8/3/21

Sehat dengan Modal Minim, Tanpa Harus Pergi ke Gym

Siapa bilang olahraga baru afdol kalau di luar rumah? Di saat seperti sekarang, memang ada baiknya menahan diri untuk tidak terlalu banyak berpergian. Meski sulit dan membosankan bagi kebanyakan orang, mari memilih untuk fokus pada apa yang kita bisa kendalikan, salah satunya yaitu diri kita sendiri. Disiplinkan diri untuk selalu berolahraga dari rumah, belajar mengendalikan stres, makan makanan yang bergizi dan tidur yang cukup. 




Sayapun sudah beberapa minggu ini rutin olahraga pagi diatap rumah sambil berjemur, biasa tidak lama saya olahraganya minimal 15 menit saja cukup. Alhamdulillah kalau dilakukan rutin setiap hari badan terasa lebih bugar. Biasanya saya itu sering lemas, namun sejak rutin olehraga dan konsumsi air putih yang banyak sekarang lebih segar sepanjang hari. Simak tips lebih lengkapnya berikut: 


1. Rutin olahraga

Agar dapat berolahraga dengan maksimal, pastikan kamu sudah tentukan area di dalam rumah yang nyaman dan bebas gangguan. Jangan lupa ajak anggota keluarga kamu untuk ikutan agar semakin fun dan menambah motivasi, lalu carilah aplikasi atau tutorial berolahraga yang sesuai dengan tujuan olahraga kamu. Ada banyak lho jenis olahraga yang bisa dilakukan sendiri tanpa alat bantu, misalnya Yoga, Freelatics, Zumba, dan lain sebagainya. 


2. Mengelola stres

Tahukah kamu bahwa ketika kita pandai mengelola stres, maka tubuh akan lebih mudah mengendalikan hormon kortisol yang muncul saat seseorang sedang stres?1 Hal ini tentunya berdampak baik bagi ketahanan tubuh sehingga mampu melawan peradangan dan penyakit. Ciptakan rasa tenang dan tetap berpikiran positif dengan menekuni hobi atau melakukan hal yang disukai, fokus pada saat ini dan terapkan pola hidup sehat.


3. Tetap terhubung dengan orang tersayang

Kita boleh terpisah jarak, namun hubungan tetap perlu dibangun agar mental tetap1 sehat. Ingat bahwa kita adalah makhluk sosial yang membutuhkan satu dengan yang lain. Manfaatkan waktu lebih banyak di rumah dengan melakukan hobi bersama keluarga atau sekedar bertukar cerita. Pastikan kamu juga tetap terhubung dengan orang yang dipercaya untuk dapat mencurahkan keluh kesah agar jiwa bebas resah dan hati bahagia.


4. Miliki tidur yang cukup

Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat secara negatif mempengaruhi suasana hati, kemampuan kognitif dan kecerdasan emosional2. Pastikan kamu punya tidur yang maksimal sehingga dapat bangun dengan tubuh segar dan siap jalani hari baru. Seimbangkan juga dengan makanan bergizi yang kaya serat dan nutrisi agar kesehatan tubuh terjaga.  


Menjaga diri tetap sehat, baik secara fisik maupun mental menjadi poin penting yang adalah juga sebuah tindakan preventif dari penyakit yang ada saat ini. Selain hal yang disebutkan diatas, kita juga perlu memastikan diri terproteksi agar hati tetap tenang. Salah satu bentuk proteksi yang kamu bisa miliki adalah proteksi kesehatan dan penyakit kritis yang bisa melindungi kamu dari risiko keuangan yang tak terduga nantinya.  



Salah satu produk asuransi dasar yang harus Kamu miliki adalah asuransi kesehatan seperti Asuransi Bebas Handal yang mudah dibeli secara online, di ifwd.co.id dan untuk kamu yang sudah berkeluarga harus punya juga loh asuransi jiwa. Asuransi Bebas Handal menawarkan manfaat rawat inap termasuk biaya kamar, biaya dokter, obat-obatan, perawatan setelah rawat inap dan biaya tindakan bedah, dengan pilihan kontribusi mulai dari Rp75 ribu dan pilihan manfaat tahunan hingga Rp100 juta. 


Asuransi ini juga memiliki Manfaat Khusus untuk Isolasi Mandiri karena Infeksi COVID-19 (selanjutnya disebut “Manfaat Khusus”), kepada Tertanggung polis asuransi individu yang saat ini sudah aktif (existing) maupun polis asuransi individu baru selama periode 1 - 31 Juli 2021 (“Periode Campaign”). Lebih jelasnya, kunjungi website di ifwd.co.id. Di saat angka COVID-19 yang tinggi seperti sekarang, tidak ada salahnya kita mulai proteksi diri kita dengan asuransi kesehatan FWD Insurance ini. Semoga kita selalu diberi kesehatan yaa, untuk yang lagi isoman juga terus semangat ya.


1 Medika, K. (2020). Tips Agar Tetap Sehat di Masa Pandemi COVID-19. Retrieved from krakataumedia.com: https://krakataumedika.com/info-media/artikel/tips-agar-tetap-sehat-di-masa-pandemi-covid-19  

2 BBC news. (2017. November 3). Kurang tidur bisa mengakibatkan gangguan pada otak.   Retrieved from BBC.com: https://bbc.com/Indonesia/majalah-4182805   




CatatanRia.com

12 comments:

  1. Sehat itu sederhana, ya Mbak gak perlu sampai ke gym. Cukup di rumah aja saat masa pandemi tapi tetap aktif berolahraga.

    ReplyDelete
  2. tidur cukup sih yang paling pengaruh terhadap kesehatan ya kak dan bicara soal asuransi, aku setuju kita harus punya asuransi untuk jaga - jaga, baik asuransi pemerintah atau online seperti ifwd ini

    ReplyDelete
  3. Saya suka kesulitan dengan tips ke 4 yang istirahat cukup, karena saat menjelang tidur malam kadang nonton drakor atau you tube sih

    ReplyDelete
  4. Sepakat nih, kesehatan itu investasi, apalagi sekarang ada Asuransi Bebas Handal ini ya, jadi lebih mudah dan aman.

    ReplyDelete
  5. Terima kasih tipsnya kak.. cara mudah untuk hidup sehat banget hehe

    ReplyDelete
  6. Sehat di runah aja pun bisa ya mbak. Sya pun kadang seperti mba. Meluangkan waktu barang sebentar utk olahraga

    ReplyDelete
  7. Bener nih tanpa ngegym jg bisa sehat kok hehe asal konsisten aja y kak :) di rumah aja tp terus aktif

    ReplyDelete
  8. Rutin olahragaa! Dari dulu udah tau dan baca tapi sulit banget diterapkan mkwkwwk, PR banget nih buat aku smoga bisa makin rajin jaga kesehatan diri

    ReplyDelete
  9. tipsnya bener banget nih, sangat bermanfaat untuk dimasa pandemi seperti ini

    ReplyDelete
  10. Pengenn, nantilah kalau anak udah besar mau langganan juga ke gym haha biar awet muda dan tetep sehat pastinyaaa

    ReplyDelete
  11. Bener banget mba Ria dengan yang kamu jabarkan nggak perlu ngeluarin uang toh ternyata semuanya tetap bisa dilakukan asal ada niat

    ReplyDelete
  12. Bener banget, sehat itu nggak harus ke Gym. Di rumah juga bisa, yang terpenting jaga pikiran juga biar tetap tenang ya mbak.

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V