7/24/21

Serunya Liburan ke Planet Mochi Bareng Paddle Pop

Halo Moms, bagaimana liburan sekolah kemarin? Sayang sekali ya liburan sekolah tahun ini berbeda kita tidak bisa membawa anak-anak pergi ke tempat rekreasi karena keadaan memang sedang tidak memungkinkan. Virus Covid-19 sedang meningkat tentu rawan membawa anak-anak keluar rumah, tempat teraman dan ternyaman untuk anak-anak saat ini adalah rumah. Setuju gak mom?




Jujur saja dalam hati sedih melihat anak-anak hanya bisa bermain didalam rumah atau di teras rumah saja. Alhamdulillah anak-anak sih gak pernah protes ataupun memaksa untuk pergi rekreasi, mereka tetap senang bermain dirumah. Pernah sih anak saya yang paling besar Babang Iyas bertanya ke saya "Mi, abang udah libur mau kemana nanti?" Saya hanya bisa memberi pengertian "liburan sekarang kita main dirumah saja ya, kita main bareng kan diluar lagi banyak virus". Dan dia pun mengerti gak memaksa untuk pergi.


Ide Bermain di Rumah Mengisi Liburan Anak

Sebenarnya liburan dirumah pun bisa kita buat menjadi liburan yang seru dan menarik, tentunya bisa membuat anak-anak senang menikmati liburannya. Tinggal bagaimana kita sebagai orang tua mau meluangkan waktu untuk bermain bersama mereka. Ini ada beberapa ide bermain dirumah mengisi liburan anak, yang saya lakukan kemarin :


1. Bermain Kemah-Kemahan

Mengajak anak main kemah-kemahan pasti mereka bakal suka, walaupun kemahannya di dalam rumah saja. Tidak punya tenda main? Tenang tetap bisa kok, saya juga tidak memiliki tenda mainan kok. Biasanya saya membuatnya dari bangku dan bed cover atau selimut, kadang hanya menggunakan playmat. Jangan lupa libatkan juga anak-anak saat mendirikan tenda, selanjutnya tinggal ajak anak-anak berandai-andai sedang berkemah di alam terbuka. Anak-anak saya sangat menyukai permainan ini.


2. Masak Bersama 

Ini juga salah satu kegiatan kesukaan anak-anak saya, memasak bareng saya di dapur. Anak itu sebenarnya paling senang loh kalau kita libatkan saat kita mengerjakan sesuatu. Biasanya saya suka mengajak anak-anak bikin cemilan bersama, walau nanti hasil bentuk cemilannya nanti bakal tidak estetik dan dapur bakal berkali lipat berantakan hihihi ya namanya juga anak-anak belum bisa rapi.


3. Membaca Buku 

Kegiatan membaca buku atau read aloud sebenarnya kegiatan yang hampir setiap hari saya lakukan dirumah bersama anak-anak. Namun kalau lagi liburan biasanya saya buat spesial, saya perbolehkan anak-anak untuk meminta bacaan sebanyak yang mereka mau dan mereka pilih sendiri bukunya. Tidak lupa yaaa saat membacakan harus sambil interaktif ke anak-anak, agar anak pun merasa senang mendengarkannya.


Itulah beberapa ide bermain bersama anak yang bisa Moms lakukan saat liburan, kalau Moms biasanya suka melakukan kegiatan yang mana diantara ketiga kegiatan diatas?


Liburan ke Planet Mochi

Selain mengisi liburan dengan kegiatan diatas, liburan kali ini juga saya buat spesial saya mengajak anak-anak liburan ke Planet Mochi. Eh, dimana itu Planet Mochi? Yang jelas tidak ada ya di susunan tata surya hihihi, Liburan ke Planet Mochi ini merupakan program liburan menyenangkan dan bermanfaat dari Paddle Pop.


Untuk bisa mengikutin acara virtual Liburan ke Planet Mochi, saya mendaftar terlebih dahulu melalui link yang ada di IG @paddlepop.idn. Ada 4 jadwal yang diberikan dan semuanya dengan tema dan waktu yang berbeda, pertama tanggal 25 Juni 2021 Liburan ke Planet Mochi bareng Mona Ratuliu X Wonder Fest, kedua tanggal 3 Juli 2021 Main ke Planet Saturnus bareng Enno Lerian X Rumah Dandelion, ketiga tanggal 10 Juli 2021 Main ke Planet Uranus bareng Nana Midrad X Mungilmu, keempat terakhir tanggal 17 Juli 2021 Main ke Planet Jupiter bareng Melky Bajaj X Buumi Playscape.


