2/9/16

Serunya Iyas Bermain Petualangan Boci

Sebagai orang tua saya termasuk orang tua yang tidak bisa mengatakan tidak untuk anak memainkan gadget. Pekerjaan saya berjualan online membuat iyas dari kecil sudah familiar dengan yang namanya smartphone, setiap hari saya pasti memegang smartphone. Menurut saya tidak masalah pemakaian gadget pada anak-anak, asalkan ada aturannya seperti jam bermain dibatasi dan filter permainan atau akses yang akan dimainkan anak. Jangan sampai anak memainkan game yang tidak sesuai untuk usianya, misalnya iyas usia belum 21 bulan sudah dibolehkan memainkan game pertarungan haduh bisa jadi pendekar kesiangan nantinya iyas.


Di smartphone saya hanya menginstall aplikasi sosmed yang mendukung jualan online saya dan aplikasi game edukasi anak-anak. Salah satu game edukasi favorit iyas adalah petualangan boci. Petualangan boci adalah sebuah storytelling tentang Boci si bunglon cilik yang berusia sekitar 4-6 tahun, kalau disini masih taman kanak-kanak. Boci ini anak yang memiliki rasa keingin tahuan yang besar, rasa ingin tahunya ini yang membuat Boci bertualang bersama sahabatnya si burung kakak tua bernama Kato.

Tahukah kalian manfaat dari storybook? Berikut manfaat dari interactive storybook

Storytelling
Metode storytelling efektif dalam mendukung proses pembelajaran anak karena dapat membentuk daya pikir, imajinasi dan karakteristik seorang anak. Oleh sebab itu sebaiknya cerita yang diceritakan mengandung moral yang baik. Seperti petualangan boci ini sarat akan nilai moral, pengetahuan dan nilai-nilai dalam hidup.

Menjalin kedekatan antara orang tua dan anak
Keluarga khususnya orang tua memiliki peranan penting untuk perkembangan edukasi dan moral anak kedepannya. Dengan kita melakukan storytelling kepada anak maka akan tercipta komunikasi yang nantinya akan membuat hubungan antara orang tua dan anak semakin dekat. Yang terpenting dalam storytelling ceritakan storybook yang mengedukasi anak seperti storybook petualangan boci ini.

Pengalaman Eksplorasi dan Eksperimen untuk anak
Anak-anak biasanya memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi, yang membuat mereka selalu bereksplorasi dan mencari pengalaman baru. Eksplorasi dan eksperimen merupakan elemen penting dalam tumbuh kembang anak. Petualangan boci cocok sekali untuk anak-anak yang sedang masa bereksplorasi dan eksperimen karena petualangan botchi didesain se-interactive mungkin agar anak-anak dapat terasah melakukan eksplorasi dan eksperimen.

Iyas saat ini sedang suka sekali menulis, segala dicoret-coret sama dia. Mulai dari buku daftar belanjaan warung, karpet diwarung, sampai wajah saya dan kaki dia juga dicoret. Saya tidak pernah melarang dia mencoret-coret karena saya tahu ini salah satu pembelajaran bagi iyas. Karena kesenangannya yang suka mencoret, sayapun install aplikasi dari petualangan boci : Belajar Menulis bersama boci.

Untuk memainkan Belajar Menulis bersama boci iyas masih belum terlalu bisa, mungkin karena berbeda dengan menulis di buku. Namun dia sangat antusias memperhatikan saya memainkan permainan ini, sesekali jari mungilnya mengikuti saya. Permainan Belajar Menulis bersama boci ini sangat menarik, dengan tampilan warna yang colourfull, interactive dan sound yang ceria bikin anak-anak betah memainkannya.

Saat pertama permainan Belajar Menulis bersama boci dibuka akan tampil gambar wajah imut si Boci dan logo dari creator game Boci.

Kemudian masuk kedalam menu permainan dari Belarjar Menulis bersama boci. Akan tampil si Boci yang sedang mengendarai kereta barongsai. Klik play untuk memainkan *yang simbol segitiga*. Iyas senang lihat gambar si barongsainya :) karakter barongsai dalam game ini bisa berubah loh mengikuti hari besar yang ada di Indonesia, berhubung sekarang sedang perayaan imlek maka tema karakter yang tampil adalah barongsai.

