9/10/18

Bebas Panas Dalam dengan Larutan Cap Kaki Tiga

Siapa yang suka bala-bala? Batagor? Nasi Padang? 

Jika ada pertanyaan begitu saya ngacung semua hahahaa laper atau maruk ya. Saya memang seneng sih makanan goreng-gorengan, bersantan dan pedas. Menurut saya makanan-makanan seperti itu enak banget, tapi sayang bukan termasuk makanan yang sehat jika dikonsumsi terlalu sering.



Karena terlalu suka dengan goreng-gorengan saya jadi sering terkena panas dalam. Iyalah makanannya goreng-gorengan eh makan sayurnya jarang, minum air putihnya juga jarang ya udah deh sering kena panas dalam. Mulai dari bibir pecah-pecah, tenggorokan kering dan susah BAB. Padahal hampir setiap hari masak sayuran sih buat anak-anak, tapi kadang suka lupa pas makan nasi sayurannya dilewat hehehe.

Apa sih panas dalam?

Mungkin ada yang belum mengetahui panas dalam ini, mengalami panas dalam tapi tidak mengetahuinya. Karena memang sih panas dalam bukanlah sakit yang terbilang berat tapi bagi saya cukup mengganggu enggak enak ditubuh. Jadi panas dalam itu adalah kondisi dimana tubuh kita mengalami panas yang berlebih terutama di saluran pencernaan kita. 

Penyebab Panas Dalam

Kenapa sih tubuh kita bisa terkena panas dalam? Apa hubungannya makan gorengan sama panas dalam? Jadi gini loh, panas dalam itu biasanya diakibatkan karena kita terlalu banyak memakan makanan yang bersifat panas daripada yang bersifat dingin. Panas disini bukan makanan yang baru matang dan masih berasap yaaa. Jadi maksud dari makanan panas adalah makanan seperti goreng-gorengan dan makanan yang berlemak. Lalu makanan yang bersifat dingin adalah seperti macamnya sayuran dan buah-buahan.

Nah gara-gara saya yang kurang makan sayur sehingga tubuh saya kekurangan asupan serat dan cairan, dan ini yang menyebabkan saya jadi sering terkena panas dalam. Selain dari makanan ada juga faktor lainnya yang menyebabkan seseorang terkena panas dalam yaitu cuaca yang panas dan faktor stress. Cucokk banget dehhh ini juga, Bandung sekarang kan sedang panasnya juara, cucian baju aja kalau dijemur hanya beberapa jam udah langsung kering karena panasnya terik banget setiap siang. Terus STRESS kalau ini biasanya karena faktor kelelahan dan kurang tidur ngurusin anak-anak dan kerjaan dosmetik sehingga kadang membuat saya stress tapi tetap waras.

Gejala Panas Dalam

Kebanyakan orang beranggapan bahwa gejala panas dalam adalah bibir pecah-pecah dan sariawan. Padahal ada gejala lainnya loh, ini dia beberapa gejala dari panas dalam :
  1. Mengalami gangguan saluran pencernaan seperti sembelit dan ambeien. 
  2. Mulut terkena sariawan dan bibir pecah-pecah.
  3. Sakit tenggorokan dan kadang tenggorokan terasa begitu kering
  4. Mengalami meriang dan badan terasa tidak fit
Poin 1, 2 dan 3 terkadang orang tidak menyadarinya. Oleh sebab itu ada beberapa orang yang mengalami panas dalam namun tidak mengetahui kalau dirinya terkena panas dalam.

Cara Meredakan Panas Dalam

Saya itu sudah mengetahui apa saja penyebab panas dalam tapi tetap saja kadang khilaf konsumsi makanan yang bersifat panas. Sebenarnya sih enggak masalah makan makanan yang bersifat panas asalkan diimbangi dengan konsumsi makanan yang bersifat dingin. 

Ada 3 cara meredakan panas dalam yang ampuh nih, dan bisa kalian coba :

1. Makan sayur dan buah


Bala-bala bukannya sayur? Iya sih isinya sayuran tapi karena melalui proses digoreng jadi nutrisinya sudah banyak yang hilang. Yang baik sih makan sayur-sayur bening, tapi kalau suka tumisan juga boleh. Yang perlu diingat saat memasak sayuran tidak perlu terlalu lama, agar nutirsi masih tetap terjaga. Selain banyak makan sayur, makan buah juga biar seimbang. Sayur dan buah makanan bersifat dingin ini mengandung banyak serat sehingga bagus untuk meredakan panas dalam.

