap tinggal dengan orang tua, namun untuk beli apa-apa saya sudah tidak meminta mereka lagi. Awalnya hasil gaji saya selalu saja habis, maklum baru pertama pegang uang jadi boros banget. Akhirnya saya pun mulai mengatur agar bisa memiliki tabungan dari penghasilan saya.

 

Nah, untuk membantu kamu, berikut ini merupakan financial checklist yang sebaiknya kamu siapkan jika kamu ingin mencapai kestabilan ekonomi atau bahkan mecapai kebebasan finansial di usia 20-tahunan versi FWD Insurance:  


1. Memiliki Keuangan yang Sehat

Biasakan diri untuk memiliki keuangan yang sehat. Kamu dapat merealisasikannya dengan melakukan hal-hal seperti budgeting bulanan, mengelola cash-flow agar tidak defisit, konsisten menabung, dan menghindari utang konsumtif. Hal yang paling penting juga, kamu harus memahami antara memenuhi kebutuhan dan membatasi keinginan, tapi bukan berarti kamu tidak bisa memberi self-reward sesekali, lho!  


2. Membayar Tagihan Sendiri

Bagi kamu yang tinggal sendiri, jangan lupa untuk membayar seluruh tagihan rumah tanggamu tepat waktu. Disiplin juga menjadi bagian dari perencanaan keuangan yang baik. Sedangkan bagi kamu yang tinggal di rumah orang tua, mari coba membantu mereka dengan membayar sebagian tagihan di rumah. Dengan begitu, kamu akan terbiasa bertanggung jawab atas kebutuhan hidupmu.  

Oiya, Jangan lupa untuk membuat penanggalan atas jatuh tempo dari setiap tagihan (jika ada beberapa tagihan yang memiliki jangka waktu hari yang berbeda, yang berpotensi terlupakan )   


3. Menyiapkan Sendiri Biaya Liburan

Kamu bisa coba menabung untuk dana liburan sendiri dan memisahkannya dengan uang tabungan untuk biaya sehari-hari, agar nilai yang ditabungkan tidak menjadi kebutuhan yang bercampur antara biaya Kebutuhan Utama dan biaya keinginan Utama (Rencana Liburan). Selain dapat melatih diri jadi lebih mandiri, kamu juga pasti makin bangga sama diri sendiri!  

 

4. Mulai Menabung Dana Darurat

Hmm, sudah sering mendengar Kata Dana Darurat, dan untuk Apakah Fungsinya? Dana Darurat adalah sejumlah Dana yang berada dalam posisi siap pakai atau mudah untuk segera didapatkan, Ketika ada sebuah kebutuhan mendesak yang harus terpenuhi, yang umumnya/fokusnya lebih kearah penanganan Resiko Hidup (Dana Sakit, Dana Biaya penanganan Resiko kecelakaan,dll) atau Resiko Profesi (Tidak bekerja,di PHK, Kehilangan pendapatan Utama).  

Yuk, mulai set target menabung untuk dana darurat. Buatlah target sesuai dengan besarnya pendapatan yang kamu miliki, ada beberapa pilihan yang bisa kamu ambil, diantaranya kamu bisa menyisihkan mulai dari 3 kali, 6 kali bahkan sampai 9x pengeluaran bulananmu untuk disiapkan sebagai dana darurat. Supaya kedepannya kamu tidak perlu khawatir jika ada kebutuhan yang sifatnya mendadak yang membuat kamu harus mengambil uang tabungan yang sudah disisihkan. 

 

5. Mempunyai Asuransi Kesehatan

Punya asuransi kesehatan saat ini merupakan hal yang wajib tertutama dengan kondisi tak menentu seperti pandemi saat ini. Proteksi diri melalui asuransi ini berguna untuk memproteksi diri dari risiko finansial. Dengan memiliki asuransi, pos-pos keuangan yang sudah ada tidak akan terganggu.  

Jika sama sekali tidak memiliki asuransi, produk pertama yang harus kamu miliki adalah asuransi kesehatan. Salah satu produk asuransi kesehatan FWD Insurance adalah Asuransi Bebas Handal yang mudah dibeli secara online, di ifwd.co.id. Asuransi ini menawarkan manfaat rawat inap termasuk biaya kamar, biaya dokter, obat-obatan, perawatan setelah rawat inap dan biaya tindakan bedah, dengan pilihan kontribusi mulai dari Rp75 ribu dan pilihan manfaat tahunan hingga Rp100 juta. Produk asuransi kesehatan berbasis syariah ini juga memberikan tambahan Manfaat Khusus untuk Isolasi Mandiri karena Infeksi COVID-19 (Manfaat Khusus), kepada Tertanggung polis asuransi individu yang saat ini sudah aktif (existing) maupun polis asuransi individu baru yang terbit selama periode 1 - 31 Juli 2021.  


