6/5/15

Tumbuh Kembang Anak


pic from google
Disebuah grup di facebook yang saya ikuti, banyak sekali ibu yang mengeluhkan tumbuh kembang anaknya. "Anak saya koq belum bisa jalan ya?". "anak saya kenapa belum bisa merangkak?", dan banyak lagi keluhannya. Lalu bagaimana dengan saya apa saya juga selalu mengeluhkan tumbuh kembang iyas?

Jawabannya tentu tidak. Saya tidak merisaukan masalah tumbuh kembang iyas. Disaat anak lain sudah bisa ini dan itu tapi iyas belum bisa. Anak lain chubby dan endut tapi iyas langsing. Saya tidak masalahkan semua itu, jika iyas belum bisa ini dan itu mungkin memang belum saatnya saja. Lalu iyas enggak endut dan chubby berat badannya segitu-gitu aja, enggak masalah juga yang penting setiap bulan di KMS berat badannya selalu naik dan masih dalam zona aman.

Tumbuh kembang anak itu berbeda-beda jadi tidak perlu kwatir jika masih dalam tahap normal. Misal umur 7 bulan belum bisa merangkak, ada koq anak yang 10 bulan baru bisa merangkak. Kalau kwatir bisa konsultasikan ke dokter. 

Kasihan kan si anak dibanding-bandingin sama anak lainnya hanya karena si anak belum bisa. Pernah ada yang bertanya pada saya apakah iyas sudah bisa jalan, saya jawab belum. Dan orang itu dengan santainya bilang "Enggak pernah dilatih sih". Haduh ini orang enggak tinggal bareng dengan saya tapi sudah bisa mengambil kesimpulan seperti itu. Lagipula iyas baru juga berulang tahun yang pertama. Saya sih memang tidak pernah melatih tapi hanya menstimulasi eh sama aja ya hihihi.

Alhadulillah perkembangan iyas tidak terlambat hanya berat badannya saja yang lambat, secara iyas super duper aktif anaknya mungkin makanan yang masuk jadinya energi. Iyas tengkurep termasuk telat usia 4 bulan 3 minggu ya hampir 5 bulan baru bisa miring dan tengkurep, usia 5 bulan sudah bisa duduk tegak tapi belum duduk sendiri, usia 6 bulan sudah bisa duduk sendiri, 7 bulan sudah bisa merangkak lanjut berdiri sambil pegangan. Usia 9 bulan gigi pertama baru tumbuh sampai usia 13 bulan sekarang giginya baru 6. Usia 12 bulan 3 minggu iyas baru bisa melangkah sedikit-sedikit dan sekarang 13 bulan udah lancar jalannya, udah bisa menjelajah rumah. Eh tapi iyas baru bisa berdiri sendiri di usia 13 bulan, sebelumnya kalau mau jalan iyas pegangan benda sekitarnya dulu baru deh jalan. Kebalik ya biasanya kan berdiri sendiri dulu baru deh jalan.

Masih kwatir anak belum bisa ini dan itu atau kwatir berat badan anak yang segitu-segitu aja. Jangan kwatir ya maks tumbuh kembang anak berbeda-beda, percayakan pada si anak kalau dia pasti bisa.




Corat - Coret [Ria Nugroho]

4 comments:

  1. Saya juga santai saja, tapi Biasanya orang2 yang rempong dengan pertumbuhan anak kita. Sekarang kok kurus begini begituh, kadang gemes juga dengernya :)

    ReplyDelete
  2. Hmmm kadang suka kesel yah klo dibanding2 in heheee keep strong :D iyas langsing kaya umi abi yah ^^ sehat selalu nak

    ReplyDelete
  3. tiap anak kan beda ya gak bisa disamakan mau jalan di umur sekian, ada yang cepat ada yang lambat

    ReplyDelete
  4. Setiap orang tua memang harus selalu mengecek tumbuh kembang buah hatinya. Siapa tau ada penyakit yang tidak nampak.

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V