2. Minum Air Putih

Kamu pasti sudah tau donk ya kebutuhan air minum per hari adalah 8 gelas. Mengkonsumsi 8 gelas air putih dalam sehari itu seharusnya adalah WAJIB. Ahh dasar saya saja yang suka malas meluangkan waktu untuk minum sehingga target 8 gelas air putih dalam sehari terkadang tidak tercapai. Sebenarnya minum 8 gelas air itu tidak lah sulit, asal kita mau disiplin menyempatkan waktu untuk minum. Tapi kalau panas dalam meyerang saya, baru deh biasanya saya jadi rajin minum air putih yang banyak karena memang pengen cepat sehat *jangan ditiru.

3. Minuman Pereda Panas Dalam
Selain mengkonsumsi sayur buah dan air putih. Ada juga cara meredakan panas dalam yaitu mengkonsumsi minuman larutan pereda panas dalam. Tidak perlu takut akan membawa efek bahaya mengkonsumsi minuman pereda panas dalam, malah efeknya bagus bisa meredakan panas dalam #PastikanYangBenar, pilih saja minuman pereda panas dalam yang terbuat dari bahan alami. Kalau saya sendiri memilih Larutan Cap Kaki Tiga, sudah sejak kecil saya minum ini kalau sedang panas dalam dan Alhamdulillah panas dalam saya bisa sembuh dengan cepat.


Larutan Cap Kaki Tiga


Saya mengenal Larutan Cap Kaki Tiga ini sudah lama sekali sejak masih kecil. Yang saya ingat dulu mama saya sering kasihnya yang kemasan botol tanpa rasa, berjalannya waktu mulai ada Larutan Cap Kaki Tiga yang ada rasanya. Tapi tetap sih kalau saya sendiri cocoknya yang tanpa rasa, biasanya kalau kemasan yang ada rasanya buat saya minum jika sedang haus tenggorokan kering karena cuaca yang panas.

Kenapa Larutan Cap Kaki Tiga?


Manfaat Larutan Cap Kaki Tiga ini adalah dapat mencegah dan meredakan gejala panas dalam dengan cepat karena mengandung mineral alami gypsum fibrosum dan calcitum yang dapat meredakan panas dalam. Tidak perlu ragu dengan khasiatnya, Cap Kaki Tiga ini sudah ada lama loh i sekitar 80 tahun sudah dipercaya orang Indonesia untuk meredakan panas dalam. Cap Kaki Tiga pun sering mendapatkan penghargaan setiap tahunnya seperti Top Brand, Master Brand, Social Media Award dan masih banyak lagi penghargaan lainnya. Dan satu lagi yang membuat saya tidak ragu minum Larutan Cap Kaki Tiga adalah karena sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI dan sudah resmi terdaftar di BPOM RI.

Mau tau apa saja varian dari Larutan Cap Kaki Tiga?

Jadi sampai saat ini ada 3 jenis kemasan dari Larutan Cap Kaki Tiga, yaitu :


1. Kemasan Kaleng Rasa
Kemasan Kaleng Rasa ini enak sekali segar diminum saat tenggorokan terasa kering karena cuaca yang panas. Terdapat banyak varian rasa leci, melon, stroberi, jambu biji, jeruk, jeruk nipis dan anggur. Rasa leci selalu menjadi favorit saya.

2. Kemasan Botol Tawar (tanpa rasa)
Nah ini untuk jenis ini selalu menjadi favorit saya untuk meredakan panas dalam. Mungkin karena sejak kecil Mama selalu memberi saya yang botol plain. Terdapat dua ukuran botol untuk yang tawar ini ukuran 200 ml dan 500 ml.

3. Kemasan Botol Rasa
Untuk jenis hanya tersedia satu ukuran yaitu 320 ml dan memiliki banyak varian rasa juga ada leci, jambu, jeruk, jeruk nipis, melon dan stroberi. Saya sendiri jarang meminum untuk yang ini bukan karena enggak suka, tapi karena memang sudah terbiasa minum yang kemasan kaleng untuk Larutan Cap Kaki Tiga rasa.


Saat sedang berpergian saya pun sering membawa Larutan Cap Kaki Tiga dalam tas saya. Sehingga tiba-tiba terasa gejala panas dalam saya bisa segera meminumnya. Apalagi sudah beberapa minggu terakhir ini ibu-ibu kelas melati sekolahnya Babang Iyas sering ngajakin botram. Tau sendiri donk kalau sudah botram makanannya banyak yang goreng-gorengan dan juga pedas-pedas jadi rentan kena panas dalam. Sedia payung sebelum hujan itu perlu donk.


