2/24/16

Resep MPASI : Frozen Food Bakso Tuna

Bikin frozen food lagi untuk si kasep kesayangan. Kali ini saya membuatkan bakso tuna untuk frozen foodnya iyas. Saya memilih dijadikan bakso karena iyas kalau makan ikan tuna kadang cuma dicicip sedikit saja, saya gemes lihatnya. Kalau bakso iyas enggak nolak, mau bakso ayam, udang, sapi semua juga pasti dimakan sama iyas. 

Kenapa saya memilih ikan tuna bukan tenggiri? Saya memilih ikan tuna karena ikan tuna biasanya sudah difillet jadi tidak perlu memisahkan duri lagi dan ikan tuna harganya lebih murah dari ikan tenggiri. Saya beli ikan tuna di mang sayur langganan Rp. 30.000/500gr, lumayan tidak terlalu mahal untuk saya. Lagipula mencari ikan tenggiri disini sulit sekali, kata mang sayur ikan tenggiri yang dipasar biasanya sudah jadi bubuk. Saya ragu kalau membeli bubuk ikan tenggiri takutnya sudah ada campuran lain-lain, disupermarket ada ikan tenggiri tapi harganya enggak masuk untuk tanggal tua seperti sekarang. 

Ikan tuna ini mengandung protein yang lebih tinggi dibandingkan telur dan juga mengandung omega 3 bagus untuk anak seusia iyas. Selain itu ikan tuna juga memiliki beberapa manfaat, diantaranya adalah baik untuk kesehatan jantung, dapat mencegah stroke, mencegah obesitas, mencegah kanker payudara dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Saya share resep bakso ikan tuna yang sudah saya buat.

Resep Bakso Tuna

Bahan
500 gr ikan tuna fillet, haluskan
100 gr tepung tapioka
3 siung bawang putih, haluskan
1 sdt merica bubuk
2 sdt garam
50 ml air

Cara membuat
1. Campur semua bahan, aduk hingga rata.
2. Bentuk bulat adonan bakso, jika sulit membulatkan bisa dengan bantuan sendok makan.
3. Masukkan bakso yang sudah dibulatkan ke air mendidih (pakai api kecil saja untuk memasak bakso agar bisa matang merata dalamnya). Jika bakso sudah mengambang, angkat bakso. 
4. Bakso siap disantap atau bisa dijadikan frozen food.

Untuk resep ini saya bisa membuat 38 butir bakso ukuran sedang, begitu matang langsung diserbu iyas dan suami. Kalau ada anak yang sulit makan sayur bisa tambahkan sayuran ke dalam adonan bakso, misal parutan wortel atau parutan brokoli. Untuk anak dibawah 1y bisa skip garam dan merica bubuk, optional bisa diganti dengan parutan keju. Yuk mommies selalu sediakan makanan sehat untuk si kecil.




CatatanRia.com

3 comments:

  1. Anak2 suka baksoo yah, iyas bagi baksooonya.. tuna juga enak yah di buat bakso mba?
    Kaina jg suka pdhl agak berlada buatan mbahnya.

    ReplyDelete
  2. ini sih bisa buat sekalian makan dewasa ya hehehe. Asyik ya MPASInya sehat homemade

    ReplyDelete
  3. kalau ikannya diganti ma ikan lain bisa ga ya hehe.,

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V