4/18/23

Wajib Tahu! Inilah Jenis-Jenis Kelas Pesawat dan Fasilitasnya

Ketika merencanakan perjalanan, baik untuk liburan maupun mudik dengan menggunakan pesawat terbang, memahami terlebih dahulu perbedaan kelas pesawat menjadi hal yang sangat penting. Ini supaya kamu dapat memilih kelas penerbangan yang sesuai dengan kebutuhan dan pastinya sesuai dengan dengan anggaran yang kamu miliki. 


Jenis-Jenis Kelas Pesawat dan Fasilitasnya


Saat melakukan pemesanan tiket pesawat melalui online travel agent seperti Traveloka, kamu pasti sering menemukan adanya pilihan kelas kursi yang dipesan seperti Economy, Premium Economy, business, hingga first class. Namun, tahukah kamu perbedaan kelas penerbangan dan fasilitas yang nantinya akan kamu dapatkan?


Kelas Pesawat dan Fasilitas yang Didapatkan

Pesawat terbang merupakan salah satu moda transportasi paling cepat dan paling banyak peminatnya. Ini karena pesawat dapat menjangkau berbagai kota, pulau, hingga negara dalam waktu singkat. Terlebih, kini sudah banyak sekali penawaran tiket pesawat murah dari berbagai layanan penyedia tiket perjalanan.


Setiap maskapai penerbangan biasanya membagi penumpangnya berdasarkan kelas. Bagi kamu yang masih awam, Tak jarang akan merasa bingung mengenai perbedaan kelas-kelas yang ada dalam pesawat.


Pada umumnya, masing-masing maskapai penerbangan menyediakan tiga kelas yang berbeda, yakni economy class, business class, hingga first class. Namun, ada beberapa maskapai yang membuka kelas premium economy. Lantas, apa yang menjadi pembeda dari ketiga kelas tersebut? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!


1. Kelas Ekonomi

Kelas pesawat yang pertama adalah kelas ekonomi. Ini merupakan kelas dengan tarif paling terjangkau di antara kelas penerbangan yang lainnya. Fasilitas yang diberikan dalam kelas ekonomi antara lain tempat duduk yang sederhana, makanan dan minuman yang disajikan dalam bentuk kecil, serta tidak memiliki ruang yang cukup luas untuk pergerakan kaki. 

Umumnya, kelas ekonomi memiliki variasi seperti kelas ekonomi reguler dan kelas ekonomi premium dengan penawaran beberapa fasilitas yang sedikit berbeda. 

Maskapai biasanya tidak menyajikan makan atau minuman pada kelas ini, tetapi tersedia camilan untuk perjalanan. Selain itu, penumpang kelas ekonomi sering kali tidak bisa melakukan refund dan reschedule penerbangan.


2. Premium Economy 

Kelas Ekonomi Premium mempunyai kualitas di antara Kelas Ekonomi dengan Kelas Bisnis. Dengan membayar sedikit lebih banyak dari kelas ekonomi, kamu bisa mendapatkan fasilitas yang lebih nyaman. Tentunya, harga tiket Kelas Ekonomi Premium tidak terlalu jauh jika dibandingkan dengan Kelas Ekonomi yang biasa. 

Namun, fasilitasnya sedikit lebih nyaman. Dengan ukuran kursinya lebih besar, tersedia sandaran lengan, dan ruang gerak kaki yang lebih lebar sehingga kamu tidak perlu bersenggolan dengan penumpang yang ada di sebelah. Ditambah  lagi, kamu bisa mendapat makanan premium yang tentunya rasanya lebih enak.


3. Kelas Bisnis

Kelas berikutnya adalah kelas bisnis yang menawarkan fasilitas yang lebih mewah dan nyaman jika dibandingkan dengan kelas ekonomi. Penumpang kelas bisnis biasanya akan ditempatkan pada deretan bagian depan pesawat. Selain itu, harga yang dikenakan maskapai untuk tiket kelas bisnis biasanya dua atau tiga kali lipat dibandingkan dengan kelas ekonomi. 

Fasilitas yang akan didapatkan pada kelas bisnis juga terbilang lebih berkelas. Tempat duduk di kelas bisnis biasanya dapat diatur menjadi tempat tidur sementara yang datar, sehingga penumpang dapat beristirahat dengan nyaman. Selebihnya, makanan dan minuman yang disajikan lebih bervariasi dan dapat disesuaikan dengan selera. 

Tak hanya itu, penumpang di kelas bisnis juga biasanya dapat menikmati ruang tunggu khusus di bandara dan prioritas ketika check-in serta boarding.


4. First Class

Kelas yang paling atas adalah first class alias kelas utama dalam pesawat dengan biaya yang tentunya paling mahal dan tentunya memiliki fasilitas yang paling bagus. Sementara itu, untuk harga tiket first class bisa mencapai 5 hingga 10 kali lipat dibandingkan dengan kelas ekonomi. 

Selain itu, fasilitas seperti makanan dan minuman yang disajikan tentunya lebih  bervariasi dan berkualitas. Penumpang kelas satu juga dapat menikmati lounge eksklusif di bandara dan prioritas dalam semua tahap perjalanan. 

Pada pelayanan kru kabin pesawat untuk penumpang first class juga lebih melayani secara personal. Ini termasuk makanan dan minuman untuk para penumpang first class yang diolah secara langsung dengan kualitas premium dari chef ternama.


tiket pesawat


Itulah berbagai jenis kelas yang ada pada pesawat terbang dan fasilitas yang bisa kamu dapatkan pada setiap kelasnya. Tentunya, fasilitas yang didapatkan dari setiap maskapai penerbangan akan berbeda. Namun, apabila kamu ingin perjalanan yang lebih hemat, kelas ekonomi dapat menjadi pilihan yang terbaik. 


Lain halnya jika kamu melakukan perjalanan jauh yang membutuhkan kenyaman dan tentu fasilitas yang lebih baik, maka kelas bisnis atau first class dapat menjadi pilihan yang lebih tepat untuk perjalanan kamu. Siapkan saja bujet ekstra untuk bisa menikmati kelas ini, ya!


Jangan lupa, pesan tiket perjalanan hanya melalui aplikasi Traveloka. Sebab, kamu bisa mendapat banyak pilihan maskapai, kelas, dan pastinya harga yang terjangkau. Tersedia pula berbagai metode pembayaran yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Menariknya lagi, akan ada banyak penawaran menarik yang bisa kamu dapatkan di setiap transaksi.


 

No comments:

Post a Comment

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V