8/24/16

Lindungi Perjalanan Anda dengan Asuransi Perjalanan

Jalan-jalan atau travelling siapa sih yang tidak suka dengan kegiatan satu ini? Bisa berlibur melepas penat keluar kota, luar pulau atau sampai keluar luar negeri. Sudah lama saya tidak melakukan perjalan jauh, kalaupun keluar kota saya memilih yang kota yang masih dekat dengan Bandung. Karena saya merasa anak saya masih terlalu kecil, saya tidak tega kalau mengajaknya perjalanan jauh. Sebenarnya ini hanya kekwatiran saya saja, kenyataannya banyak orang  tua yang mengajak anaknya yang berusia batita untuk travelling dan semua baik-baik saja.

Yang namanya perjalanan kita tidak pernah tahu resiko apa yang akan kita hadapi nantinya. Ada baiknya jika kita akan melakukan perjalanan kita membeli asuransi perjalanan agar perjalanan kita dapat terlindungi. Apa itu Asuransi Perjalanan? Asuransi perjalanan adalah asuransi atau polis berjangka pendek yang hanya berlaku saat perjalanan saja, biasanya dalam jangka waktu beberapa hari atau enam bulan.

Beberapa hal yang harus anda ketahui sebelum memilih asuransi perjalanan
  • Ketahuilah detail apa saja yang termasuk dan tidak termasuk dalam perlindungan asuransi perjalanan
  • Mencari perbandingan harga dan fasilitas premi asuransi perjalanan dari beberapa perusahaan asuransi. Sehingga kita bisa mendapatkan asuransi perjalanan yang sesuai budget dan kebutuhan.
  • Untuk perjalanan beresiko tinggi, sebaiknya memilih asuransi perjalanan yang dapat memberikan proteksi perjalanan beresiko tinggi
  • Carilah perusahaan asuransi yang tepat. 
  • Saat klaim asuransi, persiapkanlah secara lengkap dokumen pendukung klaim.

Tipe / Plan Asuransi Perjalanan
Tahukah kalian beberapa negara menjadikan asuransi perjalanan dengan jumlah minimal tertentu sebagai salah satu syarat mengajukan visa ke negaranya.

Sekarang pihak asuransi menyediakan paket asuransi perjalanan berdasarkan tujuan dari perjalanan.
  • Paket Domestik, untuk perjalanan dalam negeri
  • Paket ASEAN, untuk perjalanan ke negara-negara di Asia Tenggara
  • Paket ASIA, untuk perjalan ke negara-negara di Asia
  • Paket Eropa, untuk perjalanan ke negara-negara di Eropa
  • Paket Worldwide, untuk perjalanan ke seluruh dunia
Beberapa pihak asuransi yang menyediakan paket asuransi perjalanan berdasarkan tujuannya langsung. Misalkan akan menunaikan ibadah haji ke Saudi Arabia, maka akan tersedia asuransi perjalanan haji ke Saudi Arabia.