Main ke Planet Jupiter bareng Melky Bajaj X Buumi Playscape

Saya sendiri memilih tanggal 17 Juli 2021 Main ke Planet Jupiter bareg Melky Bajaj X Buumi Playscape, alasannya kebetulan tanggal tersebut saya lagi banyak waktu luang dan sengaja juga sih memilih tanggal 17 agar pas tanggal 19 Juli Babang Iyas masuk sekolah dia jadi tambah semangat karena fun habis liburan walau liburan virtual.




Waktu pertama saya memberi tahu Babang Iyas kalau nanti akan ikut Liburan ke Planet Mochi, dia senang sekali dan gak sabar hampir setiap hari pasti nanya "Mi, kapan ke Planet Mochi?" Hehe dasar anak-anak ya kalau dijanjikan sesuatu pasti deh bakal nanya terus.


Lalu acara Main ke Planet Jupiter ini bakal ngapain aja kah? Jadi di acara ini nantinya Buumi Playscape dan Paddle Pop akan mengajak anak-anak Liburan ke Planet Mochi, kemudian menjelajahi luar angkasa sambil bermain bersama. Ada permainan membuar Moon Dough dengan bahan sederhana, lalu bermain Alien Egg Game dan menghias Paddle Pop Mochi.


Saat melakukan pendaftaran nanti kita akan mendapatkan panduan permainannya, sehingga sebelum acara dimulai kita bisa menyiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu. Jadi sebelum tanggal 17 Juli saya dan Babang mencari alat dan bahan yang kami butuhkan. Alhamdulillah hampir semua alat dan bahan sudah komplit. Namun sayangnya di daerah saya sulit sekali mencari Paddle Pop Mochi, udah keluar masuk minimarket sekitar rumah tapi kosong kata pegawainya sih belum masuk barang lagi produknya lagi laris banget. 


Yah akhirnya saya menyerah cari karena sudah semua minimarket dan warung sekitar rumah saya masukin dan gak ada, kalau untuk ke supermarket saya gak bisa karena suami pulang malam terus sedangkan lagi PPKM gini supermarket tutup cepat dan takut juga bawa anak-anak kesana. Awalnya sih Babang kecewa, tapi saya coba hibur "Nanti kalau sudah ada kita beli ya, sekarang seadanya saja dulu ya". Alhamdulillah Babang bisa mengerti dan tetap antusias untuk mengikuti Main ke Planet Jupiternya. Memang sih saya akui Paddle Pop Mochi ini memang enak gak heran selalu laris, sebelum ada acara Liburan ke Planet Mochi saya beberapa kali beli Paddle Mochi ini dan anak-anak juga suka banget, gak heran sih kalau laris manis.


Live Zoom Main ke Planet Jupiter

Dan hari Main ke Planet Jupiter bareng Melky Bajaj X Buumi Playscape pun tiba, dari pagi Babang Iyas sudah antusias sekali dan Aa Iyan pun juga ikutan antusias mau ikutan juga. Ya, walaupun saya yakin Aa Iyan pasti bakal jadi tim hore atau tim rusuh nanti haha tapi gak apa yang penting anak-anak senang.



Bermain Membuat Moon Dough

Permainan pertama yang dilakukan di Planet Jupiter adalah membuat Moon Dough dengan bahan yang sederhana. Bahan yang dibutuhkan kebetulan semua ada dirumah, cuma kurang terigu saja karena terigu yang sudah dibeli sebelumnya dipakai masak sama saya hahaha. Tapi sebelum acara di mulai Babang ke warung beli terigunya.



Membuat Moon Dough ini dipandu oleh Kak Dinda dari Buumi Playscape, cara membuatnya pun mudah sekali. Pertama Campur tepung terigu dengan air hangat, tuang air hangatnya sedikit-sedikit saja sambil terus diremas-remas dengan tangan lakukan hingga adonan dough mejadi kalis. Saya sendiri gak ditakar hanya dikira-kira saja.  Lalu tuang bubuk kopi aduk kembali menggunakan tangan sampai tercampur rata.




