Featured Post

Cara Mudah Mendapatkan Cuan dari Internet, Cukup di Rumah Aja

Halo kawan semua, gimana kabarnya hari ini? Masih di rumah saja kan? Semoga selalu sehat dan kalau bisa diam di rumah saja ya sementara wak...

10/6/11

Bukan Alamat Palsu

Alamat Palsu?? Lagunya Ayu Ting Ting donk?
Hehehe gak koq aku sekarang gak akan membahas tentang fenomena Alamat Palsunya Ayu Ting Ting. Aku cuma mau pinjam ketenaran judul lagu Alamat Palsu, siapa tau nanti jadi bisa terkenal seperti Ayu Ting Ting *ngayal in action*. Tapi apa yang aku tulis saat ini ada hubungannya dengan kepalsuan, apa yang palsu, alamatkah? cinta palsu? atau rambut palsu. No.. No.. bukan tentang itu juga palsu yang aku maksud disini tentang penipuan. Yups dalam semingguan ini aku mendapat sebuah kepalsuan eh penipuan.

=========================

Yang pertama, kejadian ini terjadi tanggal 28 September 2011. Tiba-tiba handphone shurtiku berbunyi dari nadanya aku tau ini SMS, saat kulihat dari nomer yang tak dikenal 0857877018480 yang isinya

"Krm ke BNI aja a/n Ayu suryani, no rek 0215891174, klo sdh kirim kabarin ya!"
Tadinya kupikir ini hanya SMS salah alamat saja. Tapi ternyata pemikiranku sepertinya salah soalnya pas aku lagi main kerumah temanku, dia juga mendapat SMS yang sama denganku tapi berbeda nomer HP dan Nomer rekeningnya. Wah aku baru sadar berarti kemarin itu bukan SMS salah alamat tapi sepertinya SMS penipuan modus baru penggantinya mama minta pulsa.
sms yang masuk ke HPku

Mungkin yang menjadi sasaran dari SMS ini adalah orang-orang yang suka trasfer-transfer misalnya orang yang suka berbelanja online. Begini contoh kasusnya; Seorang pembeli belanja di sebuah toko online lalu dia sudah deal dengan jumlah harga dan mendapatkan nomer rekening si penjual, namun karena kesibukan dia lantas tak langsung transfer, nah kemudian masuk SMS persis seperti yang diatas pasti kan nanti si Pembeli berfikir kalau si Penjual mengganti nomer rekeningnya. Bisa bahaya kalau si Pembeli langsung transfer aja ke Rekening tersebut tanpa menanyakannya lagi ke toko online.
Hati-hati ya kalau menerima SMS sepeti itu tapi sepertinya gak bertahan lama SMS penipuan seperti itu karena tadi aku coba search di google nomer rekening 0215891174 dan ternyata sudah banyak yang memberitakan tentang penipuan ini. Semoga saja orangnya tertangkap dan kapok deh.

=========================

Lanjut ke penipuan yang kedua. Masih sama ini penipuan dari SMS juga. Pada tanggal 2 Oktober 2011 handphone shurtiku berdering lagi tanda SMS masuk, dan kulihat pengirimnya gak ada nomernya jadi pengirimnya bernama SID@MUNCUL, isi SMSnya
"(SIDOMUNCUL) Selamat! Sim Card anda mendptkan CEK TUNAI Rp. 15jt, dr KukuBima ENER-G!. Info lengkap hub kantor: PT. SIDOMUNCUL 021-36815966"
Dapet 15jt aku langsung seperti orang kerasukan loncat-loncat lanjut guling-guling dan berakhir kejedot tembok dan baru deh aku tersadar dari kerasukan hehehe. Iya aku sadar koq kalau itu SMS penipuan mana mungkin dengan baik hatinya Sidomuncul memberikan aku uang 15 jeti, make produknya aja aku jarang. Penipuan yang kali ini lebih canggih dari biasanya, kenapa bisa canggih? Coba saja lihat pengirimnya bisa bernama SID@MUNCUL (gak bisa direply smsnya) jadi kan seperti SMS asli dari perusahaannya. Aku juga sudah search keyword SID@MUNCUL ternyata sudah banyak juga yang menulis tentang penipuan ini ckckck, koq gak kapok-kapok ya orangnya masih terus mencari mangsa baru.

sms yg masuk ke hpku jg dari sid@muncul

=========================

Dan terakhir penipuan kali ini bukan SMS lagi, handphone shurtiku tidak mendapat penipuan lagi. Kali ini melalui telepon rumah. Tadi pagi sekitar jam 9 aku yang lagi asyik terlelap dalam tidur tiba-tiba terbangun mendengar suara mencurigakan, ya aku mendengar bapakku lagi mengobrol sama orang ditelepon tapi koq topiknya mencurigakan. Akhirnya aku berusaha mengumpulkan nyawa dan keluar kamar untuk mendengarkan lebih jelas apa yang sedang diobrolin sama bapak.

