Featured Post

Cara Mudah Mendapatkan Cuan dari Internet, Cukup di Rumah Aja

Halo kawan semua, gimana kabarnya hari ini? Masih di rumah saja kan? Semoga selalu sehat dan kalau bisa diam di rumah saja ya sementara wak...

3/14/17

Panik Ketika Berat Badan Janin dinyatakan Kurang dalam Kandungan

Saat usia kandungan 32 weeks kemarin, kandungan saya ada sedikit bermasalah. Bukan masalah yang besar sih cuma sempat bikin saya jadi kwatir juga. Huff kalau diingat-ingat setiap usia kandungan 8 bulan dari kehamilan pertama selalu saja ada masalahnya. Anak pertama saya lahir prematur diusia kandungan 32 weeks, lalu saat hamil Iyas usia 32 weeks posisi bayi masih sungsang kepala diatas.


Nah kalau kemarin pas USG di usia kandungan 32 weeks, dokter menyatakan bayi saya kecil berat badannya tidak sesuai dengan usia kandungan saya. Waktu itu beratnya hanya 1,6 kg saja, saya shock juga sih mendengarnya. Dokter memberi resep vitamin untuk saya agar berat badan bayi dapat naik cepat, saya disuruh balik lagi 2 minggu kemudian. Tapi saya enggak tebus resepnya, mahal banget vitaminnya 400rb 15 tablet. 

Penyebab janin dengan berat badan rendah
Saya pun sempat googling mencari tahu kira-kira apa penyebab dari janin berat badan rendah, Menurut beberapa artikel yang saya baca penyebabnya ada beberapa macam, yaitu :
1. Ibu hamil terlalu kelelahan
2. Kurangnya asupan gizi pada Ibu hamil
3. Ibu hamil kurang mengkonsumsi air
4. Usia Ibu hamil yang terlalu muda (saya terlalu tua sepertinya hiks)

Memang sih sebelumnya saya terlalu capek karena sok sibuk, membuat saya kurang tidur dan makannya pun kurang. Ternyata berpengaruh untuk janin dalam kandungan saya. Maafkan Umi ya nak, karena terlalu sibuk sampai melupakan kondisi kamu nak.

Menaikkan berat badan janin dalam kandungan
Janin dengan berat badan rendah berbahaya loh, bisa melahirkan prematur seperti pada kehamilan pertama saya. Setelah dinyatakan janin saya berat badannya kurang, sayapun mulai mengubah pola makan saya, yaitu dengan cara:
1. Makan lebih banyak dari porsi sebelumnya, namun tetap karbohidrat dibatasin secukupnya.
2. Makan dengan menu gizi seimbang, saya lebih banyakin lagi makan sayur dan proteinnya.
3. Makan ice cream sehari 3x, ini sangat menyenangkan sekali untuk saya.
4. Minum susu hamil minimal 1x sehari

Lalu setelah 2 minggu jadwal kontrol saya pun tiba. Rasanya deg-degan banget, takut berita enggak enak lagi yang didengar. Tapi Alhamdulillah janin dalam kandungan mengalami kemajuan yang cukup banyak dari 1,6 kg selama 2 minggu naik menjadi 2,2 kg. Menurut dokter berat badannya sudah cukup ideal dan tidak perlu ada yang dikwatirkan lagi. Lega sekali rasanya, akhirnya saya pun sekarang mulai membatasi aktfitas dan tidur yang cukup, tapi sudah tidak konsumsi es krim lagi.

Untuk para bumil walaupun boleh makan apa saja tapi penting ya mak menjaga asupan gizi yang masuk ke tubuh dan perbanyak istirahat.




CatatanRia.com

11 comments:

  1. iya mbak ibu hamil sebenernya boleh makan apa aja bkn kyk orang sakit tp memang ada beberapa pantangan sih misalnya makanan harus well cooked ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah nin klo makan daging harusnya benar2 matang ;)

      Delete
  2. Alhamdulillah udah imbang ya berat badannya. Moga sehat2 terus ya, Mba :)

    ReplyDelete
  3. Sehat2 terus yaa bumil. Aku jg pernah kurang mba. Pas anak pertama. Mkn eskrim lgsg naik. Iyah pas tiap hamil selalu ada cerita yaa. Tapi mba Ria masih seumur kakakku ah,blm tuaaa

    ReplyDelete
  4. Saya waktu hamil hobinya makan eskrim mba, nggak ngeh waktu itu sama efeknya, eh ternyata beneran bikin janin jadi gedean ya :)

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah... lancar sampai waktu lahiran ya Ri... banyakan ice cream emang ampuh banget naikin BB adek bayi.

    ReplyDelete
  6. Saya pernah mba panik dengan hal yang sama, saking takutnya saya makan banyak dan banyak ngemil yang malah akhirnya bikins saya preeklamsi ;(

    ReplyDelete
  7. Sehat terus ya Bumil.. Nanti lahirannya diberi kelancaran dan babynya juga sehat selamat :)

    ReplyDelete
  8. Pas aku Hamil 5bln kmrn katanya dokter janin ku jyga kurang beratnya, sempet khawatie sih. Tapi katanya msh bisa nambah. Smoga sehat Trus ya mba sampe lahiran nanti. Semangat! :) (yuk mampir balik)

    ReplyDelete
  9. jaga kesehatan ya kak, semoga diberi kelancaran dan kesehatan ya sampai lahiran

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V