3/18/18

Piring Gizi Seimbang Menu Wajib untuk yang Tersayang

Kasih Ibu sepanjang masa, betulkah?

Betul banget donk, cuma Ibu yang selalu ada jika ada anggota keluarga yang sakit. Hanya Ibu yang selalu rela menghabiskan waktu untuk mengurus rumah dan keluarga. Ibu juga lah yang selalu memberikan yang terbaik untuk keluarga, termasuk urusan makanan yang bergizi.



Sebagai seorang Ibu saya sangat memperhatikan sekali asupan makanan yang baik untuk keluarga. Karena menurut saya untuk hidup sehat, ya berarti harus dimulai dari makanan yang sehat. Saya selalu menerapkan pola gizi seimbang setiap harinya, terutama untuk anak-anak karena mereka dalam masa pertumbuhan sehingga membutuhkan asupan gizi yang baik untuk pertumbuhan mereka.


Baca juga : Hidup Sehat dengan Gizi Seimbang

Apa sih gizi seimbang?   

Gizi seimbang adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung banyak zat gizi dalam jenis dan jumlah yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Biasanya satu piring gizi seimbang itu terdiri dari vitamin dan mineral biasanya bisa didapat dari buah dan sayuran, karbohidrat biasa didapat dari nasi, protein hewani yang biasa didapat dari daging-dagingan, protein nabati biasa didapat dari kacang-kacangan seperti tahu dan tempe.

Kalau sayuran dan buah kan mengandung vitamin yang baik untuk tubuh dan juga mengandung serat tinggi yang bagus untuk kesehatan tubuh. Lalu karbohidrat berguna untuk menambahkan energi bagi tubuh.

Lalu bagaimana dengan protein? Apa manfaat protein bagi tubuh?

Tentunya protein juga memiliki manfaat yang penting juga untuk tubuh, berikut diantaranya beberapa manfaat protein bagi tubuh :

1. Protein dapat meningkatkan kesehatan kulit, rambut dan otot. Nah, yang mau selalu tampil cantik harus selalu konsumsi protein ya.
2. Protein juga merupakan sumber energi bagi tubuh. Biasanya orang yang sedang diet akan mengganti sumber energi dari karbohidrat dengan protein.
3. Protein dapat menjadi zat pembangun tubuh.
4. Protein pun dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita, kekebalan tubuh yang baik akan membuat kita terhindar dari berbagai penyakit.

Pic from FB So Good

Untuk protein hewani saya biasanya pakai produk So Good. Kenapa So Good? Karena memang keluarga saya suka sekali dengan produk dari So Good ini, terutama si Babang suka sama nugget So Good. Jadi saya pun selalu stock nugget So Good dirumah, nyetocknya juga ganti-ganti nuggetnya biar enggak bosen orang rumah makannya. Untungnya nugget dari So Good memiliki varian yang banyak jadi enggak bosen beli yang itu-itu saja.


Produk So Good enggak hanya produk siap masak saja loh, ada juga So Good ayam potong, terkadang saya juga membelinya. Ada yang suka dari ayam potong So Good ini, potongan ayamnya itu loh gede montok-montok puas deh makannya. 


Kenapa pilih So Good?

Saya percaya dengan So Good dapat memenuhi menu piring gizi seimbang untuk keluarga saya. Yang membuat saya merasa aman mengkonsumsi produk dari So Good karena So Good sudah berlabel halal MUI dan sudah terdaftar di BPOM sehingga saya tidak kwatir menyajikannya untuk keluarga. Zaman now kan banyak makanan yang di otak-atik dari enggak layak makan dijadikan layak makan hii serem jadi mending cari yang aman dan terpercaya saja deh.


Dari banyaknya varian So Good Babang Iyas paling suka nugget dino dan stick yang original, kalau dino dia suka bentuknya dan kalau yang nugget stick ayamnya berasa banget jadi enggak berasa nugget rasa tepung. Soalnya ada beberapa nugget yang harganya enggak berbeda jauh tapi lebih berasa tepung daripada ayamnya dan Babang pun enggak suka, makanya enggak beralih deh dari So Good. Yah namanya juga emak, emak mah cari amannya aja yang anak suka jadi pasti dimakan hehehe.

Lalu piring gizi seimbang untuk Babang Iyas seperti apa?

