4/18/24

4 Cara Jitu Mengenalkan Sayur dan Buah pada Anak

4 Cara Jitu Mengenalkan Sayur dan Buah pada Anak


Sayur dan buah memiliki peran penting untuk memenuhi asupan gizi anak. Jadi sebaiknya mengenalkan sayur dan buah kepada anak sedini mungkin, dengan harapan kelak anak akan menyukainya makanan sehat ini. Seperti orang tua dulu selalu berpesan kalau tidak kenal maka tak sayang. 


Manfaat konsumsi sayur dan buah

Manfaat konsumsi sayur dan buah


Sayur dan buah mengandung vitamin dan mineral yang dapat menjaga daya tubuh anak. Menurut rekomendasi World Health Organization (WHO) anak-anak idealnya mengkonsumsi sayur dan buah 400gr per hari, dan sebaiknya berikan sayur dan buah sesuai tahapan usianya. Anak usia 1-3 tahun sebaiknya sehari konsumsi 1 gelas buah dan 3/4 gelas sayur dengan catatan 1 gelas beratnya 240 gr, usia 14-18 sehari sebaiknya konsumsi 2 gelas buah dan 3 gelas buah sayur dengan catatan 1 gelas beratnya 240 gr. Sepenting itu ya sayur dan buah, berikut ini manfaat konsumsi sayur dan buah pada anak :


  1. Mencegah resiko stunting pada anak
  2. Mencegah resiko obesitas pada anak
  3. Menjaga kesehatan pencernaan anak, sayur dan buah tinggi akan serat yang bisa mencegah terkena kanker usus
  4. Meningkatkan kecerdasaan dan daya ingat anak


Cara mudah mengenalkan sayur dan buah pada anak

Mengenalkan sayur dan buah sebaiknya sedini mungkin, karena jika sejak kecil sudah terbiasa makan sayur dan buah maka saat dewasa akan terbiasa. Untuk mengenalkannya dengan cara-cara yang mudah dipahami si kecil, berikut untuk cara mudah mengenalkan sayur dan buah :


1. Memasang poster gambar sayur dan buah

Pasanglah poster dengan gambar sayur dan buah pada dinding atau tempat yang biasa anak bermain. Kemudian jelaskan pada anak gambar-gambar tersebut, sehingga anak-anak akan mengingatnya. Atau kamu juga bisa ajak anak bermain tebak gambar, pasti akan membuat mereka senang. Ini bisa dilakukan sejak anak masih bayi atau saat bayi sudah mulai suka melihat suatu objek. 


2. Melibatkan anak saat menyiapkan sayur dan buah

Saat menyiapkan sayur dan buah ajak anak untuk terlibat, seperti yang mudah saat mencuci sayur dan buah atau saat menaruhnya di piring atau wadah. Jangan larang anak saat akan membantu, karena dengan terbiasa membantu akan membuat mereka terbiasa hingga dewasa nanti. Ini bisa dilakukan saat anak usia toddler, dimana usia segitu anak-anak senang mencoba hal baru. 


3. Menambahkan sayur dan buah pada makanan anak

Tidak hanya mengenalkan sayur dan buah secara visual, tetapi mengenalkan juga rasanya dengan cara menambahkannya dalam makanan anak. Ini bisa dilakukan sejak anak mulai MPASI sayur bisa disisipkan dalam makanan utama dan buah bisa jadi cemilan bayi. 


4. Makan bersama sayur dan buah

Anak-anak suka meniru apapun yang dilakukan orang tuanya, maka ajaklah makan sayur dan buah bersama-sama. Ini bisa dilakukan sejak anak sudah bisa makan. 


5. Bermain game online sayur dan buah

Main game online menjadi kesukaan anak masa kini, ini bisa kita manfaatkan untuk mengenalkan sayur dan buah dengan memainkan game online bertema sayur dan buah. Ini bisa dilakukan saat usia anak diatas 2 tahun atau anak sudah mengenal game online. 


Game online kuliner yang paling digemari

Culinaryschools.org merupakan website yang menyediakan game online anak-anak bertema kuliner. Game yang ada di web Culinary Schools sangat kids friendly, tidak hajya sekedar bermain saja tapi anak-anak bisa sambil belajar. Seperti ada game mengenal sayur dan buah berikut ini :


1. Fruit Fit

Game online edukatif

Fruit Fit merupakan permainan edukasi belajar tentang buah-buahan. Pada game ini anak-anak pilih menu learn fruit untuk melihat gambar buah-buahan dan juga namanya. Setelah itu anak-anak bisa pilih menu guessing the fruits untu mengetest ingatan anak tentang buah-buahan yang sudah mereka lihat sebelumnya. 


2. Veggie Friends

Permainan edukasi anak


Veggie friends merupakan permainan edukasi tentang jenis-jenis sayuran. Pilih menu Learn about vegetable untuk melihat gambar berbagai jenis sayuran beserta nama dan juga keterangan kandungan dan manfaatnya. Lalu pada menu Match the game, kamu diminta untuk menyusun bagian tubuh sayur sesuai gambar. 


