10/16/17

Tips Memilih Tempat Makan untuk Bekal Sekolah Anak

Sudah bulan oktober saja ya, enggak terasa sebentar lagi akan memasuki akhir tahun. Babang Iyas berarti sudah dua bulan setengah belajar di sekolah. Perkembangannya Alhamdulillah lah ada kemajuan walau belum banyak perubahan. Tapi saya juga enggak berharap banyak Babang Iyas akan berubah banyak, nanti dia lupa sama Uminya *eh hahaha enggak mungkin ya.

Sampai hari ini Babang masih bawa bekal makanan dari rumah, karena memang di sekolahnya diwajibkan membawa bekal makanan dari rumah. Disana enggak ada kantin, enggak ada yang berjualan jadi kalau enggak bawa bekal nanti kasihan anak-anak bisa kelaparan.

Bekal itu merepotkan
 
Bagi sebagian ibu-ibu bikin bekal sekolah itu merepotkan, memang iya sih repot  apalagi sambil gendong bayi nyiapinnya. Walau repong tapi saya senang sekali bisa bikinin bekel sekolah Babang. Mungkin karena sudah hobi saya didapur, apalagi saya suka banget kepoin foto bekal sekolah anak-anak di IG. Dulu waktu Babang Iyas belum sekolah, saya sudah berjanji akan rajin bikinin bekal sehat untuk Babang sekolah. Saya rela waktu pagi yang sempit dipakai untuk menyiapkan bekal sekolan Babang dan bekal suami kerja.

Bekal yang lucu
 
Sebenarnya saya sih pengen banget bisa bikin bekal sekolah si Babang yang lucu-lucu, seperti ngebento gitu lah. Tapi itu mah enggak mungkin bisa saat ini, untuk bisa nyiapin bekal Babang dan Suami saja sudah Alhamdulillah. Ditambah sekarang Adek Iyan sudah mulai MPASI maka semakin sempit saja waktu saya dipagi hari, bangun jam 5 pagi itu sudah kesiangan banget bagi saya. Jadi bikin bekal sekolah yang lucu dicoret dulu sekarang ini.

Apa saja yang perlu dsiapkan dalam membuat bekal makanan?
 
Bahan makanan itu yang paling utama lah ya. Lalu peralatan makan mulai dari tempat makan, sendok, garpu, cup silicon, tusukan lucu dan lain-lain. Untuk tempat makan saya sampai punya banyak untuk Babang Iyas. Namun tempat makan yang paling menjadi favorit dam bagus ya tempat makan Tupperware, dirumah lebih dari 10 tempat makan Tupperware. Kalau tempat makan yang sedeng biasanya abi yang bawa, dia enggak mau kalau dipakei tempat makan yang besar entahlah mungkin dia malu ya dasar cowok. Tepat makan sekat dan berkarakter biasanya dipakai Babang sekolah. Ada juga tempat makan Tupperware yang mangkok kecil buat si Adek Iyan. Lah buat saya yang mana? Saya mah seneng yang gede-gede hahaha.

Tempat makan banyak fungsinya.
 
Kalau saya tempat makan bukan hanya dipakai sebagai bekal makanan aja. Kadang suka saya pakai untuk menyimpan frozen food di freezer, menyimpan makanan dikulkas, bisa juga menyimpan sayuran dikulkas. Jika ada tempat makan yang sudah enggak terpakai lagi saya jadikan tempat obat-obatan atau untuk tempat bros dan karet rambut. Tapi kalau yang dipakai buat lain-lain itu tempat makan yang tanpa sekat, kalau yang ada sekat mah buat bekal aja.

Tips Memilih tempat makan
 
Dalam memilih tempat makan juga harus diperhatikan, jangan tergiur harga dan kelucuan si tempat makan saja. Memang sih tempat makan bermerek pasti bagus, tapi yang harganya murah pun ada juga yang bagus loh. Rata-rata tempat makan itu kan berbahan plastic, harus bisa lebih pintar memilih ya mom.
 
  • Pilihlah tempat yang food grade, aman untuk wadah makanan.
  • BPA free, tempat makan yang sudah BPA Free aman jika dipanaskan. Bukan dipakai kukus ya sebaiknya kalau kukus pakai bahan lainnya yang lebih aman, dipanaskan disini maksud saya seperti menghangatkan makanan di magic com.
  • Tempat makan plastic sudah berlabel angka 5, aman menyimpan makanan dan dipakai berulang.
  • Bertutup rapat, tempat makan yang bertutup rapat dapat menjaga kualiatas makanan dan menghindari makanan tumpah.

Saya suka mengkoleksi tempat makanan berbagai bentuk dan ukuran, walau yang sering dipakai mah itu-itu saja.  Biasalah emak-emak lihat yang lucu dikit langsung masukin troli belanja. Apakah ada juga yang seperti saya kalap beli tempat makan lucu?


CatatanRia.com

No comments:

Post a Comment

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V