Larutan Cap Kaki Tiga juga salah satu minuman favorit di warung saya. Setiap ada yang panas dalam pasti ke warung yang ditanya "Ada Larutan Cap Kaki Tiga?". Oleh sebab itu saya selalu stock yang banyak, kan sayang kalau sampai kehabisan takutnya customer pindah ke warung sebelah hehehe.

FB :  Cap Kaki Tiga
IG : @capkakitigaid
Twitter : @kakitigaasli

Bagaimana cara meredakan panas versi kalian? Share ya di kotak komentar.




CatatanRia.com

18 comments:

  1. keingat waktu ada undangan ke negara malaysia saya nyelipkan cap kaki tiga di tas
    terus official yang jemput sedang sakit tenggorokan
    saya kasi minuman cap kaki tiga
    dan dia langsung merasakan efeknya
    trus bilang mau beli banyak klu ke indonesia hehehe

    ReplyDelete
  2. Udara lagi panas begini suka gampang deh kena panas dalam. Biasanya saya juga minum cap kaki tiga

    ReplyDelete
  3. sama mbak ria... dari dulu juga kalo aku panas dalam ya minum larutan Cap kaki 3 juga mbak #DuniaFaisol

    ReplyDelete
  4. Bandung lagi panas banget mbak? Jakarta juga sama panas banget. Orang rumah selalu langganan Larutan Cap Kaki Tiga kalo lagi panas dalam tapi kita lebih suka yang tawar, baru tau kalo kemasan botol ada yang berasa juga.

    ReplyDelete
  5. Pas banget mba. Saya kemarin-kemarin panas dalam selama seminggu. Jadi muncul sariawan gede juga. Akhirnya susah makan

    ReplyDelete
  6. Setuju kak, apalagi cuaca panas begini yah rentan sama panas dalam, konsumsi air putih dan buah2 an serta siapkan larutan cap kaki 3 sslalu

    ReplyDelete
  7. Larutan cap kaki tiga paling gampang ditemui atau dibeli di warung atau minimarket. Rasanya hampir mirip air tawar biasa, tapi ampuh ya meredamkan panas dalam.

    ReplyDelete
  8. Kalau aku wajib banget untuk konsumi larutan cap kaki tiga.Dan ga hanya aku tapi suami dan anak anakku. Kalau anakku suka yang larutan cap kaki tiga untuk anak. Langsung deh panas dalam hilang :)

    ReplyDelete
  9. Aku kalau panas dalam yang kuingat juga larutan penyegar Cap Kkai Tiga.
    Udah melekat brandingnya yaa :D

    ReplyDelete
  10. Panas dalam memang cocok dengan larutan cap kaki tiga.

    ReplyDelete
  11. sama, sayur dan buah penting banget saat panas dalam melanda. larutan ini juga jadi senjata ampuh di rumah juga sih buat keluarga.

    ReplyDelete
  12. Cap kaki tiga mah emang andalan kalo kemana mana. Saya suka ga kuat kalo abis panas panas anak.. pasti langsung panas dalam. Obatnya ya minum cap kaki tiga

    ReplyDelete
  13. Larutan penyegar Cap Kaki Tiga ini andalan keluargaku kalo lagi panas dalam.. menyegarkan dan ampuh ngatasin panas dalam yg bikin gak nyaman beraktivitas..

    ReplyDelete
  14. Aku termasuk yang lumayan sering kena panas dalam, biasanya kalo udah keseringan aktifitas di ruangan ber Ac dan kurang minum air putih. Cap kaki tiga juga salah satu pilihanku nih tuk pereda panas dalam.

    ReplyDelete
  15. Aku itu panas dalam akut, bahkan sering mimisan dulu mba pas SD. Penyegar cap kaki tiga ini sudah menjadi sahabat sejak dulu. Stoknha tidak pernah kosobg di kulkas.

    ReplyDelete
  16. Kalau panas dalam rasanya gak nyaman banget ya mbak, saya jg pernah panas dalam. Berasa mumet dan gak fit utk beraktivitas

    ReplyDelete
  17. Wahh kalau lihat ini langsung haus.. tp untung aku selalu nyetok.. hihii.. apalagi cuaca yg kurang bersahabat akhir2 ini.. terikkk seterik2nya.. tp aku sll mencoba menghindar dr jajanan2 yg tdk sehat

    ReplyDelete
  18. Mbaa aku jd kangeeen...smua jenisnya ku sukaaa
    Dan smua itu aku sukaaaa,nasi padang 😝😍

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V