3. Fruit Sorting Games

Permainan anak paud


Fruit Sorting Game permainan yang mudah dimainkan untuk anak-anak pemula. Anak-anak cukup klik gambar buah yang kanan atau buah yang kiri sesuai dengan gambar buah berjalan di tengah layar. 


4. Fruit Quiz

Game online anak


Fruit Quiz merupakan permainan edukasi mengenal buah-buahan. Caranya mudah tinggal tebak nama buah yang ditampilkan, lalu klik nama buahnya. 


Itulah beberapa games yang bisa jadi bahan belajar anak-anak. Di Culinary Schools kamu tidak hanya bermain game tapi bisa juga untuk kamu yang sedang diet atau sedang menjalankan hidup sehat bisa coba tools seperti weight loss calculator, workout calories burned dan lainnya. 


Penutup

Pentingnya sayur dan buah untuk anak-anak, tidak ada salahnya untuk mengenalkannya sedini mungkin. Cara mengenalkannya pun dengan cara yang mudah saja sesuai dengan kegemaran anak-anak. 


32 comments:

  1. Adikku nih peer banget saat ingin membuatnya mau makan sayur. Kalau buah masih okelah. Dia masih mau. Tapi kalau sayur. Ampun dah. Susah sekali bikin dia dengan rela makan.

    ReplyDelete
  2. Hampir sebagian besar anak-anak tidak suka sayuran dan buah. Kalaupun suka, paling buah dan sayuran tertentu dan dikonsumsi secara sedikit. Makanya memang peran besar orang tua agar anak suka makan sayur dan buah.

    ReplyDelete
  3. kalau anak-anak ingin suka makan sayur, orang tuanya juga harus suka sayur dan melibatkan anak untuk menyiapkan makanan biar makin semangat untuk makan sayur dan menu lainnya

    ReplyDelete
  4. Emang deh ya mengenalkan sayur kea nak tuh susah susah gampang. Emang harus tahu triknya. Kalau aku sih ngajakin anak belanja ke pasar dan menyiapkan sayur juga buah bersama anak-anak. Jadi mereka lebih kenal dan familiar juga. Bisa diajak main game juga lho.

    ReplyDelete
  5. Nah ini lucu banget. Ngenalin makan sayur ke anak melalui games. Malah jadi menarik ya, engga maksa-maksa gitu. Penasaran aku pengen nyoba ah game-nya...

    ReplyDelete
  6. Mengenalkan sayur dan buah memang sebaiknya sedini mungkin, karena jika sejak kecil sudah terbiasa makan sayur dan buah maka saat dewasa akan terbiasa.
    Kalau mengenalkan buah dan sayur lewat game kayaknya malah lebih mudah untuk anak, yaa...

    ReplyDelete
  7. Selain bisa dikenalkan dengan melibatkan anak turut mengolah sayur dan buah sebelum dikonsumsi bersama, ternyata bisa juga ya mengenalkan sayur dan buah ini lewat game. Seru yaaa. Mana grafiknya kelihatan lucu pula.

    ReplyDelete
  8. Setujuuu, memang mesti dikenalkan sejak dini. Plus teladan dari ortu yang juga suka makan sayur dan buah :)) Btw, games-nya gemesin banget. Jangankan bocil, aku aja seneng.

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah dua duanya anakku suka makan sayur. Apalagi mereka dukanya malah digado. Wortel direbus mereka suka.. tapi memang awal2 kenalkn sayur agak sulit untuk adaptasi. Hehe

    ReplyDelete
  10. Cara yang menyenangkan mengenalkan sayur atau hal lain adalah melalui permainan
    Media yang baik untuk mengendalikan hal baru

    ReplyDelete
  11. Si kecilku jg susah bngt makan sayur ampe skrg.Cuman tempe ama telur doank sukanya. Tp pelan2 deh mau aku ajarin. Soalnya bahaya jg kalo tanpa asupan sayur. Mgkn dgn kegemarannya main game, pelan2 deh aku ajarin biar dia suka sayur jg.

    ReplyDelete
  12. Kebiasaan ortu biasanya akan diikuti oleh anak. Termasuk soal makan buah dan sayur 😅.

    Semoga dengan permainan anak jadi mudah dan senang makan buah dan sayur ya

    ReplyDelete
  13. Kebiasaan ortu biasanya akan diikuti oleh anak. Termasuk soal makan buah dan sayur 😅.