Jika adonan sudah kalis dan tercampur rata, adona digiling menggunakan rolling pin sampai adonan menjadi pipih agak tipis. Saya tidak punya rolling pin, jadi untuk memipihkan saya menggunakan tangan saja dengan cara adonan diberi plastik kemudian ditekan-tekan sampai adonan menjadi tipis. Setelah adonan pipih kita tinggal bentuk saja, jika tidak punya cetakan bulan bisa menggunakan gelas bermulut bundar kita bentuk jadi bulan sabit. Untuk cetakan untung sih mamah mertua punya banyak jadi pinjem aja.






Manfaat dari permainan Moon Dough untuk anak-anak sangat bagus loh yaitu dapat melatih motorik halus, melatih kemampuan berhitung dan meningkatkan kreativitas anak. Anak-anak senang sekali mengikuti kegiatan ini sampai harus rebutan cetak dough karena memang wadahnya cuma satu hehe jadi mereka harus bergantian mencetaknya. 


Bermain Alien Egg

Permainan kedua di Planet Jupiter adalah membuat Alien Egg atau telur alien, telurnya dibuat dari balon. Untuk balon ini agak susah dapetinnya cari-cari ke beberapa toko buku lagi kosong, sekalinya ada bentuknya love ya sudah lah gak apa yang penting judulnya balon, saya bilang ke Babang telur alien itu gak selalu bulat yaa namanya juga alien. 






Cara bermainnya pertama kita tiup terlebih dahulu balonnya, tidak perlu terlalu besar, kecil aja asal berbentuk telur oh iya jangan lupa isi air terlebih dahulu balonnya sebelum ditiup. Setelah balon telurnya terkumpul simpan dalam ember kalau saya hanya di baskom besar saja. Kemudian ember atau wadah satu lagi diberi air dan dituangkan glitter, saya skip juga untuk glitter karena memang gak ada yang jual disini harus ke toko buku besar.






Setelah semua siap anak-anak diminta untuk memindahkan balon dari wadah ke wadah satunya lagi yang berisi air dan glitter menggunakan kaki. Nah bagian ini seru Babang dan Aa heboh deh, sama saya disuruh sambil hitung jumlah balon eh tapi karena terlalu antusias malah lebih banyak ketawanya hehehe gak apalah yang penting mereka senang.


Bermain Menghias Paddle Pop Mochi 

Sayangnya untuk permainan ini saya dan anak-anak hanya bisa menonton saja, karena sampai hari H kami masih belum bisa mendapatkan Paddle Pop Mochi. Tapi saya akan tetap share ya bahan dan cara bermainnya, siapa tau Moms ada yang mau mencobanya dirumah.



Cara membuatnya mudah sekali pertama campur gula halus dan susu cair, aduk-aduk hingga mengental texturnya. Lalu beri pewarna makanan sesuai selera saja warnanya, kemudian masukan ke piping bag tuangkan ke atas Paddle Pop Mochi. Kalau tidak ada piping bag bisa pakai sendok saja buat menuang si gula. Setelah itu tinggal taburkan meses warna-warni biar semakin cantik deh, siap santap si Mochi. Si Babang ma Aa cuma bisa ngelap iler lihatin ajaa, kata Babang "Nanti mah bikin juga ya Mi kalau udah ada Mochinya" asiapp bang pasti nanti akan dibuatkan juga.


Setelah Menghias Paddle Pop Mochi acara pun Liburan ke Planet Mochi pun selesai dan kembali lagi kita semua ke Bumi. Alhamdulillah anak-anak sangat menikmati acaranya, dari awal sampai akhir acara terus saja heboh. Selesai acara Zoom, balon-balon telur aliennya dibawa sama mereka ke teras rumah dan mereka pun bermain lempar-lemparan balon sampai pada basah kuyup. Kesel sih udah ganteng-ganteng jadi kuyup tapi melihat mereka bahagia ya sudah lah yang penting mereka menikmati liburan kali ini. Bismillah tahun depan kondisi sudah membaik dan bisa liburan keluar kembali.



CatatanRia.com

No comments:

Post a Comment

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V