6/10/22

Pentingnya Melakukan Financial Check Up Sebelum Investasi

Banyak orang menyadari pentingnya melakukan medical check up. Namun tahukah kamu, bukan hanya kesehatan yang memerlukan medical chck up, kondisi keuangan pun termasuk hal yang penting sehingga tetap harus diperhatikan dan harus dicek secara perlahan.




Alasan Pentingnya Financial Check Up

Bagi orang-orang yang peduli dengan kondisi finansialnya pasti akan secara rutin melakukan pengecekan kondisi keuangannya, karena mungkin saja akan ada risiko masalah keuangan yang bisa datang tiba-tiba. Jika kamu rutin melakukan pengecekan maka kamu akan segera memperkirakan masalah apa saja yang bisa mengancam kondisi keuangan. Dan kamu pun bisa dengan cepat merencanakan tindakan apa yang bisa dilakukan guna mengatasi indikasi masalah keuangan tersebut.


Jika kamu memiliki gaji yang berlimpah belum tentu ini bisa membuat kamu terbebas dari risiko munculnya masalah pada kondisi keuangan. Meski memiliki gaji yang besar, tetap saja ada kemungkinan bahwa cara mengelola keuangan yang tidak tepat.


Dengan melakukan financial check up, kamu bisa mencatat segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan dan kekayaan. Nantinya kamu dapat mengetahui banyak hal, seperti jumlah aset yang dimiliki, adakah hutang yang perlu dilunasi, serta kearah mana pergerakan arus keuangan berjalan saat melakukan financial check up


Oleh karena itu, FWD Insurance akan membagikan beberapa alasan agar kamu perlu membuat financial check up :

1. Mengetahui semua penghasilan dan pengeluaran

Mungkin banyaknya uang yang harus dibayarkan untuk memenuhi seluruh kebutuhan setiap bulannya akan membuat kamu merasa terbebani. Atau bahkan kamu merasa besarnya biaya yang dikeluarkan tidak sebanding dengan penghasilan yang diterima. Jika hal ini terjadi pada kamu, kemungkinan ini karena kamu yang tidak pernah melakukan pemeriksaan kondisi keuangan. Financial Check Up ini sangat berguna merekap ulang semua pengeluaran dan pemasukan rutin.


Dari hasil pengecekan keuangan maka kamu dapat degan mudah mengetahui dimana pengeluaran terbesar kamu yang menghabiskan penghasilan.Sehingga kamu bisa mengatur keuangan lebih baik lagi. Tak hanya mengetahui pengeluaran pokok seperti untuk membayar tagihan dan kebutuhan sehari- hari, pengeluaran untuk kebutuhan sekunder, tersier, maupun untuk kegiatan refreshing pun bisa segera Kamu ketahui dengan melakukan pengecekan keuangan.  


Hal ini tentu dapat memberikan penjelasan tentang keperluan apa saja yang membuat penghasilan “hilang” selama ini. Oleh karena itu, usahakan untuk rutin melakukan financial check up guna mengetahui segala penghasilan serta pengeluaran yang kamu miliki setiap bulannya. 


2. Lebih handal dalam mengelola keuangan 

Dengan mengetahui seluruh pengeluaran, kamu bisa lebih mudah dalam memperkirakan nominal uang yang harus dibayarkan untuk memenuhi kebutuhan selama sebulan. Hal ini akan membuat kamu bisa lebih memahami dengan kondisi keuangan dan bisa menjadi pengelola keuangan yang handal.'


Jika dalam financial check up kamu menemukan pengeluaran yang terlalu banyak dan dapat mengancam kondisi keuangan, sebaiknya kamu segera mencari cara terbaik agar pengeluaran bisa dikurangin lagi. Lalu kamu bisa juga menghilangkan pengeluaran yang sepertinya kurang penting agar kondisi keuangan bisa terjaga.


Dengan melakukan pengurangan pada jumlah kebutuhan dapat memberikan imbas yang positif pada kondisi keuangan. Keuangan akan memiliki surplus yang bisa digunakan pada hal-hal yang jauh lebih penting guna menambah penghasilan maupun untuk tabungan di masa depan.


Kelebihan uang tersebut juga bisa kamu manfaatkan untuk memiliki investasi jika memang memungkinkan. Jadi dengan rutin melakukan pengecekan kondisi keuangan,  maka akan membuat kamu menjadi pengelola keuangan yang lebih baik karena dapat mengontrol jumalah penghasilan dan pengeluaran.


3. Merencanakan kehidupan di masa depan

Setelah kamu mengetahui jumlah penghasilan dan pengeluaran, kamu menjadi lebih handal dalam mengentrol keuangan. Kamu juga akan memperoleh gambaran seberapa besar kemampuan untuk dapat mengelola serta menyisihkan penghasilan.


Melakukan financial check up dapat membantu kamu mempersiapka kemampuan finansial di masa depan. Tentunya hal ini sangat penting untuk dilakukan guna merencanakan kehidupan selanjutnya. Dan perlu kamu ketahui juga, saat mengetahui siklus keluar-masuk kekayaan yang dimiliki akan membuat kamu bisa merencanakan impian apa yang mungkin bisa dilakukan. Dan impian ini bisa terwujud jika siklus keuangan bisa tetap terjaga dengan baik.


Kamu juga bisa merencanakan masa depanmu dengan memiliki perlindungan, sehingga jika kamu mengalami risiko di kemudian hari sudah ada perlindungan. Dengan perlindungan dalam bentuk asuransi seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa atau asuransi lainnya kamu dan keluarga bisa menikmati hidup yang lebih berkualitas terbebas dari rasa khawatir. 


Nah pas juga nih, FWD Insurance memiliki produk asuransi kesehatan bernama FWD Critical First Protection. Produk ini memberikan solusi proteksi yang tidak hanya mudah dipahami dan terjangkau preminya, tetapi juga mudah di klaim serta mencakup berbagai kondisi kritis, baik yang disebabkan oleh penyakit maupun kecelakaan. Selain itu jika kamu tidak pernah mengajukan klaim, kamu tidak perlu khawatir karena uang premi dapat kembali 100% diakhir masa asuransi. 


Saat ini FWD Insurance sedang memiliki promo gajian loh, jadi jangan sampai ketinggalan. Diskon hingga 30% untuk setiap pembelian/kepesertaan premi tahun pertama produk Asuransi Bebas Handal FWD Cancer Protection, Bebas Rencana dan Bebas Aksi dengan periode hingga 31 Mei 2022. Untuk informasi lebih lanjut, bisa cek di fwd.co.id.


Gimana yuk mulai dari sekarang mengelola keuangan lebih baik lagi.



CatatanRia.com

1 comment:

  1. Financial check up, baru dengar istilah ini penting banget ternyata untuk mengetahui data finansial. Dengan ini sih bisa menentukan kedepannya akan investasi atau tidak dan bisa mengontrol jalannya uang. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V