3/22/23

Faktor-Faktor Penyebab Internet Tidak Stabil

Sebagai pekerja freelance content creator, gadget seperti smartphone dan laptop menjadi peralatan terpenting dalam menunjang pekerjaan saya. Dan beberapa waktu lalu smartphone saya rusak dan sudah gak mungkin lagi bisa dipakai saya kerja. Sampai akhirnya saya sempat menganggur beberapa waktu, sebagai orang yang terbiasa sibuk dikejar deadline rasanya hampa sekali hari-hari tanpa deadline.

Akhirnya suami memberi lampu hijau untuk membeli smartphone agar saya bisa kembali bekerja, suami sudah mewanti-wanti agar mencari smartphone dengan spesifikasi yang bisa mendukung pekerjaan saya, jangan sampai seperti smartphone yang sebelumnya yang gak kuat jadi rusak.

 

Faktor Penyebab Internet Tidak Stabil

Saya pun mulai mencari referensi di web review gadget mumpung sekarang dirumah internet cepat dan internet stabil, saya mencari smartphone yang sesuai dengan kebutuhan dan juga sesuai dengan dana juga donk. BTW, kalau pas lagi browsing jadi inget dulu suka kesel sendiri karena internetnya lambat sekali. Kalau internet lambat duh kerjaan juga jadi terhambat, waktu juga jadi terbuang sia-sia.


Baca juga :

Mengenal Jenis-Jenis Produk dan Harga Xiaomi

Aksesoris Smartphone Terbaru yang Harus dimiliki


web review gadget


Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan internet cepat jadi tidak stabil dan lambat, kita wajib tau nih penyebabnya biar bisa menghindarinya dan tetap bisa browsing web review gadget dan lainnya dengan lancar karena internet yang cepat dan stabil.

 

Faktor penyebab internet menjadi tidak stabil adalah sebagai berikut :

 

1. Perangkat Komputer atau Smartphone

Perangkat komputer atau smartphone menentukan internet cepat atau tidak, karena perangkat di dalamnya seperti RAM, processor dan harddisk memiliki peran penting untuk kerja komputer atau smastphone, jika salah satunya saja ada yang memiliki kecepatan rendah maka akan mempengaruhi juga kecepatan internet.

 

2. Modem

Modem ini juga merupakan faktor penentu kecepatan internet, jika kita memakai modem dengan kecepatan tinggi maka internet cepat dan internet stabil sedangkan jika sebaliknya modem dengan kecepatan rendah ya internet pun jadi tidak stabil dan cenderung lambat.


3. Banyaknya Pengguna

Pengguna juga menentukan internet yang cepat dan stabil. Jika banyak pengguna yang memakai namun kecepatan tidak sesuai maka akan membuat internet jadi tidak stabil. Kalau kamu dirumah menggunakan Wi-Fi kamu bisa membatasi pengguna agar internet bisa terus lancar.

 

4. Tidak simestris

Jika simestris download dan uploadnya tidak sama cepat atau tidak 1:1 maka bisa menyebabkan internet jadi tidak stabil. Solusinya kalian harus bisa mencari provider yang menyediakan internet yang simetris 1:1.

 

5. Cache yang Menumpuk

Ini yang sering kita lewatkan ya menghapus cache, dulu saya pikir ini tidak penting. Eh, ternyata cache yang menumpuk bisa membuat internet jadi tidak stabil. Jadi sebaiknya secara berkala hapus cache di browser yang biasa kamu pakai.

 

Pentingnya Memilih Provider Internet yang Cepat dan Stabil

Selain faktor-faktor penyebab internet tidak stabil di atas, ada lagi yang paling penting kamu jangan sampai salah pilih provider internet karena internet ada sumbernya ya dari sini. Pilihlah provider internet yang memberikan banyak keuntungan seperti bisa memberikan internet yang cepat dan stabil.


provider internet IndiHome


Kalau saya sih merekomendasikan provider internet IndiHome, di daerah saya sudah banyak yang menggunakannya juga dan mereka juga bilang IndiHome memberikan internet cepat dan internet stabil. Sudah tahukah IndiHome? IndiHome dari Telkom Indonesia, pasti sudah kenal ya dengan Telkom Indonesia ini dan sudah jelas produknya selalu recommended.


