5/29/11

Sepenggal cerita dari Klaten

Kira-kira seminggu yang kemarin aku dan bapakku pulang kampung ke Klaten. Sedih saat itu karena aku pulang kampung bukan untuk jalan-jalan, tetapi untuk melayat tanteku tersayang yang meninggal dunia karena penyakit kanker payudara yang diidapnya beberapa tahun terakhir ini. Sebenernya udah mau update cerita pulang kampung ini dari kemarin, tapi aku menunggu kekuatan dulu buat cerita. Dan sekarang dengan kekuatan bulan aku akan menceritakannya hehehehe. *nyengir*

Tengah malam jum’at minggu lalu, sepupuku telfon aku. Saat itu aku udah ada firasat gak enak koq nelpon tengah malem dan saat aku tanya kenapa, ternyata dia membawa kabar duka tanteku meninggal dunia. Malam itu aku gak bisa berkata-kata selain menangis, aku yang saat lagi telpon2an sama abi juga cuma menangis ditelfon dan abi berusaha menguatkan. Aku gak bisa tidur sampai cuma nangis dan bengong aja terus sampai jam3 pagi, aku keluar kamar dan lalu siap-siap ke stasiun kereta. Jam setengah5 subuh aku dan bapak berangkat ke stasiun senen.

kereta bisnis Fajar yang aku naikin
Pemandangan luar kereta agak buram karena kaca keretanya
Pertama kalinya aku menginjakan kaki distasiun Yogya

Aku naik kereta bisnis fajar yang ke yogya dan dari yogja aku nyambung lagi naik kereta ke Klaten. Pas dikereta fajarpun aku gak bisa tidur habis berisik sih kalo siang suka ada yang jualan ya walaupun gak banyak sih. Yang paling menyiksa pas aku naik kereta yang keklaten huhuhu :’( berdiri padahal barang bawaan berat banget, si tam-tam sih yang bikin berat. Alhamdulillah sampai di Klaten jam7 malam.

Sesampainya dirumah saudaraku, aku istirahat, mandi, makan dan lalu aku pergi kerumah Alhmarhumah Le Mul. Disana ramai keluargaku, pas disana nyess lemes akunya bener-bener sedih mau nangis gak bisa soalny disana ada anak-anaknya Le Mul dan mbah putriku takut bikin mereka juga jadi sedih. Aku ingat rumah itu dulu aku suka nemenin Le Mul masak dan bersih-bersih disana :’(
Baru pulang jam10 malam, itupun gak langsung tidur aku masih online update postingan blog dan telpon2an sama abi. Sekitar jam 12.30 aku baru tidur, akhirnya dan akhirnya aku tidur juga akhirnya merem juga mataku setelah terjaga sekian lama.

Keesokan malamnya, malam minggunya sepupuku mengajak aku jalan-jalan ke Alun-alun Klaten, tentu aku mengiyakan karena kupikir aku butuh penyegaran pikiran. Ternyata aku baru sadar saat aku lagi sedih, berkumpul dengan keluarga itu bisa menjadi obat yang mujarab. Aku seneng punya sepupu-sepupu seperti mereka ^______^ DiAlun-alun kami kayak kamping duduk dilapangan hehe, makan jagung bakar, makan sosis dan nugget goreng dan minum jus. Hmm percaya gak Jusnya murah loh cuma Rp. 3500 :D
Aku, ade-ade sepupuku dan keponakanku
Kami keluarga bahagia
mari minum jus dan makan jagung bakar

Setelah pulang dari Alun-alun, aku tepar badanku rasanya remuk semuanya. Tadinya pas minggu aku udah janji mau ikut tanteku ke Gunung Kidul, tapi akhirnya kubatalin soalnya gak kuat udah mau rontok tulangku. Mungkin aku kurang tidur dan kecapean juga. Akhirnya hari minggu aku habiskan dengan bercanda dengan sepupu dan keponakan maen game.

Senin sore aku balik lagi deh ke Tangerang, singkat ya disana. Aku juga masih belum bisa lama-lama di Klaten, karena kalau disana membuat aku jadi teringat kenangan-kenangan saat masih ada Almarhumah. Lain waktu aku akan pulang lagi ke Klaten, pengen juga kopdaran ma temen-temen blogger yang tinggal daerah klaten dan sekitarnya hehehe.

Oh iya sehari sebelum tantenku meninggal aku memang sudah ada firasat gak enak, gak tau tiba-tiba aja aku menjatuhkan Pondsku sampai pecah berkeping-keping. Terus pas aku lagi bersihin belingnya, eh entah kenapa tanganku tergores sampai berdarah padahal aku udah super hati-hati. Dan ternyata malam selanjutnya aku mendapatkan kabar kalau Le Mul meninggal :'(

Best Regards,
Corat – Coret [Ria Nugroho]

29 comments:

1. Jadi ikutan sedih nih mbak :(
    gimana sekarang perasaannya? udah mendingan?

2. @Sang Cerpenis bercerita : makasih mba :D

@Riska mbem : iyah ris Alhamdulillah sekarang udah mendingan ^^ udah bisa menerima semua :D

3. turut berduka, semoga arwah tantenya diterima di tempat terbaik di sisiNya...Amien.