6. Meningkatkan Karier

Oiya, Generasi Usia 20an, yang dikenal dengan Gen-Y atau Millenial, memiliki minat untuk berani mencoba banyak hal, yang tujuan utamanya adalah Karier dan Pendapatan, nah Keduannya ini haruslah dipengaruhi dengan peningkatan kompetensi, mau dari sisi Pengetahuan Bisnis, atau pengetahuan yang mendukung Keahlian penunjang kerja, jadi Jangan lupa untuk menyusun rencana kariermu, ya! Sisihkan budget kamu untuk mengikuti workshop, kursus bahasa atau keahlian lainnya agar pengetahuan, pengalaman, dan hasil kerjamu dapat meningkatkan kariermu. Jika kariermu naik, maka pendapatanmu juga naik.  


7. Belajar dan Mulai Investasi

Kalau kamu berada di usia akhir 20an, biasanya target keuangan akan semakin kompleks. Untuk tujuan finansial yang nominalnya besar dan jangka panjang, kamu bisa coba mulai berinvestasi karena hanya menabung tidak akan cukup. Tapi ingat, pelajari dulu ya dan jangan asal pilih investasi dan sesuaikan dengan kebutuhan dan target kamu.  

Ingat, perlindungan itu penting sebelum kamu memulai untuk berinvestasi. Pernah dengar kalau investasi itu harus pakai "uang dingin" (dana yang menganggur)?   

Nah, nggak cuma itu. Kamu juga butuh perlindungan agar uang investasimu tetap "nyaman" di tempatnya. Dengan perlindungan dari FWD Insurance, kamu pun bisa #BebaskanlangkahBerani untuk kejar semua passion-mu tanpa perlu khawatir.  Kamu gak perlu was-was karena FWD punya solusinya dengan pilihan produk yang siap menemani liburanmu dengan rangkaian produk Asuransi kanker dari FWD Cancer Protection, Asuransi kesehatan syariah Asuransi Bebas Handal dan Asuransi jiwa berjangka Bebas Rencana. Yuk kamu bisa langsung kunjungi website ifwd.co.id. Perlindungan FWD Insurance dahulu, investasi kemudian!  


8. Menyiapkan DP Properti

Pertama Tidak ada salahnya bila kamu mulai menyiapkan DP (Down Payment) untuk properti pertama kamu di usia 20an. Kalau memang 5-10 tahun lagi kamu ingin memiliki rumah atau apartemen sendiri, DP tersebut akan membantu mengurangi jumlah cicilan bulanan dan durasi cicilan. Dan diusia yang masih tergolong memiliki kesempatan jangka waktu pencicilan kredit yang Panjang (dengan asumsi membeli property memanfaatkan fasilitas KPR subsidi atau Non Subsidi ), untuk sebuah property.  


9. Mulai Menyiapkan Dana Pensiun

Selagi masih berusia 20an, justru kamu seharusnya mulai menyiapkan dana pensiun. Mengapa? karena menurut hitung-hitungannya, kalau memulai di usia 20an, uang yang kamu sisihkan untuk dana pensiun ini bisa lebih ringan hingga 70% daripada memulai pada usia 30an, dan tentu lebih besar lagi bila dimulai di usia 40an.  


10. “Komitmen” dalam membangun Perencanaan Keuangan yang Tepat

Nah, semua Tips – tips sederhana diatas, tidak menjadi hal yang terealisasikan jika, tidak membangun Komitmen personal melalui Disiplin serta pencatatan yang baik pengeluaran dan pemasukan yang dimiliki, jangan sampai Besar pasak dari pada Tiang , yang berdampak Tujuan merencanakan keuangan sedari dini tidaklah terwujud.  


Demikianlah financial checklist versi FWD. Jadi, jangan sia-siakan masa muda Kamu dan mulailah susun rencana keuangan jangka pendek, jangka menengah, dan rencana keuangan jangka panjang. Berbagai macam cara yang perlu dilakukan jika kamu ingin mandiri secara finansial di umur 20-an. Sebagai kesimpulan, kamu harus menentukan target dan apa saja yang wajib dilakukan, lalu gigih untuk mencapainya.   