    Semoga dengan permainan anak jadi mudah dan senang makan buah dan sayur ya

    ReplyDelete
  14. Dari kecil aku mengenalkan buah dan sayur lewat belanja, jadi anak bisa pegang dan lihat benda asli. Satu lagi sama game manual sih, belum aku kenalkan ke game online dulu. Cuma memang lebih efektif kalau pake game

    ReplyDelete
  15. Wah, tipsnya keren banget! Mengajak anak kenalan sama sayur dan buah bisa jadi seru dan edukatif juga ya. Terutama ide main game online, kayaknya bisa bikin anak semangat belajar sambil bermain. Makin paham deh tentang pentingnya makanan sehat. 💪🍏

    ReplyDelete
  16. Diriku lagi berjuang juga nih biar bocah suka makan sayur. Kalau makan buah sih semuanya suka buah, tp kalau sayur, masih jd PR banget. Nanti dicoba deh triknya, siapa tahu berhasil.

    ReplyDelete
  17. Membiasakan anak makan sayur dan buah memang bagaikan sebuah petualangan. Rasa dan tekstur yang berbeda dari makanan biasa seringkali membuat mereka enggan untuk mencicipinya. Namun, menanamkan kebiasaan makan sayur dan buah sejak dini sangatlah penting untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak.

    ReplyDelete
  18. Mengenalkan buah dan sayur melalui media game dan permainan yang disukai anak ternyata bener sangat terbukti ya.
    Anak ga hanya antusias tapi juga segera paham secara melalui game dan permainan anak jadi lebih fokus

    ReplyDelete
  19. Kalau boleh menambahkan, mengajak anak berkebun juga bisa jadi langkah untuk mengenalkan sayur pada anak. Dulu pengalaman pas ngajar sebagai guru kebun, anak-anak pada antusias masak hasil dan makan hasil panen sayur dari sekolah yang mereka tanam sendiri.

    ReplyDelete
  20. PR saya banget nih mengenalkan makan sayur kepada anak-anak. mungkin saya coba modifikasi kali ya nanti. gak dimasak utuh gitu. bisa juga nih mengenalkan lewat game semoga bisa mengubah minat anak terhadp sayur. kalau buah buahan sih anak anak alhamdulillah suka

    ReplyDelete
  21. PR saya banget nih mengenalkan makan sayur kepada anak-anak. mungkin saya coba modifikasi kali ya nanti. gak dimasak utuh gitu. bisa juga nih mengenalkan lewat game semoga bisa mengubah minat anak terhadp sayur. kalau buah buahan sih anak anak alhamdulillah suka

    ReplyDelete
  22. Waaa. aku juga bakalan happy nih kalo ngajarin anak lewat game kek gini deh.. silakan yaa kalau mau liat2 dulu

    ReplyDelete
  23. Peran ortu, terutama ibu ini penting banget dalam mengenalkan buah dan sayur, ya. Melalui game yang menyenangkan, anak-anak pun jadi bersemangat mengenal dan mencicipi buah serta sayur ya, Kak.

    ReplyDelete
  24. Mengenalkan sayur dan buah bisa dengan cara bermain game ya. Anak pasti jadi ikutan seneng dan happy banget tuh pasti.. Karena belajarnya dengan cara yang menyenangkan.

    ReplyDelete
  25. Ada banyak cara ya kak yang bisa dicoba untuk mengenalkan buah dan sayur kepada anak-anak. Lewat bermain game online di culinaryschool ini menarik deh. Yang veggie friends itu sampai ada kandungan dan manfaatnya ya

    ReplyDelete
  26. gamesnya bagus-bagus ya jadi mengedukasi banyak anak-anak untuk mengenal sayuran dna juga buah-buahan, bagus buat anak-anak yang tidak menyukai sayuran dan buah-buahan

    ReplyDelete
  27. Mak-mak emang kudu kreatif ya. Tapi yakin deh kalau mengenalkan sayur dam buah pakai games gini anak-anak bakalan hepii

    ReplyDelete
  28. Tipsnya keren nih dan bisa diterapkan untuk mengenalkan sayuran dan buah-buahan ke anak sedini mungkin, serta membuat anak jadi senang mengonsumsinya. Izin simpan artikelnya ya, biar sewaktu-waktu bisa jadi referensi

    ReplyDelete
  29. Tipsnya keren nih dan bisa diterapkan untuk mengenalkan sayuran dan buah-buahan ke anak sedini mungkin, serta membuat anak jadi senang mengonsumsinya. Izin simpan artikelnya ya, biar sewaktu-waktu bisa jadi referensi

    ReplyDelete
  30. Ga nyangka ada cara yang bikin anak-anak bisa mengenal buah dan sayur juga manfaatnya bagi tubuh ketika di konsomsi melalui games menyenangkan di Culinaryschools.org. Aku juga mauu.. hihihi, jadi semacam panduan menu juga gitu yaa..

    ReplyDelete
  31. Thx mba tipsnya biasanya sy tambahkan ke makanan yg disukai anak misal nugget ;)

    ReplyDelete
  32. Wah lucu banget ya pendektannya pakai game.. tapi memang setuju sih kalau mengenalkan dengan cara yang menyenangkan juga anak akan suka hehe

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V