ReplyDelete
  4. turut berduka cita...oh kampung halamannya di Klaten ya...

5. Salam

Saya turut berduka cita kawan..
    Semoga amal dan perbuatan nya diterima disisiNya..

Salam kawan

ReplyDelete
  6. semua pasti menuju kesana,semestinya jadi peringatan buat kita,kita juga bakal nyusul...

7. Salam

WAh, lagi ngereview yach..
    Ijin melihat ke TKP mbak..

Salam kawan

ReplyDelete
  8. i'm sorry to hear that... btw kayaknya lo sama yang laennya ga terpengaruh yah sama berita dukanya... salut !!!!

9. @wien : Amin makasih ya ^^

@Tourism : iyah nenek ma kakek tinggal di Klaten

@DenBaGas : Amin makasih ya :)

@I-one : iyah semua manusia pasti akan meninggal :)

@Noeel-Loebis : terpengaruh?hehe biarlah duka disimpan dihati saja :)

ReplyDelete
  10. turut berduka ya Ria....

duh,,,jadi pengen ke klaten...uda lama gak ke rumah mbah...

11. muterin Klaten emang nggak bisa dalam hitungan hari qe3 saking banyak tempat kerennya. Apalagi kalau mampir Jogja atau Solo, wuaaa... bisa lupa pulang ke Tangerang qe3

12. Turut berduka cita...,

btw, STP MP3 player tu kayak winamp ria, cuma lebih ringan, lumayan buat menjaga kompie biar awet...,^^

oh iya..., ada award buat kamu..., ditengok ya...,^^

ReplyDelete
  13. alun-alun klaten, saya jadi inget dulu pernah nonton sirkus pas nginep di tempet temen saya yang di klaten.. plus beli harum manis dan bakar jagung juga!.

soal tante kamu, saya turut berbelasungkawa. Semoga amal ibadah diterima disisiNya.

yang kamu alami, mungkin namanya firasat.. lain kali bisa jadi pertanda kalau ngalamin sesuatu yang nggak biasa,

14. Turut berduka cita ya semoga amal ibadahnya diterima

15. @riestabacil : iya makasih ris, oh iya kamu kan sama ya kampung halamannya di klaten

@Halaman Samping-nya Inung Gunarba : hahaha iya mas tp sayang kemaren waktunya gak pas

@Edo : oh gtu yah hehe maklum gapteg taunya cm winamp doank klo buat nyetel lagu :p makasih awardnya ak save ya

@Gaphe : wah ada sirkus dulu, skrg tambah rame phe alun2nya..makasih ya phe, iya mungkin itu firasat :)

@Call me Batz : iyah makasih ya

@Info ponsel : Amin makasih ya

@

ReplyDelete
  16. jangan sedih terus yah mbak, pasti almarhumah disana juga ikuta sedih klo mbak ria nya sedih..semangadd yaa ^^

btw jajanan di daerah seperti itu emang murah2 banged mangkanya klo aku pulkam jg pengennya jajan mulu, soalnya murah2 c :D

17. @dv : iyah dev aku udah bisa nerima sekarang insyaAllah iklash :) iya murah2 bgt disana sayang aku gak sempet kuliner disana :D

ReplyDelete
  18. Jangan sedih yah mba :)
    kita juga ntar berada disana :')

19. biasanya kalo orang meninggal malamnya suka ditahlilin, ini kok ditinggal jalan-jalan ke alun-alun njajan ejus?

ReplyDelete
  20. sabar ya Mbak, insyaAllah tantenya udah tenang disana :)

yaayy, itu jalan2 sekalian yaa Mbak.. keknya asik banget tu makan jagung bakarnya... (mmm)

21. @ichsan : iyah makasih ya

@Muhammad A Vip : hehe tetep tahlilan koq bang, itu karna aku udah 7tahun gak pulang kampung jadi sepupuku pengen ngajak aku jalan2 disana

@.:diah:. : Amin. enak dan murah diah hehe :D

22. kenapa ga pake kereta ke solo aja biar ga naik turun
    atau pake pesawat cuma nambahin cepek doang dari tiket fajar utama bisnis
    dari bandara langsung nyambung pramex, kereta komuternya jogja solo

ReplyDelete
  23. @rawins : kalo pagi gak ada mas kereta yg langsung ke Solo :D adanya malam yg senja utama

24. saya membaca tantenya meninggal karena kangker langsung prihatin.. :'(

25. Nderek belosungkowo mbak Ria. Wah..jadi kangen naik kereta ke Jogja. Perasaan terakhir naik kereta ke Jogja th 2007 akhir deh, waktu ngenalin calon suami ke bapak ibu dan keluarga di Jogja hehehe :-)

ReplyDelete
  26. tetep semangat ya riaaa :)
    suamiku juga asli klaten, kapan2 boleh ya kopdar di sana :D

27. Turut berduka cita ya ria..
    btw q lama ga eksis di blog sih, pdhl q asli klaten dn skrg lg di klaten coba q tauya. kita kpdar deh.
    hehehe
    ya next time aja ya...

ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^