Begini ilustrasi penipuannya, pertama ada orang yang menelfon kerumah dan mengaku namanya Bapak Irawan dari kantor telkom pusat, dia memberitahukan kalau nomor telefonku beruntung undian mendapatkan Yamaha Mio. Lalu si Irawan itu nyuruh bapak nelfon ke Pak Joko di nomor 33847543 untuk pengurusan hadiah. Dengan percayanya bapak menelfon Pak Joko di nomer tersebut, dengan mulut manis semanis pare si Joko itu mencoba membuat bapak percaya iming-iming yamaha Mio. Katanya bapakku disuruh siapin fotocopy KTP, KK, bukti pembayaran telfon terakhir dan 2 buah Voucher Simpati sebesar 100rb. Kenapa Simpati? Katanya sih hadiah itu sponsor dari Simpati makanya disuruh beli vouchernya. Setelah telepon selesai, aku langsung marahin bapakku sengaja dengan nada keras (tapi gak kekerasan) maksudnya biar bapakku sadar gak terhipnotis kata-kata manis pare si Joko itu.

Alhamdulillah bapakku mau nurut apa yang aku bilang untuk gak membeli voucher itu, kalau memang hadiah itu benar nanti aja kasih vouchernya kalau barangnya sudah datang. Soalnya modus penipuan ini kedua kalinya terjadi dirumahku cuma bedanya waktu dulu mamaku kena dia percaya sama orang itu dan memberikan nomer seri voucer simpatinya, hanguslah duit 200rb namun Yamaha Mio sampai sekarang tak kunjung datang. Anehnya koq ya bapakku percaya lagi padahal kan dulu udah pernah terjadi. Sepertinya penipuan seperti ini mudah sekali kalau yang kena itu orang-orang tua.

Kata bang Napi dulu "Kejahatan bisa terjadi dimana saja Waspadalah Waspadalah"





Best Regards,
Corat - Coret [Ria Nugroho]

29 comments:

  1. aku gak heran lagi sama yang beginian.. soalnya aku dan temen2 juga sering dapet sms serupa, mbak.

    perasaannya tuh kengkel aja. Indonesia udah merdeka, eh masih ada orang yang membodohi (pengguna HP) pake cara modus penipuan begini.

    hancur dunia persilatan.. XD

    ReplyDelete
  2. yang rekening itu gua juga dapet SMS nya. Ada aja ya modus baru buat nyari duit kotor.

    ReplyDelete
  3. saya terima broadcast mengenai ini katanya jangan direply karena akan otomatis REG dan memotong pulsa.
    hari ini saya sudah terima 3 sms semacam ini

    ReplyDelete
  4. iya sekarang banyak sekali penipuan lewat sms. aku juga sering dapat sms yang ga jelas yang mengatas namakan sebuah produk tp aku ga peduliin. soalnya ga ada yang peduli sih ma aku.hehhehhehehhehe

    ReplyDelete
  5. Barusan aja mbak, adek saya dapet SMS yang sama kayak yang mbak alami. Disuruh ngirim uang ke rekening entah siapa itu...
    Bener2 udah edan nih zaman.. -_-

    ReplyDelete
  6. wah wah wah itu kejadiannya beruntun ya?
    parah dah penipuan jaman sekarang
    nyari duit haram ckck

    ReplyDelete
  7. udah pernah dapet beginian.. kalo yang transfer duit BNI itu kayaknya nyasar ke banyak nomer, siapa tau ada yang berencana mau trf uang trus dapet SMS itu makanya kayak jebakan betmen.. untung2an.

    ReplyDelete
  8. TFS.. dimana-mana ya.. masih aja ada yg usaha kayak gitu..
    moga2 kita selalu waspada

    ReplyDelete
  9. waspadalah...karena penjahatnya sudah diketahui dan tak diapa-apakan karena mereka ternyata sudah dipenjara. jadi, para tukang tipu itu ternyata para napi di penjara, ini menurut berita di koran kemarin

    ReplyDelete
  10. iya bener Ria, penipuan penipuan jadul kayak gitu, biasanya yang kena orang orang tua, yang anaknya kuliah di luar kota, atau tinggal di dalam kota,

    teringat tadi malam, Fery (orangtuanya berpisah, sehingga ia tinggal sama opungnya aka neneknya), main ke rental bawa laptop yang mau dipasang anti virus, terus dia cerita, kalo sore tadi opungnya baru kena tipu, sama, dari telkom, tapi ini hadiahnya mobil. karena Fery kuliah, dan tidak ada siapa siapa di rumah, maka lenyaplah uang rp 300 ribu yang berupa voucher simpati.

    halah halaaaah, mungkin ada unsur hipnotisnya juga ya Ria.?

    mudahmudahan cepet ditangkep deh pelakunya..

    ReplyDelete
  11. waahh, penipuan,,
    dini juga suka belanja online mbak,,
    mesti hati2 ni,,

    ReplyDelete
  12. Akhir-akhir ini memang banyak sekali kasus penipuan lewat SMS. Mungkin sudah sejak dulu, ya.. kalau aku sih, tidak punya HP, tapi suka mainin HPnya Fiqor.. dulu aku punya, sekarang nggak.. Aku lebih suka KOMPUTER!!