Baca juga :

Spesifikasi Smartphone Oppo F7, idaman para Mobile Gamers


IndiHome dari Telkom Indonesia


Pakai IndiHome selain jadi lancar browsing, download dan upload, buat kamu yang suka main game ada paket layanan internet IndiHome Game dan kamu jadi bisa main game sepuasnya. Internet yang cepat dan stabil memang penting banget untuk mendukung kelancaran pekerjaan dan juga menikmati hobi dengan nyaman.

 

 

CatatanRia.com

29 comments:

  1. Biasanya semakin banyak pengguna, koneksi internet bakalan lemot sih. Itu pun kalau provider nggak mampu mengantisipasinya. Untung aja internet IndiHome dari Telkom Indonesia selalu cepat dan stabil dalam koneksi jaringannya.

    ReplyDelete
  2. Jadi kalau internet ga stabil belum tentu dari sinyalnya tapi juga dari peranmgkat/gadgetnya ya Kak. Ngeselin banget kalau internetnya sloww bingit padahal lagi butuh kirim data buat kerjaan.

    Untung sekarang ada internet cpat IndiHome.

    ReplyDelete
  3. bener mba kalau internet ga stabil itu asli bikin mumet. dan kadang jadi bete sendiri seharian.. hehe jadi ya kalau ada internet rumah kudu yang paling stabil koneksinya

    ReplyDelete
  4. Internet simetris 1:1 itu gimana, ya? Semoga IndiHome sudah memenuhi ini.

    ReplyDelete
  5. Wah ada internet IndiHome jadi lancar mau ngegame juga nggak takut lagi.

    ReplyDelete
  6. Internet lola itu bener-bener ngajak gelut deh, apalagi kalau pekerjaan pas lagi di titik kritis (deadline, harus segera dikirim, ditunggu klien, dsb). Pakai internet cepat dan stabil terbukti mengurangi stresku :))

    ReplyDelete
  7. Internet harus stabil kalo mau lancar dalam setiap akifitas digital. IndiHome menghadirkan internet stabil dan lancar bikin kerjaan digital jadi lebih lancar.

    ReplyDelete
  8. Bener bangeet, internet yang cepat dan stabil memang penting sekali untuk mendukung kelancaran dan efisiensi pekerjaan serta juga menikmati hobi dengan nyaman.

    ReplyDelete
  9. Ternyata cukup banyak juga ya penyebab internet tidak stabil, paling parah kalau penyebabnya adalah dari providernya. Jadi kudu pinter cari provider yang memiliki portofolio baik ya

    ReplyDelete
  10. Banyak penyebab internet tidak stabil ya kak, tapi solusi tepat mengatasinya memang dengan menggunakan layanan internet dari IndiHome. Melakukan hobi seperti bermain game tidak nge-lag lagi.

    ReplyDelete
  11. Nah iya, urusan cache itu tuh yang suka bikin terlupa dibersihkan padahal ngasih pengaruh juga ya buat kecepatan perangkat biar internetnya melaju lancar.

    ReplyDelete
  12. Pernah banget ngalami koneksi internet lemot, ternyata karena banyak yang makai. Untung IndiHome bisa upgrade kecepatan, jadinya bisa request deh

    ReplyDelete
  13. setuju nih kak, pernah suatu saat internet lemot dan udah restart mulu gk berhasil, eh gk taunya, dgn hapus cache langsung ngacir dong. Ternyata sesimpel itu, tapi byk org yg belum tahu trik ini, hi

    ReplyDelete
  14. Kalau di rumah saya kasusnya karena banyak yang makai jadi internet lelet. Wkwkwkwk.