Ah saya mah bukan koki yang handal, yang bisa memasak macam-macam ala restoran. Yang saya berikan ke Babang Iyas setiap harinya ya masakan rumah biasanya saja, seperti kemarin saya masakin sayur sop tahu dan nugget saus tomat. Tentunya ditemani buah dan nasi juga. Makanan sederhana seperti ini juga sudah memenuhi kecukupan gizi seimbang dan sudah 4 bintang juga lagi. Menu 4 bintang apa saja itu? Ada nasi sebagai karbohidrat, buah dan sayur sop tahu sebagai vitamin, mineral dan protein nabati (si tahu), nugget saus tomat sebagai protein hewani. Lengkap kan, menu sederhana gini aja bikin si Babang kalap makannya.


Kenapa nuggetnya pakai saus tomat?

Babang suka kalau dibikin saus tomat, tapi kadang juga hanya digoreng aja sih nuggetnya. Kebetulan aja si Babang yang request minta pake saus tomat. Ada yang mau resepnya? Saya share deh siapa tau ada yang mau bikin juga. Gampang sih bikinnya, yang koki handal mah merem juga langsung jadi hihihi.


Resep Nugget Saus Tomat

Bahan

4 buah Nugget Stick So Good, goreng
1 buah Tomat, cuci buang bijinya lalu parut
1 sdt Saus Tomat
1 sdm Irisan Bawang Bombay
1 siung Bawang putih kecil, cincang kasar
Mentega untuk menumis

Cara Membuat
1. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan berubah warna
2. Masukkan tomat yang sudah diparut dan saus tomat, beri air secukupnya. Aduk rata, biarkan air agak menyusut dan mengental.
3. Matikan api, masukkan nugget aduk rata.

Resep ini untuk satu kali makan Babang Iyas, Babang sih cuma makan tiga nugget sisanya saya yang makan hehehe biasa Emak selalu jadi pembersih makanan anak yang tersisa. Mudah kan resepnya, kadang sih Babang juga suka nugget stick di teriyaki. Makan nugget enggak selalu hanya digoreng donk, divariasi juga bisa malah bikin anak-anak jadi suka dan bisa makan banyak variasi makanan.


Ludes tak bersisa

Yang masih pakai pedoman 4 sehat 5 sempurna hayuk beralihlah ke gizi seimbang, karena zaman now mah emang sudah enggak ada yang namanya 4 sehat 5 sempurna loh. Mengikuti perkembangan zaman untuk hidup yang lebih baik boleh donk. Untuk memenuhi protein hewani So Good aja, praktis, sehat dan lezat.

Bagaimana dengan kalian, apa saja isi piring gizi seimbangnya?





CatatanRia.com

13 comments:

  1. Jadi pingin buat juga nugget saus tomat. Biasanya sih cuma di goreng aja kalau aku. :D

    ReplyDelete
  2. Anak-anak saya juga suka nugget dan bakso so good mbak. Andalan banget buat di rumah

    ReplyDelete
  3. Kalau saya, nuget ya di goreng aja, itu pun anak-anak sudah suka. Belum pernah buat variasi macam-macam.

    ReplyDelete
  4. Piringmakannya si kakak imut banget ❤ hihihi jadi salah fokus deh

    ReplyDelete
  5. komplit menunya dan kesukaan anak pastinya, ya :)

    ReplyDelete
  6. So good ini juga solusi buat saya yang punya anak kurang suka ayam Mbak. Kalau berupa nugget dia mau makan, kalau kelihatan ayam ya ogah. 😊

    ReplyDelete
  7. Solusi banget buat bikin bekal anak. Saya ibu bekerja kadang ngaak semept masak jadi selalu sediaa so good di rumah

    ReplyDelete
  8. Ibu emang paling tahu yg terbaik buat keluarga.

    ReplyDelete
  9. jaman sekarang banyak makanan instan yg menyehatkan..

    klo jamanq waktu kecil.. dikasih makan asal kenyang aja.. :D

    ReplyDelete
  10. babang udah besar... enak2 menunya. Sehat deh
    aku juga mau dibekelin kayak gini um

    ReplyDelete
  11. Wuih,, lahap banget si babang makannya,, ibunya masaknya enak nih.

    ReplyDelete
  12. senang banget lihatnya. nasinya habis dan beres

    ReplyDelete
  13. Mau coba ni mba biasnaya nugget yo wis goreng aja belum pernah dikreasiiin begini xixixi gudluck mba

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V