Selanjutnya kita diminta untuk memilih kendaraan mana yang menjadi favorit kita, ada tiga pilihan kendaraan yaitu pesawat, kapal dan kereta. Setelah memilih kendaraan yang kita sukai klik tap untuk masuk kedalam permainan.
Tampilan jika memilih kendaraan pesawat
Tampilan jika memilih kendaraan kapal
Tampilan jika memilih kendaraan kereta
Huruf yang diminta untuk ditulis tidak hanya hurup besar saja tapi huruf kecilnya juga ada, jadi anak bisa belajar membedakan dan belajar menulis huruf besar dan huruf kecil.
Kumpulan huruf alfabet membentuk nama ilyas :)
Setiap saya dan iyas berhasil menyelesaikan 5  huruf alfabet maka akan tampil ucapan gembira dari karakter-karakter petualangan boci. Horee iyas berhasil mengikuti dari huruf A-Z.
Serunya memainkan ini bersama iyas, saat bermain saya sambil bercerita seperti saat kereta barongsai saya pun bercerita barongsai itu ada saat hari raya imlek atau tahun baru cina, lalu bla bla bla sepanjang permainan terus bercerita. Kenapa saya memainkannya sembari bercerita karena saat anak tengah asyik bermain maka itu adalah saat yang tepat kita sounding positif ke anak sehingga anak dapat menyerapnya. Lagipula jenuh juga memainkan dari awal sampai akhir hanya diam saja, bisa-bisa iyas memilih untuk bermain sama kuda-kudaannya daripada memainkan petualangan boci.

Selain permainan Belajar Menulis bersama Boci ada game lainnya juga dari petualangan boci, totalnya ada 9 permainan dalam petualangan boci, yaitu :

  1. Belajar menulis bersama boci
  2. Boci Play : Alfabet
  3. Boci Play : Berhitung
  4. Boci Play : Bermain Titik 
  5. Boci Play : Petak Umpet
  6. Boci Play : Tebak Warna
  7. Boci Play : Warna Ajaib
  8. Petualangan Boci : Warna
  9. Taman Bermanin Boci Pasar Malam
Cara mendownload petualangan boci
Untuk bisa mendownload petualangan boci mudah saja, bisa melalui web browser atau langsung dari Google Play atau App Store. Enggak menyesal sudah mendownload game ini, saya jadi bisa memberikan permainan yang edukatif untuk iyas.
Download via mobile browser
  1. Buka halaman pada web browser di smartphone kalian
  2. Pilih game yang akan didownload
  3. Pilih akan menggunakan App Store atau Google Play
  4. Tap tombol untuk mendownload
Download via App Store atau Google Play
  1. Buka App Store atau Google Play di smartphone kalian
  2. Masukan kata kunci "Botchi"
  3. Pilih aplikasi yang akan didownload
  4. Tap tombol untuk mendownload
Jika ingin mendownload permainan Belajar Menulis bersama Boci seperti yang sudah saya mainkan sebelumnya bisa langsung download disini jika menggunkan Google Play. nggak perlu bingung lagi jika ada waktu kosong bersama si kecil disaat jenuh dengan permainan yang ada, tinggal mainkan saja petualangan boci. Iyas saat ini sedang masa golden age, jadi saatnya saya memberikan nutrisi terbaik untuk iyas, activities dan permainan yang edukatif untuk iyas. Tidak ada salahnya sesekali diwaktu kosong iyas bermain sambil belajar dengan menggunakan gadget.



CatatanRia,com

5 comments:

  1. Iyas, kecil2 uda gadgetan yaaa.. Heheuu..boci ini kayanya developernya orangkita yaq mbq

    ReplyDelete
  2. Game petualangan Boci ini amn buat anak2. Karena sangat mengedukasi ya Mba..

    ReplyDelete
  3. Asyik ya, bisa belajar sambil bermain.
    Keponakanku juga suka petualangan boci :)

    ReplyDelete
  4. waaa boleh nih install buat ahza..
    makasih ya mba infonya :)

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V