3/1/17

Perlengkapan Bayi yang di butuhkan untuk dibawa ke rumah sakit

Waktu berjalan dengan cepat ya rasanya, enggak kerasa sekarang kehamilan saya sudah memasuki usia 34 weeks. Mungkin sebulan lagi dedek utun akan lahir atau sebulan lebih, pengalaman dulu kehamilan pertama lahir di usia 32 weeks, lalu kehamilan kedua lahir di usia 37 weeks jadi yang sekarang saya sudah harus prepare lebih awal takutnya maju lagi dari HPL.

Sejak memasuki usia 32 weeks kemarin saya sudah menyiapkan barang apa saja yang akan dibawa ke rumah sakit, namun karena belum lengkap jadi baru sekarang tasnya ready. Saya hanya menyiapkan dua tas saja, satu tas perlengkapan bayi dan satunya lagi berisi keperluan saya bersalin. Saya memilih rumah sakit yang tidak jauh dari rumah, jadi tidak membawa terlalu banyak kalau ada yang kurang bisa pulang dulu mengambilnya. Yang penting yang pasti diperlukan sudah masuk ke dalam tas.

Pengalaman dulu waktu melahirkan anak pertama, saya tidak menyiapkan apa-apa karena anak saya lahir prematur sebelum waktunya sudah harus dilahirkan karena sudah meninggal dalam kandungan saya. Ah sedih kalau mengingatnya. Lalu anak kedua saya juga menyiapkan sejak kandungan berusia 8 bulan tapi ternyata tetap saja ada yang ketinggalan dan kurang, waktu itu saya lupa membawa perlengkapan mandi bayi dan kain bedong pun kurang jadi terpaksa beli di supermarket dekat tempat saya melahirkan. Waktu itu tempat saya melahirkan jauh dari rumah sehingga tidak memungkinkan kalau suami bolak-balik kerumah. Maklum saja kami hanya berduaan saja, saya tidak punya keluarga di Bandung dan ibu Mertua harus jagain kucing saya Lucky dirumah hehehe jadi hanya suami yang bisa menemani.bnm,

Gambar dibawah adalah tas-tas yang sudah saya siapkan untuk dibawa ke rumah sakit, tas yang warna merah isinya perlengkapan bayi dan tas yang warna hitam isinya perlengkapan bersalin saya. Isinya enggak saya fotoin ya, soalnya malas untuk bongkar dan beresinnya lagi.


Untuk isi dari tas perlengkapan bayi adalah sebagai berikut, tidak terlalu banyak karena biasanya kalau melahirkan normal hanya menginap di rumah sakit 1-2 hari saja.

1. Baju bayi 9 pcs (Campuran lengan panjang, pendek, dan kutung)
2. Kaos dalam 6 pcs
3. Celana panjang 3 pcs (pengalaman enggak kepakai sih)
4. Popok kain 9 pcs (kalau pakai diaper bawa sedikit saja)
5. Diaper NB 6 pcs
6. Perlengkapan mandi (handuk, sabun, shampoo, bedak, washlap)
7. Gendongan bayi sling 1 pcs (untuk bawa pulang bayi)
8. Selimut topi 1 pcs
9. Kain Bedong 6 pcs
10. Topi bayi 3 pcs
11. Sarung tangan dan kaki bayi 6 pcs
12. Minyak telon
13. Sleepsuit 1 pcs (untuk baju pulang dedek bayi)
14. Tisu basah 1 pak (non alkohol)
15. Tisu kering 1 pak (yang 2000an)
16. Bantal peyang 1 pcs

Untuk perlengkapan saya bersalin adalah sebagai berikut,

1. Baju daster busui friendly 2 pcs (untuk menginap dirumah sakit)
2. Gamis busui 1 pcs (untuk pulang)
3. Bergo 1 pcs
4. Kain samping/kain sarung 4 pcs
5. Pembalut melahirkan 1 pak (saya pakai yang biasa panjang 42 cm)
6. Baju suami 1 pcs
7. Dokumen pendukung BPJS
8. Handuk kecil (pengalaman sih enggak mandi cuma cuci muka aja)
9. Peralatan make up minimalis (harus tetap cantik donk habis melahirkan)
10. Pembersih muka, sikat gigi, pasta gigi (biar tetap segar)
11. Breast pump
12. Breast Pad 3 pasang
13. Pakaian dalam 6 pcs (CD+Bra)
14. Splash cologne (biar tetep wangi seger)
15. Kaos kaki 1 pasang (pengalaman habis melahirkan suka menggigil)

