Featured Post

Cara Mudah Mendapatkan Cuan dari Internet, Cukup di Rumah Aja

Halo kawan semua, gimana kabarnya hari ini? Masih di rumah saja kan? Semoga selalu sehat dan kalau bisa diam di rumah saja ya sementara wak...

5/31/17

7 Pantai yang Menarik dikunjungi Saat di Yogyakarta

Siapa yang suka jalan-jalan kepantai? Sayaaa. Saya termasuk orang yang suka jalan-jalan ke pantai. Rasanya enak saja memandang hamparan laut yang luas, diiringin deburombak, ditambah desiran angin yang sejuk dan pemandangan indah saat matahari terbenam. Sayangnya di Bandung enggak ada pantai jadi sekarang sudah jarang main ke pantai.
Dulu sewaktu tinggal di Tangerang sih masih sukalah main dipantai, tapi sayang pantai di Jakarta dan Tangerang enggak nyaman. Pantainya kurang bersih, banyak sampah berserakan dan airnya pun enggak biru. Padahal yang saya sukai kalau dipantai ya memandang dan bermain air yang biru, seger rasanya.

Daripada galau memikirkan pantai ibukota yang kurang bersih, mending jalan-jalan keluar kota main dipantai yang lebih layak untuk dikunjungin dan bermain bersama keluarga. Salah satunya pantai di Yogyakarta, disana pantainya cukup bersih dan nyaman untuk keluarga.


Inilah beberapa pantai di Yogyakarta yang bisa menjadi referensi untuk kalian kunjungin :

1.    Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis ini merupakan salah satu objek wisata yang cukup terkenal sejak lama. Pantai ini terletak di Bantul. Saya pernah sekali mengunjungi pantai ini bersama saudara sepupu, kebetulan mereka tinggal di Bantul. Mitos yang terkenal dari pantai Parangtritis adalah pantai ini merupakan daerah kekuasan ratu pantai selatan/Nyi Roro Kidul. Kepercayaan orang sana kalau mengunjungi pantai ini jangan memakai baju berwarna merah dan hijau. Ombak di pantai ini juga cukup besar jadi berhati-hati ya jika ingin berenang disini.
2.    Pantai Parangkusumo
Pantai Parangkusomo juga terletak di Bantul, DIY. Konon pantai ini dipercaya merupakan tempat pertemuan Panembahan Senopati dengan Kanjeng Ratu Kidul. Setiap tahunya di pantai ini diadakan Upacara Labuhan oleh Kraton Yogyakarta, yang bertepatan dengan hari lahir sultan mereka. Letak pantai ini tidak terlalu jauh dari Pantai Parangtritis, jika kalian mengunjungi Pantai Parangtritis kalian bisa mengunjungi pantai ini juga.
3.    Pantai Depok
Namanya Pantai Depok tapi lokasinya bukan di kota Depok loh ya, pantai ini terletak di Bantul, DIY tidak jauh dari Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo. Ombak di Pantai Depok juga besar jadi kalian harus berhati-hati ya. Namun kalian bisa bernafas lega karena disana ada petugas pantai dan satuan polisi, mereka pasti akan mengingatkan jika ada bahaya.
4.    Pantai Siung
Pantai Siung terletak di Dusun Wates, kecamatan Tepus, kabupaten Gunung Kidul, DIY. Salah satu daya tarik dipantai ini adalah terdapat tempat panjat tebing dengan 250 jalur berstandar internasional. Yang suka memanjat tebing boleh nih main ke pantai ini. Untuk sampai di pantai ini kalian akan melewati jalan yang menaik dan berkelok-kelok, kalau memakai kendaraan pribadi pastikan cukup kuat ya. Namun sepanjang perjalanan kalian akan disuguhi pemadangan bukit kapur yang ditumbuhi pohon jati, lumayan lah untuk hiburan sebelum sampai tujuan.
5.    Pantai Samas
Pantai Samas terletak di Desa Srigending, Sanden, Bantul. Yang terkenal dari Pantai Samasada lahombaknya yang besar, delta-delta sungai dan danau air tawar yang membentuk telaga, menarik ya. Telaga-telaga tersebut dijadikan tempat pengembangan ikan, penyu, udang galah dan tempat memancing nah yang hobi memancing silahkan mampir ke pantai ini. Selain itu pantai ini juga suka dipakai untuk upacara keagamaan seperti Upacara Kirab Tumuruning Maheso Suro dan Labuhan Sedekah Laut. Pantai Samas terkenal juga dengan pantai berombak besar, angin laut yang kencang, bibir pantai yang curam dan pasirnya yang hitam, unik ya.
6.    Pantai Goa Cemara
Pantai Goa Cemara terletak di Dusun Patihan,Sanden, Bantul. Letaknya berdekatan dengan Pantai Samas. Pantai ini seperti Pantai Samas memilki pasir yang hitam namun lembut dan ombak yang besar. Pantai ini termasuk pantai yang baru dikembangkan, dinamakan Goa Cemara karena disana terdapat banyak pohon cemara udang rindang berbentuk seperti goa. Pohon cemara ditanam dengan tujuan untuk melindungi dari abrasi air laut dan menahan gumuk pasir agar berpindah karena tiupan angin yang kencang. Selain itu pantai ini oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul dijadikan tempat penangkaran penyu-penyu, ada penyu hijau, penyu sisik dan penyu belimbing.
7.    Pantai Baron
Pantai Baron terletak di Desa Kemandang, Kecamatan Tanjungsari, GunungKidul. Nama Pantai Baron ini konon diambil dari nama salah seorang bangsawan Belanda zaman dahulu yang bernama Baron Skeber. Karena Bangsawan tersebut pernah mendaratkan kapalnya di Pantai Baron ini. Pantai ini cocok juga untuk berwisata bersama keluarga karena memiliki fasilitas berupa wahana bermain anak, perahu mesin. Disini juga terdapat pelelangan ikan dan untuk kalian yang suka shopping disini juga terdapat toko-toko yang menjual cenderamata. Pantai Baron juga suka dipakai oleh warga Gunung Kidul sebagai tempat Upacara Sedekah Laut. Dan yang menarik dari pantai ini adalah pantai ini memiliki sungai bawah tanah yang alirannya cukup deras mengarah ke lautan.

