12/18/16

Anak Mandi Hujan, Why not? Ada Nih Tips Aman Anak Mandi Hujan

Aku selalu bahagia
Saat hujan turun
Karena aku dapat mengenangmu
Untukku sendiri Ohhh.. Ooo...
Ingat dulu sewaktu masih kecil, masih pakaian seragam merah putih. Kalau pulang sekolah pas lagi turun hujan, saya senang sekali artinya saya bisa pulang sekolah sambil mandi hujan. Saat bermain sama teman dekat rumah turun hujan juga, langsung deh mandi hujan juga. Dulu sih belum malu kalau baju basah kena air, tapi pas udah gedean ya malu kalau hujan milih neduh dulu sampai berhenti baru lanjutkan jalannya.


Pernah ada yang bilang sama saya, kalau lagi sedih dan turun hujan disarankan mandi hujan saja. Karena kalau menangis dibawah turunnya hujan maka tangisannya tidak akan terlihat orang lain. Tapi saya belum pernah mencobanya, ada yang mau coba mak? Siapa tau depresi anak tantrum terus nangis aja dibawah turunnya hujan hehehe. Saat sudah besar gini melihat hujan turun saya lebih suka merenung, merenungkan banyak hal yang sedih dan senang.


Kebiasaan saya masih kecil yang suka mandi hujan, sekarang saya turunkan ke anak saya Iyas. What? Masa anak disuruh mandi hujan? Enggak takut sakit? Jawaban saya "Enggak takut". Tega amat ya saya, eits tapi saya juga enggak membiarkan Iyas mandi hujan begitu saja. Ada beberapa hal yang harus saya perhatikan, waktunya tepat atau tidak membiarkan Iyas mandi hujan. Beberapa tips dari saya kalau anak batita emak ada yang merengek minta main hujan,

Perhatikan kondisi anak
Kalau kondisi anak sedang tidak enak badan atau hangat badannya (cek suhu badannya kalau perlu) ya jangan biarkan si anak mandi hujan. Kalau tidak nanti makin sakit donk anaknya kasihan. Jadi pastikan anak dalam kondisi fit 100% ya mak.

Hujan tidak deras sekali dan tidak rintik
Sebaiknya jangan biarkan anak mandi hujan pas hujan yang deras sekali disertai angin atau hanya hujan rintik kecil. Jadi sebaiknya volume hujan standar baru biarkan anak mandi hujan. Kalau disertai angin kasihan takut masuk angin.

Tidak ada petir saat hujan
Ini bahaya ya mak kalau membiarkan anak mandi hujan, saat hujan disertai petir. Petir bisa menyambar kapanpun dan dimanapun, say big NO ke anak saat minta mandi hujan saat ada petir.

Batasi waktu bermain mandi hujan
Saya sih belum pernah membatasi Iyas mandi hujan, karena Iyas biasanya hanya sebentar saja kalau mandi hujan. Sebaiknya beri waktu anak bermain hujan, jangan sampai terlalu lama untuk menghindari sakit. Berapa lamanya tergantung kebijakan kalian ya mak, asal jangan sampai berjam-jam saja bisa keriput si anak.

Segera keringkan badan anak setelah mandi hujan
Saat anak sudah selesai mandi segera keringkan dengan handuk kering, dan ganti pakaiannya dengan pakaian kering. Beri minyak telon atau minyak kayu putih kalau perlu, agar badan anak kembali hangat.

Mandi hujan sebaiknya dirumah
Kalau anak masih balita sebaiknya membiarkan mandi hujan dirumah saja, jadi bisa diawasin sama kita dan bisa segera dibersihkan badannya. Kalau anak sudah SD mungkin dia lebih senang mandi hujan sama teman-temannya diluar, diberi tahu saja batasannya biar si anak gak kebablasan mandi hujan diluarnya.

Menurut saya mandi hujan tidak buruk juga untuk anak, karena anak bisa lebih dekat lagi dengan alam. Membiarkan anak bereksplore sejak dini bagus juga untuk perkembangan dia. Jadi jangan sampai banyak larangan yang nantinya malah membatasi ruang ekslplore si anak di masa emasnya. Yuk mak kita mandi huja *ehh.



