6/8/22

Cara Ampuh Mengatasi Pilek Pada Anak Tanpa Obat

Halo semua, semoga kawan semua sedang dalam keadaan sehat ya. Bandung lagi dingin hampir setiap sore turun hujan, dan makin banyak yang kena flu dan selesema disini. Termasuk anak-anak saya nih jadi kena selesema, untungnya saya diberi kesehatan sehingga bisa merawat anak-anak.




Selesema atau biasa orang menyebutnya pilek menurut wikipedia adalah penyakit yang menyerang saluran pernafasan atas. Gejala yang biasa dialami hampir mirip dengan Influenza, penderita akan mengalami batuk, sakit tenggorokan, pilek, bersin dan demam. Biasanya selesema ini akan membaik dalam 7 atau 10 hari.


Sakit selesema ini memang mudah sekali ya menyerang anak-anak, karena daya tahan tubuh anak yang masih lemah dibandingkan orang dewasa. Tentunya sebagai orang tua sedih sekali jika melihat anak sakit. Untuk itu sebagai orang tua kita harus upgrade ilmu mencari tahu bagaimana cara menangani sakit flu dan harus siaga merawat anak kita yang sedang sakit.


Cara Mengatasi Pilek Pada Anak Tanpa Obat 

Untuk mengatasi pilek pada anak-anak saya jarang sekali memberi obat, eh sepertinya memang gak pernah kasih obat saat anak-anak pilek. Jadi saya melakukan hal-hal yang bisa meringankan si pilek, seperti berikut ini cara mengatasi pilek pada anak tanpa obat :


1. Banyak Minum

Saat pilek jaga anak agar tetap terhidrasi, jika anak masih ASI maka berikan ASI lebih banyak namun jika sudah lepas ASI berikan air putih yang banyak atau bisa juga memberikan makanan yang berkuah. Berikan air hangat juga bisa membantu mengencerkan lendir di hidung.


2. Banyak Istirahat

Membatasi waktu main anak untuk lebih banyak istirahat dengan banyak tidur. Kurang istirahat dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh anak, sehingga proses penyembuhan dapat lebih lama lagi. 


3. Menghirup Uap Air

Menghirup uap air ini cukup membantu untuk melegakan hidung anak-anak yang sedang pilek. Caranya mudah panaskan air hingga mendidih, kemudian tutupi anak dengan handuk dan ajak untuk menghirup uapnya. Tapi ini harus hati-hati ya jangan sampai anak memegang baskom air panasnya. Biasanya sama saya air panasnya diberi minyak kayu putih beberapa tetes.


4. Menggunakan Nasal Spray

Nasal Spray atau semprotan hidung bisa digunakan untuk membantu mengobati gejala alergi di hidung atau pilek. Menurut saya ini membantu sekali karena anak saya yang belum bisa mengatasi sendiri saat hidung tersumbat, sehingga saat pilek gak terlalu rewel memakai nasal spray.


Betadine Cold Defence Nasal Spray

Untuk Nasal Spray saya selalu menggunakan Betadine Cold Defence Nasal Spray saat saya dan anak-anak pilek. Betadine Cold Defence Nasal Spray ini merupakan semprotan hidung yang memiliki kandungan alami Carragelose (lota - Carageenan) yang merupakan bahan alami dari jenis rumput laut merah. Carragelose ini juga terbukti ampuh membantu menghilangkan beberapa jenis kuman penyebab pilek dan flu. Produk ini bisa digunakan untuk anak-anak sampai dewasa.


Betadine Cold Defence Nasal Spray


Manfaat dari Betadine Cold Defence Nasal Spray

  1. Dapat mengurangi tingkat keparahan pilek dan flu
  2. Produk ini sudah terbukti secara klinis membantu mengurangi durasi gejala pilek dan flu hingga 2 hari
  3. Berbahan alami, Preservatives Free, Steroid Free, Drug Free
  4. Produk ini aman digunakan untuk anak-anak mulai dari usia 1 tahun

Cara Menggunakan Betadine Betadine Cold Defence Nasal Spray

Untuk cara menggunakan Betadine Cold Defence Nasal Spray ini sangat mudah sekali dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Berikut untuk caranya :
  1. Sebelum menggunakannya, bersihkan hidung terlebih dahulu
  2. Sebelum spray digunakan buka tutup pelindungnya dulu, kemudian pompa beberapa kali atau sampai dapat disemprotkan 
  3. Duduk posisi tegak kemudian miiringkan kepala jadi agak menunduk
  4. Saat akan menyemprotkan, usahakan posisi botol tegak 
  5. Semprotkan pada rongga hidung 1x saja
  6. Kemudian kamu bisa ulangi pada rongga hidung satunya, lalu bernafaslah perlahan
  7. Kamu bisa lakukan ini sebanyak 3x dalam sehari

Untuk anak usia 1 tahun ke atas gunakan sebanyak 2-3 semprotan pada setiap lubang hidung 3x sehari. Dan untuk dewasa gunakan 3 semprotan pada setiap lubang hidung 3x sehari. 


Kalau Mom gimana cara mengatasi pilek pada anak tanpa obat? Share juga ya di kolom komentar.
Cek produk Betadine lainnya di https://betadine.co.id/



CatatanRia.com

1 comment:

  1. Di musim dingin seperti ini memang si kecil sensitif banget saat hawanya udah mulai dingin pasti si kecil mulai pilek. Hemm, ga hanya si kecil kadang kita sendirii juga apalagi pas sistem imun lemah-lemahnya. Mantep ini bisa dicoba, terima kasih tipsnya!

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V