Pada Umumnya ada dua paket yang biasanya ditawarkan, yaitu
  1. Single Trip. Asuransi perjalanan yang menjamin satu kali perjalanan, biasanya menjamin maksimum 180 hari per perjalanan.
  2. Produk tahunan. Asuransi perjalan yang menjamin perjalanan anda dalam setahun, biasanya menjamin maksimum 90 hari per perjalanan. Kalau kalian ada rencana akan bepergian dalam satu tahun sebaiknya memakai asuransi perjalanan tahunan.
Manfaat Asuransi Perjalanan
Dengan memakai asuransi perjalanan untuk perjalanan kita, maka kita akan merasakan ketenangan dan kenyamanan dalam melakukan perjalanan. Manfaat dari asuransi perjalanan tentunya berbeda-beda tergantung dari premi asuransi perjalanan yang kita bayarkan.
Secara umum manfaat yang biasa ditawarkan dari asuransi perjalanan adalah sebagai berikut,
  • Santunan untuk kematian, kehilangan anggota badan, atau kelumpuhan total yang diakibatkan kecelakaan saat dalam melakukan perjalanan
  • Memberi perlindungan untuk penundaan perjalanan oleh maskapai, pembatalan perjalanan karena anda atau anggota keluarga yang melakukan perjalan sakit atau meninggal
  • Asuransi perjalanan menanggung kerugian yang ditimbulkan akibat kehilangan dan kerusakan bagasi atau barang bawaan anda selama perjalanan. Ada beberapa asuransi perjalanan yang juga menanggung keterlambatan bagasi lebih dari 12 jam
  • Layanan pemulangan jenazah. Biasanya ada layanan ini ada dua yang ditawarkan pemulangan jenazah atau biaya kremasi atau penguburan di lokasi tempat kematian terjadi
  • Fasilitas 24 jam darurat di seluruh dunia
  • Perlindungan rumah yang ditinggalkan selama dalam perjalanan
  • dan banyak lagi manfaat yang ditawarkan dari asuransi perjalanan
Nah gimana setelah mengetahui tentang asuransi perjalanan dan manfaat dari asuransi perjalanan, tertarik kah untuk memiliki asuransi perjalanan? Sekarang enggak usah kwatir ribet dalam membeli asuransi perjalanan. Karena saat ini asuransi perjalanan dapat kita lakukan secara online. Seperti di Futuready.com kita dapat membeli asuransi perjalanan dengan membandingkan harga terlebih dahulu dengan meilhat detail dari setiap perusahaan asuransi, jadi kita bisa memilih asuransi perjalanan yang sesuai budget dan kebutuhan.

Futuready.com
Apa itu Futuready.com? Futuready adalah sebuah broker asuransi online yang sudah memiliki lisensi resmi dari OJK. Futuready adalah bagian dari AEGON, salah satu perusahaan asuransi terbaik dunia yang berbasis di Den Hag, Belanda. Futuready tidak memiliki asuransi sendiri, tetapi Futuready menyediakan pilihan produk-produk asuransi terbaik dari perusahaan asuransi terkemuka, dan menawarkannya pada anda dengan informasi yang jujur tidak memihak manapun.

Ini nih kemudahan dari Futuready.com kita bandingkan pilihan asuransi yang terbaik, pilih yang sesuai dengan kita butuhkan, lalu bayar, polis akan dikirim via e-mail, enjoy the trip. Gimana simple ya. Di Futuready kita juga dibantu berkonsultasi jika akan klaim asuransi perjalanan.

Ngomong-ngomong sekarang kan lagi musim naik haji, enggak ada salahnya loh bagi kalian yang ada rencana naik haji tahun ini ataupun tahun-tahun berikutnya untuk memiliki asuransi perjalanan haji sebelum melakukan perjalanan. Saya juga ingin sekali bisa naik haji tapi kapan entahlah kapan, mungkin nanti jika orang tua sudah naik haji, anak-anak sudah lulus sekolah dan pastinya kalau ada rezekinya, Aamiin. 


 CatatanRia.com

5 comments:

  1. betul ya, asuransi perjalanan juga perlu. karena kita tdk tau apa yg nanti bakal terjadi pada kita selama dlm perjalanan

    ReplyDelete
  2. Moga suatu hari nanti bisa berhaji yaa mba kita semua,amin. .bareng keluarga

    ReplyDelete
  3. Satu asuransi yang kadang nggak terpikirkan oleh orang...

    ReplyDelete
  4. Krn traveling udh jd kyaka kebutuhan hidup buatku, aku sering beli asuransi perjalanan tiap bepergian :). Tp jujur aja kalo cm domestik ato malaysia dan singapur ,aku ga sih mbak :D. Cm negara2 selain 2 negara td, aku rutin utk beli.. walopun alhamdulillah g prnh kepake sih :D. Ga pgn jg sbnrnya kenapa2 di jalan.. tp stidaknya jd tenang gitu stiap pergi2

    ReplyDelete
  5. iya kak dipikir-pikir perlu banget lho asuransi ini

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V