    Tapi kalau pakai IndiHome, lancar terus, mau dipakai buat streaming, ngegame, dan lainnya. Lancar jaya.

    ReplyDelete
  15. internet merupakan bagian penting sekarang dalam kehidupan sehari hari. Internet lancar dan cepat memang jadi hal mutlak di zaman serba modern seperti sekarang apalagi buat saya yang banyak mulai kerja dari rumah

    ReplyDelete
  16. Oohh cache numpuk ini bisa jadi trigger sehingga internet jadi ngga stabil yak ternyata? Duh harus rajin rajib bersihin cache nih aku

    ReplyDelete
  17. Banyak juga faktor yang membuat jaringan internet kita jadi tidak stabil
    Kalau aku sih uda aman, karena aku pakai IndiHome yang jaringannya selalu cepat dan stabil

    ReplyDelete
  18. Banyak pengguna itu yang berpengaruh banget sama kecepatan internet apalagi yang pake streaming sama gaming. Tapi kalo IndiHome udah antisipasi itu deh..

    ReplyDelete
  19. Indihome emang bagus saya turut merecomendasikan apalagi skrg banyak fitur menarik.

    ReplyDelete
  20. Banyaknya cache yang menumpuk ternyata bisa mengganggu kecepatan internet ya. Setelah tahu ini saya harus lebih rajin bersih-bersih cache yang tertinggal nih sepertinya

    ReplyDelete
  21. Emang sih kalau lagi akses internet yang lambaan banget itu bikin emosi jiwa. Apalagi kalau udah lelah sebelumnya yak. Kebetulan aku juga pake IndiHome sih di rumah, kayaknya empat tahun langganan, ngga pernah sampe loading lamba banget gitu.

    ReplyDelete
  22. Emang sih kalau lagi akses internet yang lambaan banget itu bikin emosi jiwa. Apalagi kalau udah lelah sebelumnya yak. Kebetulan aku juga pake IndiHome sih di rumah, kayaknya empat tahun langganan, ngga pernah sampe loading lamba banget gitu.

    ReplyDelete
  23. Nah, cache yang menumpuk dan tidak dibersihkan bisa jadi penyebab internet tidak stabil dan lambat ya. Aku nih baru paham juga tadi sore. Kok mendadak hape lemot banget. Kupikir karena koneksi internetnya, taunya tumpukan cache ngabisin source sampe hampir 2Gb. Setelah clear cache, eh jadi enteng lagi

    ReplyDelete
  24. Browsing lancar selain didukung oleh gadget yang mumpuni juga koneksi internet cepat. Senang sekali kehadiran IndiHome di tengah pandemi kemarin dan hingga kini terus meningkat dari segi fasilitas dan pelayanannya.

    ReplyDelete
  25. internet lelet itu memang bikin bete yaa bisa bikin kita kurang produktif dan mengganggu kinerja. memang paling pas pilih IndiHome yang sudah terjamin kecepatannya

    ReplyDelete
  26. Poin no 4 dan 5 aku baru tahu nih, ternyata bisa jadi penyebab internet kurang stabil

    ReplyDelete
  27. Alhamdulillah sekarang smartphone baru dong ya Mbak :)
    semangat kerja lagi dong ini karena di rumah udah pakai internet cepat dan internet stabil, kerjaan dunia maya bisa lebih cepat beres ini mah :)

    ReplyDelete
  28. bener nih, kalau providernya berkualitas, udah pastilah minim gangguan

    ReplyDelete
  29. Paling bikin kesal emang, lagi enak2 kerja tiba2 internet lemot atau tiba2 koneksinya putus :(
    Tapi alhamdulillah sekarang uda ada IndiHome jadi sangat terbantu buat siapapun yang ingin koneksi internet cepat dan stabil <3

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V