12/15/18

Tidak Sama dengan Printer Cratridge, Printer Laser Jet Ternyata Punya Kualitas Lebih Bagus

Mengingat ke belakang beberapa tahun silam, saat saya masih single dan masih tinggal di Tangerang, Saya sempat berkerja pada sebuah perusahaan IT. Selama 3 tahun berkerja disana saya hanya menggunakan komputer dengan spesifikasi standar, karena memang pekerjaan saya tidak membutuhkan spek yang tinggi.


Apa saja pekerjaan yang saya kerjakan di Kantor? Ya hanya membuat dokumen, mengedit dokumen, mengirim dokumen, simpan dokumen dan print dokumen. Ya begitu saja setiap harinya, dalam sehari saya bisa mencetak banyak dokumen. Untunglah diruang kerja saya disediakan printer yang memadai dan tidak pernah ngadat jadi urusan print saya selalu lancar.

Pekerjaan yang dilakukan di kantor sekarang ini sangat dimudahkan dengan adanya perkembangan teknologi. Berbagai macam dokumen bisa dibuat dalam jangka waktu yang singkat dan bisa langsung dicetak. Spesifikasi komputer yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor biasa berbeda dengan spesifikasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan kreatif seperti desain, edit video dan lain sebagainya. Bisa dikatakan, spesifikasi untuk menyelesaikan pekerjaan kantor tidak setinggi spesifikasi komputer untuk tujuan yang lain.

Ada banyak sekali jenis hardware yang bisa digunakan agar performa komputer semakin maksimal. Hal terpenting yang harus diperhatikan dalam komputer untuk tujuan apapun adalah kondisi panas yang biasanya terjadi. Bila digunakan secara terus-menerus, bukan tidak mungkin komputer akan mengalami overheat. Hal yang harus diperhatikan adalah dengan selalu melakukan cek pada ​cooling fan. Jangan sampai komputer dilengkapi dengan kipas rusak sehingga tidak bisa digunakan untuk mendinginkan suhu komputer yang sedang digunakan.

Hardware yang digunakan dalam sebuah komputer terdiri dari input device, alat pengolahan dan output device. Salah satu output device yang paling banyak digunakan untuk mengerjakan tugas kantor adalah printer. Ada banyak sekali jenis printer yang bisa digunakan di bumi ini sekarang. Namun, salah satu jenis printer yang sedang naik daun adalah printer laser jet. Printer laser jet berbeda dengan printer ink jet. Perbedaannya terletak pada bahan yang digunakan untuk mencetak dokumen. Bila di printer ink jet menggunakan printer cartridge ​​sebagai teknologi untuk menyemprotkan tinta, maka printer laser jet tidak menggunakan hal tersebut. Printer laser jet menggunakan bubuk sebagai medium mencetak dokumen. 


Printer laser jet sama dengan benda lainnya yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan printer laser jet adalah: 
  • Kualitas dokumen yang dicetak dengan printer laser jet sangat tinggi. Hal tersebut dikarenakan teknologi yang digunakan. 
  • Dokumen yang akan dicetak dengan menggunakan printer laser jet akan memakan waktu yang lebih sedikit atau bisa dikatakan printer laser jet bisa mencetak dokumen dengan lebih cepat bila dibandingkan dengan kecepatan printer yang lain. 
  • Ukuran kertas yang bisa dicetak menggunakan printer laser jet juga beraneka ragam. Hal ini sama dengan jenis ​printer cartdridge​​. Printer tersebut juga memungkinkan Kamu untuk mencetak dokumen dengan berbagai macam ukuran kertas. 
  • Meski harga printer laser jet lebih mahal bila dibandingkan dengan jenis printer yang lain, tapi hal tersebut tidak menutup kemungkinan terhadap keuntungan yang bisa didapat selanjutnya. Banyaknya uang yang harus dikeluarkan hanya sebatas saat awal kepemilikan. Biaya perawatan yang harus dikeluarkan untuk printer laser jet sangatlah minim. Hal tersebut disebabkan karena murahnya bubuk yang digunakan sebagai tinta. 

Selain kelebihan di atas, ada pula kekurangan yang harus Kamu ketahui dari printer laser jet, yaitu: 
  • Hasil foto yang dicetak menggunakan printer laser jet lebih buruk bila dibandingkan dengan ​printer cartridge
  • Ada kemungkinan bahwa hasil yang dicetak akan kehilangan fokus karena kurang presisinya teknologi yang digunakan. 

Bila Kanu ingin membeli sebuah ​printer cartridge​​, Kamu bisa mengunjungi toko online Bukalapak. Bukalapak menyediakan berbagai macam pilihan printer yang  bisa Kamu miliki. Jangan khawatir terhadap harga yang ditawarkan. Akan ada banyak sekali penawaran harga yang menarik sehingga akan semakin memudahkan Kamu untuk memiliki printer. Terlebih dengan gratis ongkir pastinya akan membuat biaya yang kita keluarkan bisa lebih sedikit. 


No comments:

Post a Comment

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V