Itulah beberapa financial checklist yang dapat dipersiapkan jika kamu ada di usia 20an. Apakah kamu sudah memenuhi beberapa checklist di atas atau bahkan, sudah memenuhi semuanya? Jika belum, yuk mulai realisasikan. Tidak ada kata terlalu cepat untuk memiliki perencanaan keuangan yang baik!





CatatanRia.com

17 comments:

  1. memang kita harus selalu cek kondisi keuangan kita ya mba... dan di saat seperti ini, kita makin extra hati - hati ya

    ReplyDelete
  2. Salah satu 'blessing in disguise' pandemi adalah: (mayoritas dari) kita makin berhati2 dalam hal keuangan.
    Ga boleh sembrono. InsyaALLAH sangat bisa contreng semua financial checklist yg ada di artikel ini.

    Semangaatt!

    ReplyDelete
  3. Wah harus diperhatikan tuh sama para generasi millenial, supaya bisa lebih sehat dalam mengatur keuangan. Terutama dana darurat sih yaaah

    ReplyDelete
  4. banyak yang belum terpenuhi atau yang belum terceklis nih (haha) jadi malu sendiri saya. Nih lagi mencoba menghilangkan segala hal hedonisme dalam diri

    ReplyDelete
  5. Benar sekali kak,di usia 20an itu sudah produktif dan mestinya mandiri dlm masalah keuangan.

    ReplyDelete
  6. duh aku tertampar hahaa masih banyak belanja receh2 dan belum bisa investasi :(

    ReplyDelete
  7. Duuuh..aku sudah lama meninggalkan usia 20an tapi blom semuanya tercentang nih.. hiks.. ok deh..mesti kerja lebih keras dan atur keuangan lebih baik lagi tampaknya..

    ReplyDelete
  8. Senang sekali kalau bisa mencapai kebebasan finansial di usia 20 an ya. Perlu pengetahuan perencanaan keuangan memang di usia muda agar bisa terwujud kebebasan finansial yg diinginkan. Banyak kondisi, seperti adanya covid sekarang ini membuat kita harus melakukan perencanaan yg bijak juga.

    ReplyDelete
  9. Menjaga kondisi keuangan hampir sama dengan menjaga kesehatan ya mba harus benar-benar pintar mengendalikan dan mengatur agar nggak sakit kantong :)

    ReplyDelete
  10. Dari 10 ceklist diatas kayanya aku baru sebagian yg bisa aku penuhi. aduh, pengen banget bisa penuhi semua, apa daya kemampuan keuangan masih belum mumpuni. semoga ke depan lebih bisa kelola keuangan dg baik dan benar. Amiiin.

    ReplyDelete
  11. Dalam kondisi pandemi ini banyak yang terpapar nih banyak yg udah mantab lanjut mansest alias makan tabungan lanjut makan aset huhu.... Semoga kita diberi kemudahan untuk dapat hidup layak caranya ya manajemen keuangan kita memang harus baik yah...

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah, dulu pas kuliah sambil kerja, jadi ketika usia 21 an pun udah terpenuhi semua 10 financial ceklist di atas. Seruu banget memang masa muda itu, bekerja dan sekolah dengan menyenangkan, jiwa muda yg menggebu memikirkan diri sendiri dan masdep.

    Warisan yg kudapat sampe sekarang dr usia muda ya Rumah, hasil DP rumah dan asuransi , memiliki keduanya ada jadi tenang.

    ReplyDelete
  13. Umur 20an aku udah nikah kak, hehehe. Tapi bener banget loh perencanaan keuangan dari usia 20an itu penting banget buat masa depan

    ReplyDelete
  14. Aduuuhh... jaman mudaku dulu banyak yang belum masuk check list deh. Dulu kalau udah bisa belanja aja senangnya ga karuan hehee... padahal masa depan masih panjang ya.

    ReplyDelete
  15. bahkan di usia 34 tahun ini ada bbrp ceklist yang belum kuceklist hiks

    ReplyDelete
  16. Dana pensiun ini yang kami belum punya.
    Harapannya di hari tua sudah gak berlelah-lelah bekerja lagi..
    Semoga Allah mudahkan untuk menabung dan mengatur finansial planning untuk keluarga.

    ReplyDelete
  17. Satu lagi nih yg mau dikejar tahun ini mbak supaya bisa DP Properti buat investasi masa depan.

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V