7/23/17

Ayam Lumur Spesial SO GOOD

Akhirnya ketemu weekend juga, saya bisa istirahat setelah 5 hari sebelumnya setiap pagi harus mengantar Babang Iyas sekolah. Padahal cuma mengantar tapi koq capek? Setiap hari harus bangun lebih pagi nyiapin sarapan, bekel Babang, bekel suami, mandiin Adek Iyan, dan mandiin Babang Iyas kalau suami sih mandi sendiri hihihi. Pulang sekolah ngelonin anak-anak tidur eh tapi mereka enggak barengan tidurnya, Adek Iyan tidur si Babang main, Babang Iyas tidur eh Adek Iyan bangun, saya cuma sempet merem beberapa menit saja. Malamnya beberes rumah yang tertunda dan nyiapin bahan masakan untuk besok pagi. Yah begitu setiap harinya, riweuh tapi mengasyikan.

Nah weekend ini setidaknya saya bisa bangun agak siang, masak juga agak siangan. Tadi sih saya masak pas Adek Iyan tidur. Begitu Adek Iyan tidur, langsung deh tempur didapur. Bikin masakan yang enggak ribet, karena kejar-kejaran waktu takut keburu bangun Adek Iyannya. Saya bikin Ayam Lumur Spesial, bukan nasgor aja ayam juga bisa donk spesial. Spesial karena ayamnya saya memakai SO GOOD Ayam Potong, kebetulan masih ada stock sisa dari bikin Gepuk Ayam minggu lalu.


Walaupun sudah seminggu difreezer namun ayamnya masih fresh dan tidak berbau loh. Saya cukup merendam ayam yang dikeluarkan dari freezer sampai ayam tidak beku lagi, baru deh diolah. Apa sih ayam lumur ini? Saya bilang lumur karena sebelum dimasak dilumuri beberapa bumbu terlebih dahulu, kemudian saat dimasak pun dilumuri kembali dengan beberapa bahan. Penasaran? Saya bagi deh resepnya, biar bisa bikin juga tapi saya enggak nanggung ya kalau jadi ketagihan. Sebenarnya ini resep saya dapat dari Mama Mertua, biasanya resep ini dipakai untuk menu di acara kondangan seperti nikahan atau sunatan. Tapi kalau dikondangan ayamnya disuwir, kalau ini saya pakai praktisnya saja biar cepat ya tanpa dipotong, hanya dimarinasi saja biar rasa ayamnya tetap enak enggak hambar.


Resep Ayam Lumur Spesial

Bahan
6 potong Ayam potong So Good
1 buah tomat, potonng kecil-kecil
Kecap Manis sesuai selera
Kecap Asin sesuai selera
1 sdm Saus Tiram
1 sdm Saus Tomat
Lada bubuk
Air secukupnya

Bahan Marinasi
Garam
Lada Bubuk
Saus Tiram
Minyak Wijen

Bumbu Halus
5 siung Bawang Merah
3 siung Bawang Putih
1 sdt garam

Cara Membuat
1, Lumuri ayam dengan bahan marinasi, simpan dalam kulkas biarkan bumbu meresap (saya 1/2 jam).
2. Panaskan minyak, kemudian tumis bumbu halus hingga harum dan berubah warna. Masukkan tomat, tumis sambil ditekan-tekan sampai tomat hancur,
3. Masukkan ayam potong So Good, aduk rata. Beri air secukupnya. Beri kecap manis, kecap asin, saus tiram, saus tomat dan lada bubuk. Jika sudah mendidih koreksi rasa.
4. Ungkep ayam sampai air menyusut. Matikan api.
5. Sajikan selagi hangat.

Alhamdulillah suami dan Babang Iyas lahap sekali makannya, paling seneng kalau masak habis enggak bersisa. Suami saya ini memang selalu makan apa saja yang saya masak, tapi juga selalu mengkritik masakan saya jika dirasa kurang, tapi kalau masak yang ini enggak ada deh kritikan yang terlontar.

Alasan saya memakai SO GOOD Ayam Potong
Saya senang nyetock SO GOOD Ayam Potong dikulkas, kebetulan suami dan Babang Iyas memang suka sekali dengan ayam. Ayam potong SO GOOD ini merupakan ayam pilihan yang diternak dengan baik di peternakan modern. Ayam So Good ini besar-besar tapi jangan kwatir besarnya bukan dari suntikan loh ya, namun memang Ayam So Good terpelihara dan tumbuh sehat jadinya montok-montok deh.


Ayam So Good sudah berlogo Halal MUI dikemasannya, ayamnya dipotong secara Halal. Kemudian ayam dibekukan dengan teknologi IQF (Individually Quick Frozen) yang mengunci 4 kualitas ayam segar yaitu Segar, Gizi, Rasa dan Bersih.

Ayam So Good ini sudah higienis sehingga kita tidak perlu mencucinya lagi, jadi bisa langsung diolah. Praktis sekali untuk Emak rempong seperti saya ini, bisa menghemat waktu dalam mengolah masakan ayam. Itulah sebabnya saya suka nyetock SO GOOD Ayam Potong ini dirumah, bisa saya olah untuk berbagai masakan. Favorit saya untuk varian ayam potong ini yang Ayam Potong Paha dan Dada, karena favorit saya bagian paha dan favorit suami dadanya jadi kedua bagian ini harus ada.

Hmmm, besok Ayam So Goodnya dimasak apa lagi ya? Any Idea Mak? :)



CatatanRia.com

2 comments:

  1. Praktis ya mbak masaknya. Tapi biar praktis tetap aja saya ga bisa masak :D

    ReplyDelete
  2. mendadak laper deh aku mbak :p
    pagi2 bw ada ginian

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V