10/4/11

Yang didapat anak-anak sekarang

Hari-hariku sekarang lebih sering aku habiskan di rumah temanku Eswe, iya dirumah dia ada warnet. Aku kadang suka bantu dia jaga, ya hitung-hitung gratisan maen juga akunya hehe habis sudah frustasi dengan koneksi dirumah yang semakin hari semakin melambat saja. Warnet temanku ini baru buka bulan ramadhan lalu, pengunjungnya lumayan ramai ya rata-rata yang datang anak-anak kecil semua kira-kira anak SD sampai SMP. Jadi bisa terbayang bagaimana berisiknya diwarnet.

Pernah suatu hari aku jaga warnet kebetulan temanku lagi mau pergi ke pasar sebentar. Saat itu aku memilih untuk duduk di user lagi malas duduk di operator. Saat aku tengah asyik bermain game di Facebook, tiba-tiba datanglah segerombolan anak-anak, yang main sih cuma satu dua orang saja tapi pengawalnya banyak. Iya jadi anak-anak yang datang ke warnet kadang gak maen internet cuma maen aja sama teman-temannya. Lari-larian maen ejek-ejekan, haduh aku duduk kebetulan dekat pintu keluar setiap anak-anak berlarian dibelakangku dug dug dug seperti gempa kenceng banget mereka larinya, belum lagi mereka main ejek-ejekan nanti ada yang marah dan nangis tambah lah lagi berisik. Anak-anak sekarang juga suka ngomongnya dengan bahasa yang kasar seperti A*j**g atau t*i kata-kata seperti itu sering sekali keluar dari mulut mereka. Kalau aku tegur mereka tidak menanggapi. Sungguh memprihatinkan bahasa anak-anak sekarang, entah siapa yang mengajari mereka bahasa seperti itu. TV kah? Internet kah? atau dari lingkungan keluarganya sendiri? Entahlah...

Dan ada lagi kejadian memprihatinkan juga saat aku lagi jaga warnet kemarin-kemarin ini. Temanku lagi ngantuk tidur ya aku jaga warnet sambil biasa bermain game di facebook. Saat aku tengah asyik bermain, ada salah seorang anak menyetel lagu, lagu yang diputar sama dia aku sih kadang suka dengar mereka putar tapi sebelumnya aku tidak terlalu mendengarkan isi liriknya, karena biasa mereka putar dari HP mereka (wah anak SD udah punya HP juga) jadi tidak terlalu jelas suaranya. Dan kemarin anak itu memutar lagi di PC dia dengan speaker cukup kencang, aku mendengar sangat jelas sekali isinya. Astaghfirallah, aku saat itu pengen marah sama anak-anak itu tapi aku malah diam ah bodohnya aku saat itu, ya saat itu aku gak marahin mereka karena aku ingat itu kan warnet punya temanku kalau nanti anak-anaknya jadi takut karena aku marahin dan gak balik lagi ke warnet temanku kasihan nanti temanku kehilangan user. Kalian mau tau lagunya seperti apa? silahkan saja lihat lagunya disini .

Aku tidak tau siapa yang menciptakan lagu itu, memang secara musik enak didengar tapi liriknya benar-benar bisa merusak moral generasi muda sekarang. Yang aku lihat kemarin anak-anak diwarnet begitu fasih menyanyikan lagu itu dan bahkan anak yang lain minta diputar ulang. Aku sungguh prihatin sekali dengan adanya lagu seperti itu takutnya bisa mempengaruhi anak-anak. Kemarin aku lupa memberi tahu ke temanku malah pulang akunya, tapi nanti insyaAllah aku mau beri tahu ke temanku karena kan dia yang punya warnet jadi dia yang lebih berhak memberi peringatan ke anak-anak itu. Siapapun yang sudah menciptakan lagu itu semoga mendapat hidayah. Disini aku bukan mau menjadi orang yang sok suci, ini hanya wujud keprihatinanku. Aku juga tidak bermaksud menulis berbau SARA, aku berharap semoga dengan ini kita sebagai orang yang lebih tua bisa lebih waspada dan memberi pemahaman ke anak-anak kita atau adik-adik kita kalau lirik lagu seperti itu tidak baik.



Best Regards,
Corat - Coret [Ria Nugroho]

14 comments:

  1. Lagu selinting ganja? Aku belum pernah dengar lagunya, bahkan aku juga baru tahu ada lagu dg judul spt itu.
    Kasihan sekali jika lagu spt itu menyebar luas karena bisa merusak mental anak2. :(

    ReplyDelete
  2. Asstagfirullah, liriknya sangat tidak cocok untuk anak-anak ya

    ReplyDelete
  3. wah, aku belum pernah denger lagunya dan gak mau. sedih juga ya anak2 sekarang bebas banget :( bukan HP/PC'nya yang salah, tp kurangnya pengetahuan/kemauan ortu/guru mencegah. harusnya anak2 dikasih pemahaman kalau HP/PC itu gunanya buat bantu hidup kita lebih mudah dan positf, bukan malah merusak.
    oya, tadi aku baru baca komennya mbak, hehehe. aku sama ray bukan pacaran lg. sejak maret 2010 kami sudah tunangan :) langgeng ya sama pacarnya. amen :)

    ReplyDelete
  4. Pencarian jati diri anak muda sekarang emang banyak yang lebih mengarah ke yang negatif

    ReplyDelete
  5. Kesalahan persepsi orang tua sekarang adalah SAYANG = MEMBERIKAN SEGALANYA.

    Selain itu juga orang tua suka sekali menyerahkan pendidikan kepada guru. Padahal orang tua adalah pilar utama pendidikan anak.

    Nah, hasilnya bisa dilihat sekarang di sekitar kita. :D

    ReplyDelete
  6. memang sekarang sudah tidak ada lagi media yang khusus untuk anak2.. kalopun ada, tidak sepopuler dulu..

    ReplyDelete
  7. anak-anak sekarang kecil-kecil dah pandai main internet,love,peace and gaul.

    ReplyDelete
  8. segelinting ganja???
    Hhahha..kayaknya bagus tu lagu :D
    donlot dulu ah.
    wkwk.. ^,^v

    ReplyDelete
  9. menurut pendapatku itu pengaruh teman2 nya yg berperilaku buruk, jadi mereka terbiasa mengucapkan kata2 kotor

    ReplyDelete
  10. wah kalo internetnya dijaga ama mbak, saya juga betah serig ngenet kesana :p

    hm..emang kalo tau konsumen kebanyakan anak-anak, dari pihak penyedia jasa sendiri mesti memberi proteksi

    ReplyDelete
  11. Wah, klo lagunya...Bang Pendi kayaknya baru tau nih, parah memang...! tapi klo anak2 maen diwarnet, beeuuh...kadang2 Bang pendi jadi sebel karena sering kagak kebagian tempat...hehe

    ReplyDelete
  12. wah mba aku baru tau ada itu juga, lagu macam apa itu.. save our children :(
    anak2 sekarang pengaruhnya mengerikan

    ReplyDelete
  13. Sama, Kak.. Aku juga prihatin sama anak-anak zaman sekarang, suka berkata kotor dan kasar, lagunya cinta-cintaan, dsb. Beda banget sama anak-anak zaman dulu.

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V