5/13/15

Perlengkapan MPASI

2 bulan sebelum mulai MPASInya iyas, saya sudah heboh browsing sana dan sini, masuk grup mpasi, rempong beli peralatan tempur mpasi. Tidak banyak yg saya beli hanya yg sekiranya diperlukan saja. Dalam menentukan apa saja peralatan mpasi yang diperlukan harus disesuaikan dulu metode pemberian makan untuk sibayi apa full spoon feeding atau full blw (baby led weaning). Kalau saya saat itu pilih spoon feeding namun diusia 9 bulan mulai beralih ke metode blw.



Namun sekarang yang saya sharing perlengkapan mpasi untuk metode spoon feeding biasa diawali dengan pure. Maaf kalau tanpa foto alatnya, saya malas untuk potret satu-satu hehehe soalnya pasti digerocokin iyas.

Daftar perlengkapan mpasi iyas
1. Takahi slow cooker 0,7l
Slow cooker ini bener2 peyelamat bgt dari pegelnya masak bubur. Tinggal cemplung colokin matang deh mudah banget dan hemat listrik hanya 75watt. Ini jg bisa dipakai travelling karena kecil ukurannya. Selain takahi ada merk lainnya juga koq. Tapi kalau beli merk lain perhatikan wattnya ya jangan sampai besar wattnya.
2. Blender
Blendernya hadiah dari eyang ti untuk iyas. Saya pakai merk miyako. Diawal mpasi sih jarang dipakai karena saya sering pakai saringan kawat. Blender yg penggilingnya berguna bgt untuk bikin tepung beras dan tepung oat.
3. Saringan kawat
Awal MPASI saya selalu pakai ini untuk bikin pre dan bubur saring. Kenapa tidak pakai blender karena kalau diblender textur makanan cenderung cair, katanya sih kalau bayi terbiasa makan yang encer jadi susah naik textur, Iyas Alhamdulillah dari umur 6 bulan 3 minggu sudah enggak disaring buburnya dan 7 bulan sudah makanan utuh.
4. Feeding Set
Yang biasa kebanyakan orang pakai sih merk Pigeon, tapi saya pakai yang murah saja merk Nishikawa sudah BPA Free juga, Sama Tupperware juga. Oh iya sama tambahan sendok merk Lusty Bunny.
5. Storage Food
Awal mpasi saya kalau bikin bubur selalu dalam jumlah banyak untuk porsi sehari. Jadi begitu bubur matang dari Takahi saya bagi per porsi makan pagi, siang, sore dalam wadah Tupperware. Simpan di kulkas, kalau mau makan tinggal dihangatkan. Biasa saya hangatkan didalam magicom tapi sebentar saja, iyas sih anaknya enggak masalah makan makanan yang enggak hangat.
6. Parutan
Bisa pakai parutan keju biasa. Parutan suka saya pakai untuk parut sayuran seperti wortel, jagung. Bikin pure tomat juga bisa tinggal parut gak perlu blender. Kadang juga buat parut bawang putih kalau males cincang.
7. Kukusan
Ini item penting juga buat ngukus bahan makanan. Awal MPASI saya lebih sering pakai metode kukus daripada rebus.
8. Pisau & Talenan
Yang namanya masak harus punya ini. Biasanya orang suka beli 2 pisau dan 2 talenan, dipisah pisau dan talenan untuk daging dan sayuran. Tapi kalau saya dijadikan satu. Kalau habis potong sayuran mau potong daging tinggal cuci aja.
9.  Perasan Jeruk
Kepake sebentar aja sih buat meres jeruk baby. Jeruk babynya lebih sering dipotong2 soalnya kalau diperes iyas enggak mau minum.
10. Cetakan Es Batu
Biasa saya pakai untuk bikin stock kaldu. Cetakan esnya saya pakai yang ada tutupnya jadi aman. Bisa juga untuk bikin frozen food misal bikin pure dalam jumlah banyak.
11. Slabber
Kalau bisa pilih slabber jangan yang perekat tapi pilih yang tali. Karena kalau perekat bisa dilepas sama si bayi, iyas juga gitu enggak mau pakai slabber ditarik deh. Akhirnya pakai popok kain aja bekas orok hehehe #emakIrit.
12. High Chair/Stoller/Bouncer
Kursi untuk makan enggak harus high chair bisa pakai stoller atau bouncer. Iyas lebih sering pakai stoller, pakai high chair baru umur 1 tahun itu juga kado dari eyangnya. Tips pilih high chair jangan yang bahan kain, biar enggak susah bersihinnya.
13. Food Feeder
Bisa melatih anak makan sendiri, tinggal masukin potongan buah atau sayur atau makanan apa aja ke food feeder nanti dedek bayi tinggal gigit2. Aman bayi tidak akan tersendak. Iyas cuma sebentar aja makenya dia lebih suka makan langsung.
 14. Panci
Panci juga penting untuk ngerebus-rebus. Kalau enggak pakai takahi bisa masak bubur dengan panci.

Itu saja peralatan tempur yang saya pakai. Tapi semua engggak harus baru koq bisa pakai yang sudah ada dirumah aja asal pastikan saja tidak ada rasa pedas, takutnya wajan habis pakai masak sambel terus enggak bersih cucinya nanti bisa kepedasan si dedek bayi hehe.

Hati-hati jangan kalap membeli peralatan MPASI nanti mubazir enggak kepakai. Lebih baik tulis dulu list yang akan dibeli, dahulukan yang benar-benar penting dipakai, kalau ada budget lebih bisa dibelikan deh printilan lainnya.

Mudah-mudahan bisa berguna ya buat mommies yang lagi semangat menyiapkan MPASI. Semangat ya MPASI Homemade No GulGar No Instan, sediakan makanan sehat dan penuh cinta untuk anak mumpung masih masa golden age. Berikan yang terbaik untuk yang terbaik.

Untuk lihat menu dan resep MPASI bisa Follow IG saya @rianugros atau FB Ria Bellababyshop.



Corat - Coret [Ria Nugroho]

2 comments:

  1. asyik ya kalau pakai slow coocker asak trus tinggalain nanti matang sendiri

    ReplyDelete
  2. Huuuaaa slow cooker ituuuu bikin saya galaaau deh Mbak... ada lihat disini tp bukan merk itu,, harganya siiih mirip2 tp lupa pula cek brpa daya tarik
    Iistriknya. Tapi kayaknya harus deh apalagi klo mudik kayaknya bs jd penolong banget ini.

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V