10/15/17

Hidup Sehat dengan Gizi Seimbang

Sudah lama enggak update, lagi-lagi saya harus tepar karena kecapean dan si kecil juga panas habis imunisasi jadi rewel banget. Bismillah, sekarang mulai update lagi biar enggak sepi-sepi amat ini blog. Mulai nyicil beberapa draft yang belum selesai, termasuk postingan kali ini postingan #KEBCollab kelompok Maudy Ayunda tentang Kesehatan yang di post Teh Uwien.tentang Ingin Menurunkan Berat Badan? Hindari 3 Jenis Makanan Ini.

Sehat siapa sih yang enggak mau hidup sehat. semua orang pasti berharap bisa sehat terus enggak sakit. Namun harapan ya tinggalah harapan, lah wong yang ngarep bisa sehat tapi pola makannya enggak sehat. Pengen sehat, tapi hampir semua jajanan yang yang lewat setiap hari dibeli, kamu sehat?



Dulu 4 sehat 5 sempurna menjadi pola makan yang dianjurkan, lain dulu lain sekarang. Saat ini 4 sehat 5 sempurnanya berganti menjadi Gizi. Seimbang. Gizi seimbang itu apa sih? Gizi seimbang itu adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung banyak zat gizi dalam jenis dan jumlah yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Gizi seimbang biasanya memperhatikan keberagaman makanan, aktifitas fisik, kebersihan dan berat badan.

Di Indonesia para ahli gizi dari Yayasan Institute Danone Indonesia (DII) bersama dengan para penulis dari Tabloid Nakita mengadaptasi bentuk piramida yang disesuaikan dengan budaya Indonesia menjadi bentuk tumpeng, dan biasa disebut Tumpeng Gizi Seimbang (TGS). TGS dibuat untuk membantu kita dalam memilih apa saja yang dapat kita konsumsi dengan menyesuaikan kebutuhan kita, usia dan keadaan. 

Pic from Wiki


TGS terbagi dalam beberapa bagian.
  1. Bagian paling bawah ada air putih, kebutuhan air putih normalnya pada orang dewasa adalah 8 gelas sehari, namun kebutuhan air putih ini disesuaikan juga dengan kebutuhan, usia dan keadaan, 
  2. Lalu diatasnya adalah kebutuhan karbohidrat yang bisa kita dapatkan dari nasi, umbi-umbian, roti dan lain-lain. 
  3. Lalu diatasnya adalah sumber vitamin dan mineral, yang bisa kita dapatkan dari sayuran dan buah-buahan. Jumlah konsumsi sayuran lebih besar dibandingkan buah-buahan untuk sehari-hari
  4. Kemudian diatasnya lagi adalah sumber protein. Ada protein nabati dan protein hewani. Protein nabati bisa didapatkan dari kacang-kacangan seperti tahu, tempe dan lain-lain. Protein hewani bisa didapatkan dari daging, telur, ikan, susu dan turunannya.
  5. Pada puncak bagian terkecilnya adalah minyak, garam, gula, dikonsumsi seperlunya saja tidak dalam jumlah banyak.
Saat saya hamil Adek Iyan, saya sempat mengalami berat badan janin rendah tidak sesuai dengan usia kandungan saya. Ternyata salah satu penyebab berat badan janin rendah bisa dari makanan yang saya konsumsi, dokter menyarankan saya untuk menerapkan pola gizi seimbang. Dan Alhamdulillah dalam dua minggu saya bisa mengejar kekurangan berat bada janin.
 

Yuk ah kita hidup sehat dengan memulai makan dengan pola gizi seimbang, agar seimbang juga kehidupan kita. Tidak sulit koq menerapkan gizi seimbang ini, semua bahannya ada semua di tukang sayur. Sebenarnya kalau kita benar dalam menerapkan gizi seimbang enggak perlu lagi mengkonsumsi vitamin tambahan, karena vitamin dari bahan alami tentu lebih baik.

Sumber : wiki


CatatanRia.com

No comments:

Post a Comment

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V