3/9/18

7 Makanan yang Terkenal di Restoran Kalimantan

Adakah yang sudah pernah jalan-jalan ke Kalimantan? Saya sih belum pernah hehehe. Tapi pengin sih jalan-jalan sama keluarga kecil saya nyebrang ke Kalimantan. Enggak sekarang, mudah-mudahan dilain waktu saat ada rezeki dan waktu yang pas. Penasaran juga eksplor wisata dan kuliner di beberapa kota besar di Kalimantan


Kalimantan selain terkenal dengan keindahan alamnya juga terkenal dengan aneka makanan yang lezat dan membuat orang-orang jadi ketagihan memakannya. Restoran-restoran yang ada di Kalimantan tidak pernah mengecewakan pelanggannya , mereka selalu melayani pelanggan dengan baik bahkan saat mati lampu mereka mencari sewa genset Kalimantan terdekat agar restoran mereka bisa tetep berjalan. Keputusan tepat memang saat mati lampu jika memakai genset, demi kenyamanan para pengunjung restoran.

pic from wiki

Kalau kamu akan ke Kalimantan jangan lupa untuk coba 7 makanan ini:

1. Ketupat kandangan
Makanan khas Kalimantan Selatan ini mempunyai rasa khas, dan unik. Biasanya ketupat disajikan dengan opor ayam atau daging ketupat ini disajikan dengan ikan gabus yang di sayur santan seperti opor ayam.

2. Chai Kue
Chai kue adalah makanan ringan dari Kalimantan yang terpengaruh budaya tiongkok. Makanan ini berisi lobak dan ebi dimakan bersama sambal yang asam pedas dijamin membuat kamu ketagihan deh.

3. Bubur Pedas
Masakan khas kalimatan ini berbeda dengan bubur biasanya. Namun jangan tertipu ya bubur ini tidak pedas seperti namanya, bubur ini berisi sayur sayuran seperti bubur manado.

4. Soto Banjar
Soto khas Banjar. Soto ini dimasak dengan kayu manis sehingga berbeda dengan soto ayam biasanya. Soto ini berkuah bening dan di lengkapi dengan potongan telur bulat. Disajikan dengan jeruk limo dan sambal.

5. Kalumpe
Sayur daun singkong, sayur ini sama dengan sayur  daun singkong dimasakan padang, tetapi yang berbeda adalah daun singkongnya ditumbuk terlebih dahulu baru dimasak dengan santan dan bumbu rempah-rempah.

6. Bingka Barandam
Ini adalah kue khas Kalimantan yang tidak boleh ketinggalan. Kue ini berasal dari banjar dan kamu bisa buat sendiri dirumah karena tidak terlalu sulit, yang dibutuhkan hanya tepung, telur, gula dan kayu manis.

7. Nasi Bekepor

Nasi ini adalah nasi yang sangat disukai raja-raja Kalimantan. Rasanya mirip dengan nasi liwet. Tetapi nasi bekepor ini dimakan bersama daging bukan dengan ayam.

Gimana kamu menjadi lapar enggak nih setelah membaca tulisan ini dan langsung cuss ke dapur masak makanan-makanan diatas? Koq masak? Ya kan kalau ke Kalimantannya jauh jadi mending masak cari resepnya di google deh. Sambil makan jangan lupa untuk mampir ke website sewatama untuk mencari info tentang sewa genset Sulawesi.



CatatanRia.com

3 comments:

  1. Dari dulu kepingin nyoba soto banjarnya tuh. Emang ikonik banget yaa, hehe. Tapi sampai sekarang belum tahu rasanya.

    ReplyDelete
  2. Boleh juga nih rekomendasi makanannya. Semoga bisa mencicipi langsung :)

    ReplyDelete
  3. Aku domisili Balikpapan, Kalimantan Timur.

    Masakan Kalimantan ada banyak jenis, karena Kalimantan juga terdiri dari Kalimantan Timur, Barat, Utara, Selatan dan Tengah.

    Soto Banjar enaaak banget dan khas wanginya. Apalagi kalau kuahnya mendidih sempurna, dengan topping seledri, daun bawang segar, bawang goreng, irisan perkedel dan jeruk nipis... hmmm... yummy!

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V