Itulah beberapa pantai yang menarik untuk dikunjungi saat berwisatake Yogyakarta. Daripada mengunjungi mall malah bikin pusing, enak main kepantai bisa refreshing dari kepenatan dikota.

Untuk tempat tinggal selama berwisata di kota Yogyakarta, kalian tidak perlu kwatir karena banyak terdapat Hotel yang Murah di Yogyakarta. Tinggal ke Airy Rooms saja. Sebelum kalian ke Yogyakarta kalian bisa booking Hotel/Penginapan murah di Airy Rooms, sehingga saat kalian tiba di Yogyakarta tidak bingung lagi dalam mencari tempat menginap.



Kenapa sih harus booking di Airy Rooms? Nah ini keistimewaan dari Airy Rooms :
•    Hotel Airy Rooms murah dan terjangkau
•   Airy Rooms termasuk jaringan hotel dan guest house terbesar di Indonesia dengan jumlah property yang banyak
•    Memiliki fasilitas yang memadai, ada AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, tempat tidur yang bersih, shower air hangat, air minum gratis dan yang paling kece ada WiFi gratis
•    Mudah dalam pemesanan, dapat dipesan melalui website, Andorid Apps dan IOS Apps
•    Pembayarannya pun mudah. Bisa melalui bank transfer dan kartukredit. Jika tidak memiliki akun bank bisa melalui gerai Indomaret
•    Hotelnya pun mudah ditemukan

Sebentar lagi libur lebaran waktunya cuti panjang nih, yuk mampir main ke pantai di Yogyakarta.



CatatanRia.com

No comments:

Post a Comment

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V