CatatanRia.com

31 comments:

  1. jadi ingat masa kecil. Tiap hujan langsung lari ke luar rumah buat hujan-hujanan :)


    anggiputri.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak tiap anak kecil sukak mandi hujan

      Delete
  2. Benar banget Mbak! Kalau anak sudah pernah mandi hujan/hujan-hujanan pas kehujanan beneran Insya Allah ngga kenapa-kenapa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba mudah2an Iyas jg jadi kuat sama ujan :D

      Delete
  3. sama kayak iyas aku pun dulu suka ujanujanan
    gitu gede umur gabisa bohong yaaa kena ujan jadi gampang sakit

    ReplyDelete
  4. Sejak kecil sampe sekarang saya hobby banget hujan" mbaak. . Menyatu dengan semesta gtu maksudnya. Heheehe 😁 sekaligus curhat sama hujan. . Wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. curhat sama hujan, wah boleh jg nih mba idenya :D

      Delete
  5. trs ada yg bilang kalo mau mandi hujan, tunggu sekitar 10 menit dulu mbak... krn air yg jatuh awal2, itu masih kotor katanyaaa :D..

    aku sendiri blm prnh izinin anakkumandi hujan, krn jujurnya bdn dia agak ringkih, alias gampang sakit... kalo memang anakku sehat pasti aku izinin kok. aku trmasuk yg suka bgt mandi hujan dulu... apalagi kalo baru dibeliin payung baru... uwaaahhhh yg ada slalu nungguin hujan turun biar payungnya kepake... walopun cuma tahan sebentar doang, trs lanjut mandi ujan ama temen ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba klo anak lg ringkih lebih baik jangan, harus 100% Fit biar enggak kenapa2 abis mandi ujan

      Delete
  6. Ha ha ha..si Iyas kok kayak aku siiiih..ini kerjaan aku waktu kecil mbaak..mandi hujan :D sampe bapak marah, takut sakit dia...ha ha ha..Iyas cute bangeeet

    ReplyDelete
    Replies
    1. makacih mba dewi :* asik ya mba mandi ujan

      Delete
  7. Selama di Tangerang anakku g pernah andi hujan karena berpolusi menurutku. Ketika pindah ke Bojonegoro hujannya selalu berangin kencang jd bru 1x main hujan. Setelahnya mandi air hangat spy g masuk angin.
    Tp seru masa kanak-kanak hrus diisi hal-hal positif yg bisa ia banggakan saat dewasa nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo iyas paling cuma dibilas air aja mba, enggak dimandiin klo abis main ujan :D

      Delete
  8. Saya ini kalau kena hujan dikit aja langsung sakit, haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah jangan coba2 main ujan mba klo gtu hehe

      Delete
  9. Aku belum pernah izinin anakku main hujan. Mesti pileknya. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo gampang pilek, iya mba lebih baik hindari daripada tambah sakit :D

      Delete
  10. Kayanya tergantung daya tahan tubuh si kecil, ya? :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, harus pas anak lg kondisi sehat 100%

      Delete
  11. Aku sih boleh2 aja asal kepalanya kebungkus. :D

    ReplyDelete
  12. Ingat masa kecilku dulu. Biar diomelin sedemikian rupa, tetap aja ujan2an. :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo skrg ujan malah menghindar ya mba hihihi

      Delete
  13. Anak2ku kehujanan pernah tapi blm pernh sengaja main hujan2an hehe, mungkin kalau aku akan pakaikan mereka jas hujan mbak dan tentu aja mainnya pas tubuh mereka lg dlm kondisi prima :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba wajib pas prima klo gak nt rentan sakit

      Delete
  14. Sekarang nggak pernah lihat anak2 hujan2an lagi di kompleksku, kecuali kehujanan waktu naik motor dg ortunya. Padahal hujan2an itu enak banget. Aku dulu dibiarin aja sama ortuku. Skrg anak2ku juga nggak hujan2an ding heheheee.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tp emang iya sih mba klo diliat skrg udah jarang anak-anak yang main ujan kalo lg ujan

      Delete
  15. Nah ini, yang hilang dari masa kecilku, karena ibu termasuk yang tidak memberi izin anak untuk mandi hujan. Takut masuk angin.

    Kini aku paham, kenapa. Karena ibu termasuk orang tua zaman dulu yang belum dapat informasi tentang pengasuhan dan psikologi anak. Jadi aku maklum sekali.

    Padahal anak banyak manfaat mandi hujan ya, asal sesuai prosedur. Halah, mandi hujan juga pakai prosedur. Ayo gih, google sana. :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mba harus ada prosedur biar gak sakit :D

      Delete
  16. Aku ngga bolehin kaina trus dia kpingin hehe...Cuma klo blm mandi ntar bolehin sekali2 pake tips mba Ria :)) dulu aku jg ngga Mandi hujan soalnyaaa

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V