    ReplyDelete
  13. skrg orang nipu makin pinter2 y mb...moga@ qt jg makin pinter utk gak kejebak
    =D

    ReplyDelete
  14. hwarakadaaaaah!
    yg demen belanja online harus hati2 tuh!

    modusnya mah ada2 aja ya :"(

    ReplyDelete
  15. saya baru banget dapat sms kirim ke norek berikut
    awalnya dikira dari ortu tapi dipikir2 aneh juga ortu minta transfer uang dari saya
    ada aja ya kreatif tuh makin lama para penjahat

    ReplyDelete
  16. Mungkin... Ayah Mbak memang berharap...? ^^

    ReplyDelete
  17. Penipuan emang sekarang modusnya macem2 ya...
    Yang jelas akhir2 ini spt yg hangat diberitakan adalah tersedotnya pulsa akibat SMS2 yg gak jelas itu.

    BTW, Ayu Ting2 dg alamat palsunya aja bisa laris manis ya? Apalagi kalau yg dibawa alamat asli.... hehehe

    ReplyDelete
  18. ada-ada aja ya orang cari duit dgn jalan enggak halal gitu

    ReplyDelete
  19. intinya jgn dibalas atau diikutin perintah disuruh ketik apa dstnya. kalo gak bisa kesedot pulsanya

    ReplyDelete
  20. hati-hati mbak sekarang lagi marak nich beritanya.love,peace and gaul.

    ReplyDelete
  21. "Krm ke BNI aja a/n Ayu suryani, no rek 0215891174, klo sdh kirim kabarin ya!"

    itu model penipuan baru mbak.. Kalo mbak bales tuh SMS, pulsa mbak akan otomatis sering kesedot. Kayak SMS Premium gitu. Dan parahnya, gak bisa di UNREG!

    ReplyDelete
  22. ayahku juga sering dapet sms yg transfer2 itu tante....

    ReplyDelete
  23. iya neh,,hari2 ini makin marak aja Penipuan lewat SMS gituan... Ayas juga pernah kok, tp langsung Gue End deh!!
    Katanya kalo Kita secara gak sengaja Mereplay SMS tersebut, maka PULSA Kita akan disedot sampk Abis,,gak bs diEnd lo!!!
    BERBAHAYA BGT tuh,,,

    ReplyDelete
  24. Inilah dampak dari kemiskinan dan ketidakadilan dari negara kita, banyak yang melakukan kejahatan. Kapan ya indonesia bisa berubah?

    ReplyDelete
  25. saya paling sering dapat yg mama papa.....
    kemarin malah asuransi....
    gile kok tu operator...
    pelanggan malah gak dilindungi....
    :P

    ReplyDelete
  26. barusan ane jga hampir ketipu tuh dri nomer 33847543 itu, yg terima telp nyokap ane, bener" hampir serupa jga lho kejadiannya, cman ktnya yamaha mionya diundi gtu di acara trans tv :)) nyokap ane mpe berani nelp ke nomernya langsung nanya" prosedurnya nanti gmna aj ehh pas diminta voucher 100rbnya nyokap ane lngsung spontan bilang ke penelponnya ini beneran ga? mpe nyokap ane pura" bilang dia kerja di trans tv gtu ane ngakak :)) ehh lngsung ditutup telponnya :)))

    ReplyDelete
  27. barusan ane jga hampir ketipu tuh dri nomer 33847543 itu, yg terima telp nyokap ane, bener" hampir serupa jga lho kejadiannya, cman ktnya yamaha mionya diundi gtu di acara trans tv :)) nyokap ane mpe berani nelp ke nomernya langsung nanya" prosedurnya nanti gmna aj ehh pas diminta voucher 100rbnya nyokap ane lngsung spontan bilang ke penelponnya ini beneran ga? mpe nyokap ane pura" bilang dia kerja di trans tv gtu ane ngakak :)) ehh lngsung ditutup telponnya :)))

    ReplyDelete
  28. wah ternyata hari ini tanggal 2 september 2013, terjadi kejadian yang sama di mana istri saya di telpon seseorang yang mengaku dari telkom pusat dan nomer telpon saya dapat hadiah undian berupa yamaha mio.... parah ini penipu kok modus operandinya sama persis dan nomor teleponnya juga masih sama,. yaitu 33847543 , untung istri saya telpon saya dulu akhrinya gak jadi itu penipu dapat voucer simpatinya.... kayaknya kita mesti bikin kapok nih orang... thanks atas sharingnya jadi lebih yakin nomer telepon penipu itu bener ada dan masih dipake

    ReplyDelete
  29. Tadi pagi saya juga dapat telp ttg hadiah yamaha mio. Di suruh telp ke 33847543. Info nya hadiah undian ulang tahun Telkom. Double check ke 147, ternyata penipuan :)

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V