Featured Post

Cara Mudah Mendapatkan Cuan dari Internet, Cukup di Rumah Aja

Halo kawan semua, gimana kabarnya hari ini? Masih di rumah saja kan? Semoga selalu sehat dan kalau bisa diam di rumah saja ya sementara wak...

8/5/15

Mudik Lebaran 1436H

Mudik tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Kalau tahun lalu mudiknya pas lebaran kedua, lebaran pertama kami di Bandung. Tahun ini saya mudik sudah sejak sebelum bulan puasa karena saya kangen banget sama suasana puasa dan lebaran di Tangerang. Tapi hanya saya dan iyas saja yang mudik dari sebelum puasa, kalau suami baru menyusul beberapa sebelum lebaran karena kan harus kerja dulu. 
pic random google
Tahun lalu iyas masih berumur 3 bulan, pinter dulu enggak rewel cuma bobo sama nyusu. Tahun ini pas mudik iyas sudah 13 bulan, rewel sih enggak cuma ya itu enggak bisa diem. Sempet mabok juga iyasnya tapi cuma sekali aja muntahnya, kayaknya nurunin saya dulu juga suka mabok hihihi. Awalnya perjalanan sih tidur tapi ditengah perjalanan bangun terus main deh, untung maennya anteng duduk dibangku enggak minta jalan bisa rempong deh kalau minta jalan dalam bis. Iyas suka sekali duduk melihat pemandangan dari jendela, nah ini juga mirip saya nih dulu waktu kecil biar enggak mabok saya liat pemandangan diluar.

Saya mau bagi-bagi tips nih tips berpergian jauh membawa bayi/batita mudah-mudahan bisa berguna bagi nusa dan bangsa *halah lebay*
  1. Yang wajib dibawa dan ditaruh ditas yang mudah dibuka popok beberapa buah karena yang namanya bayi enggak pernah tau kapan dia mau pup hehehe. Tapi iyas dari bayi kalau diajak berpergian enggak pernah pup. Terus tisu basah, tisu kering, baju salin, minyak telon, Selain itu makanan dan susu juga penting. Untuk bayi Asi lebih mudah enggak perlu bawa botol susu. Makanan yang dibawa yang mudah dimakan aja seperti sayuran kukus atau buah-buahan, bawa snack juga seperti biskuit jaga-jaga kalau dia menolak makanan. Kalau untuk bayi yang masih makan bubur halus bisa bawa kayak kentang kukus, ubi kukus, pisang, semangka, melon, dll pokoknya yang mudah dihaluskan dengan garpu/saringan.
  2. Bawa pakaian yang sekiranya perlu saja, kan nanti bisa cuci ditempat mudik pakaian bayi biasanya cepat keringnya. Kayak perlengkapan mandi saya enggak bawa, handuk bisa pakai yang ada dirumah tempat mudik, sabun dan shampoo bisa beli kan di mini market. Setidaknya bisa meringankan bawaan, soalnya kalau bawa bayi bawa barang banyak itu ribet kasihan suami yang bawa.
  3. Kalau anak suka mabok jangan lupa bawa kresek hehehe. Saya sih enggak pernah kasih iyas obat anti mabok. Paling sedia minyak telon aja, saya balur dibadannya.
  4. Pakaikan bayi/batita pakaian yang nyaman saat perjalanan, sesuaikan dengan kondisi.
  5. Bawa mainan kesukaan si kecil, bisa dipakai kalau si kecil rewel
  6. Untuk bayi sudah mpasi bisa bawa slowcooker 0,7l kecil jadi bisa dimasukin tas. Jadi ditempat mudik kita tetap bisa masakin mpasi homemade jadi enggak deh alesan mpasi instan hehehe. Kalau nginepnya dihotel bawa juga saringan, pisau kecil buat pendukung saat nyiapin mpasi. Tapi kalau nginepnya dirumah bisa pakai alat yang ada dirumah.
  7. Selain mainan kesukaan bawa juga benda kesayangan si kecil. Kayak iyas kalau tidur maunya nenen sambil pegangin selimut, jadi saya bawa deh selimutnya.
  8. Bawa juga obat-obatan seperti obat panas, karena namanya anak kecil suka tiba-tiba panas. Sebaiknya sebelum pergi mudik pastikan si kecil dalam keadaan benar-benar sehat, karena perjalanan pasti akan membuatnya lelah.
Sekian tipsnya hihihi. Ini sudah ketiga kalinya iyas ke Tangerang Alhamdulillah iyas enggak rewel diperjalanan. Cuma rewel pas sampai dirumah orang tua saya, mungkin karena suasana baru beberapa hari dia udah bisa beradaptasi. Iyas ini tipe anak yang pemilih kalau dipegang, awalnya agak kerepotan sih saya karena iyas nempel terus. Tapi seiring berjalan waktu iyas mulai mau dipegang sama eyang kung dan eyang ti.

Oh iya pas akan pulang ke Bandung Iyas jadi rewel banget nangis terus enggak jelas nangisnya, kata eyangnya mungkin belum mau pulang. Akhirnya saya bilang ke iyas pulangnya diundur jadi sabtu, eh kayaknya dia ngerti berhenti deh rewelnya. Entahlah ini hanya kebetulan saja atau memang betul. Sebenarnya saya juga sih belum mau pulang hahahaha habis enak sih liburan enggak mikirin kerjaan rumah, disana saya dimanjain sama orang tua jadinya betah deh.



Corat - Coret [Ria]

6 comments:

  1. bawa anak kecil barang bawaan pastinya lebih banyak ya buat jaga-jaga

    ReplyDelete
  2. nah iya baju sekiranya aja :) karena berat bawanya.. kalau mudik seminggu cukup bawa baju 2 sampai 3 pasang aja :D

    ReplyDelete
  3. nah iya baju sekiranya aja :) karena berat bawanya.. kalau mudik seminggu cukup bawa baju 2 sampai 3 pasang aja :D

    ReplyDelete
  4. asyiiik :D wah, jadi kebayang kakak udah jadi ibu sekarang *telat mengetahui itu*... mudiknya tambah seneng soalnya sambil bawa iyas di bus... hihihi... hai iyaas :D huhu dulu aku juga galak kak pas kecil, disapa doang aja langsung teriak. eh, gedenya nih gak gitu lagi kok wkwkwk

    ReplyDelete
  5. Ria masih tinggal di Bandung ya, kopdaran yuk ..

    ReplyDelete
  6. Faaz juga kemarin mudik, Alhamdulillah di jalan anteng, malah tidur kirain diayun kalii, padahal ombak, heheehh

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V