Kira-kira itu saja yang saya siapkan untuk dibawa ke rumah sakit menjelang persalinan. Saya enggak bawa gurita bayi dan gurita ibu karena memang saya tidak memakainya. Untuk cemilan dan makanan kan ada kantin rumah sakit, mini market juga ada dekat rumah sakit. Rencana sih melahirkan anak ketiga ini saya meminta Mama saya untuk menemani, soalnya Mama  mertua pasti tidak akan bisa menemani saya karena harus menjaga Iyas dirumah.

Semakin dekat hari, membuat saya semakin deg-degan padahal ini bukan pertama kalinya saya melahirkan tapi tetap saja terpendam rasa kwatir juga. Mudah-mudahan sih pas harinya semua berjalan lancar dan dedek utun lahir dengan sehat dan selamat, Aamiin.



CatatanRia.com

15 comments:

  1. Dulu anakku yang paling gak kepake itu sarung tangan.. Mungkin karena surabaya panas, dan aku melahirkan di rumah bidan dan di puskesmas yg g ber AC jd anaknya malah gak betah dipakein sarung tangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyas malah sampai 2 bulan say waktu itu make sarung tangan :D kukunya tajem2

      Delete
  2. Wah Alhamdulillah, udah semakin dekat untuk lahir si dede bayi. Sehat2 terus ya, Mba, dan dimudahkan semua prosesnya. Persiapan yang mau dibawa banyak juga ya, haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin makasih Mba Nita :D iya pengalaman yg kemaren bawa sedikit eh kurang jadi bawa lebih aja deh biar gak bolak balik hehe

      Delete
  3. Pakaian dalem 6 pcs oke fix berarti perkiraan di sono semingguan ya mb ria

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaa jangan donk 1-2 hari aja cukup, pengalaman say dua kali ngelahirin pendarahan byk jadi suka tembus ke CD, bawa yg banyak buat jaga-jaga hehehe

      Delete
  4. Dulu pas lahiran aku cuma bawa tas yg utk perlengkapanku mba. Kalo utk si bayi ga nyiapin krn dr RS nya memang udah dikasih, krn masuk dlm paket melahirkan yg aku ambil :D. Jd lebih fokus ama bawaanku aja waktu itu :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah enak klo udah disiapkan rumah sakit, aku oakai BPJS mba jadi gak bisa ikut paket2 gitu

      Delete
  5. wiii lengkap banget, jadi inget pas dulu mau lahiran tiga krucils di rumah, hehehe.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. berat ya mba klo harus ninggalin krucil

      Delete
  6. Aamiin, semoga lancar dan dimudahkan dalam proses persalinannya ya mbak. Anak ketiga sudah pasti dapat pengalaman yang lebih dari ke 2 anak sebelumnya ya hehe. Btw dulu aku gak kepikiran bawa kosmetik, noted deh kalau pas lahiran lagi #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi kosmetik minimalis aja mba :D biar gak pucet2 amat :D ayo mba produksi lagi :P

      Delete
  7. udah siap aja nih ya Mbak, tinggal angkut aja ya nanti.
    sehat terus ya Mbak, moga semuanya selamat, Aamiin :)

    ReplyDelete
  8. manteeppp... lengkap banget tipsnya. Dulu pas adek mau lahiran bingung banget apa aja yang harus disiapkan. Makasih tipsnya mba :D

    ReplyDelete
  9. Cologne penting 😁😁 aku males mandi di RS mba hahaa..
    Klo bsju bayi aku cuma siapin utk pulangnya ajaa..Moga lancar yaaa mba

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V