10/28/17

Kuliner Nusantara: Ini Dia Ciri Khas Resep Masakan Rendang Asli Padang

Berbicara mengenai berbagai macam masakan khas Indonesia tidak lengkap rasanya jika tidak menyebutkan salah satu kuliner nusantara dari daerah padang yang sangat legendaris yaitu rendang. Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa masakan satu ini telah beberapa kali mengikuti ajang festival masakan khas dari berbagai dunia. Selain itu juga orang-orang Indonesia sering membawa jenis makanan satu ini saat melakukan berpergian keluar negeri misalnya haji, travelling atau lainnya. Dengan teknik pemasakan yang tepat ternyata rendang mampu loh bertahan hingga lebih dari 2 minggu. Enggak heran jika para calon haji sering membawanya sebagai bekal saat di tanah suci selama sebulan lamanya.

Pic from masakansehat.biz


Ngomongin rendang, jadi kangen sama Mama. Rendang bikinan Mama istimewa sekali, sampai suami saya setiap lebaran kalau mudik pasti deh ketagihan makan daging rendang si Mama. Kata dia enak kayak rendang yang ada di rumah makan padang. Waktu kemarin saya enggak mudik, saya masak rendang dirumah karena pertama kalinya jadi saya sampai terus-terusan nelpon si Mama nanyain bahan dan caranya. Dan yeayy berhasil suami saya bilang sudah mirip rendang bikinan Mama, lumayan lah untuk menghilangkan kangen karena enggak mudik.

Sebenarnya rendang itu enggak hanya diolah dari bahan sapi saja karena dapat juga diolah dari daging ayam. Tetapi jika dilihat dari kenikmatan hasilnya ternyata daging sapi mempunyai ciri khas masakan rendang tersendiri, mungkin sesuai harga juga kali ya. Nah buat kalian pecinta rendang, berikut ini ada beberapa tips supaya rendang dapat bertahan lama, antara lain:

1. Usahakan saat pemasakan daging benar-benar kering.
2. Dalam pembuatan rendang ada komponen yang terpenting salah satunya santan kelapa, makanya kenapa disarankan untuk tidak menggunakan santan yang instan karena itu akan menghasilkan masakan yang berbeda rasa. Pilih santan yang dibuat dari kelapa yang benar-benar sudah tua sehingga dapat menghasilkan santan yang kental.
3. Kemudian untuk dapat menghasilkan olahan daging sapi yang empuk sebelum diolah lebih baik ditumbuk terlebih dahulu. Kemudian bisa langsung masukkan pada rebusan bumbu, untuk bumbu sendiri seperti cabai, merica, garam atau lainnya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Nah, itulah tips penting supaya hasil olahan rendang yang kalian buat bisa bertahan dalam waktu yang lebih lama. Kalau bikin rendang untuk lebaran si Mama biasanya bikin 3 hari sebelumnya, katanya sih daging rendang semakin dihangatkan akan semakin nikmat. 

Berikut ini tahapan dalam pembuatan daging rendang asli dari daerah padang yaitu:

1. Pertama kalian harus menghaluskan beberapa rempah-rempah mulai dari bawang merah, bawang putih, merica, cabai merah. Untuk menghaluskan kalian bisa menggunakan blender agar lebih praktis, tetapi lebih disarankan menggunakan uleg pada umumnya ya karena hasil rasa masakan akan berbeda.
2. Ambil tempat untuk merebus daging sapi dan juga bumbu yang telah dihaluskan diatas. Kemudian tunggu sampai dengan air habis dan daging dirasa sudah empuk.
3. Kemudian setelah air meresap, tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil tetap terus diaduk supaya santan tidak pecah.
4. Setelah itu sambil dimasukkan bumbu rempah lainnya seperti lengkuas, daun salam, sereh, daun jeruk dan lainnya.
5. Aduk terus sampai dengan santan mendidih, setelah mendidih kurangi api dan tetap sesekali diaduk supaya daging empuk dan mengeluarkan minyak.
6. Jika warna daging sudah mulai berubah dan kering kecoklatan itu berarti rendang telah siap untuk dihidangkan.
7. Tetapi sebelumnya cicipi dahulu daging apakah sudah benar-benar empuk, jika sudah masakan yang menjadi salah satu kuliner nusantara ini sudah bisa langsung disajikan.

Jadi pengen cepat-cepat idul fitri lagi, biar bisa makan rendang bikinan si Mama. Enggak masak sendiri lagi pokoknya tahun depan mah wajib mudik. Hampa lebaran enggak bareng keluarga, dan hambar rasanya lebaran enggak makan masakan Mama.




CatatanRia.com

No comments:

Post a Comment

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V