9/16/22

Resep Ketan Susu Tiga Sapi

Hai bagi kamu yang lagi merantau, suka kangen gak sih sama jajanan di kota asal dan gak bisa nemuin yang jual di perantauan? Saya sih yes ternyata lidah saya kurang cocok sama jajanan di Bandung dan sering kangen sama jajanan di Tangerang apalagi jajanan pagi buat sarapan di sana. Kalau udah kangen gini dan gak nemu yang jual, yo wes lah bikin sendiri aja modal nonton youtube aja jadi deh walau kadang rasanya jauh hehe tapi lumayan lah melepas kangen.


Kreasi Resep Tiga Sapi Ketan Susu Menu Nostalgia

Seperti beberapa hari lalu saya kangen jajanan ketan, inget dulu waktu kecil suka banget sarapan sama ketan ditemenin gorengan bala-bala. Karena gak ada yang jual di sini jadi bikin aja deh, sekalian bikin Kreasi resep Tiga Sapi sekalian mau ikutan Challenge Cerita Tiga Sapi. Saya bikin Ketan Susu kesukaan anak-anak, udah lama ribut mereka mau sarapan pake Ketan Susu. Kebetulan juga baru stok lagi si Tiga Sapi Kental Manis dan Tiga Sapi Susu Evaporasi.


Kreasi resep Tiga Sapi


Membuat Kreasi resep Tiga Sapi ketan susu ini mudah sekali dan untuk mendapatkan bahan-bahannya pun tak sulit. Anak-anak suka sekali dengan ketan susu buatan saya ini, ketan susu ini bagus untuk anak-anak karena tinggi lemak jadi bisa sekalian boost berat badan anak selain itu juga tinggi kalsium karena ada susu di dalam bahannya. Berikut ini saya share ya untuk Kreasi resep Tiga Sapi Ketan Susu ala saya :


Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis


Resep Ketan Susu

 

Bahan Ketan

500 gr Beras Ketan

65 ml Santan Instan

2 lembar Daun Pandan

400 ml Air

1 sdt Garam

Keju Parut Secukupnya

 

Bahan Susu

100 ml Susu UHT

100 ml Tiga Sapi Kental Manis

100 ml Tiga Sapi Susu Evaporasi

 

Cara Membuat

1. Cuci bersih beras ketan, kemudian rendam beras selama 1 jam. Setelah itu kukus beras ketan selama 10 menit. Angkat sisihkan dalam wadah.

2. Campur air, santan dan garam, aduk rata kemudian masak di atas api sedang hingga mendidih.

3. Tuang santan sedikit demi sedikit ke beras ketan yang sudah setengah matang, sambil terus diaduk. Jika sudah tercampur semua, kukus kembali beras ketan selama 20 menit atau sampai matang.

4. Cetak ketan yang sudah matang dengan mangkuk kecil, lakukan hingga ketan habis.

5. Untuk membuat susunya campurkan semua bahan susu, aduk rata. Kemudian tuang ke atas ketan hingga ketan terendam susu, beri toping keju. Siap disantap.

Tiga Sapi Susu Evaporasi


 

Challenge Cerita Tiga Sapi

Ketan susu ini bisa disantap sebagai menu sarapan, cemilan ataupun bekal anak sekolah dan bisa juga sebagai ide usaha.

 

Mengenal Susu Evaporasi

Mungkin beberapa dari kalian ada yang belum familiar dengan susu evaporasi ya? Susu Evoparasi adalah susu yang dipanaskan dengan suhu tinggi untuk menghilangkan 60% kadar air yang terkandung dalam susu sapi, sehingga menghasilkan susu dengan textur yang lebih kental dibandingkan susu sapi biasa. Walaupun dipanaskan dengan suhu tinggi tidak menghilangkan kadar gizi di dalamnya dan susu evaporasi ini juga tidak mengandung gula sehingga berbeda dengan kental manis.

 

Produk Tiga Sapi Praktis dan Ekonomis untuk Usaha


Tiga Sapi Kental Manis

Saya sudah lama selalu menggunakan Tiga Sapi Kental Manis untuk konsumsi di rumah dan untuk bahan jualan minuman di rumah. Iya kebetulan saya berjualan kedai kecil-kecilan di rumah menjual minuman yang membutuhkan kental manis, Tiga Sapi Kental Manis lebih praktis dan ekonomis sehingga menguntungkan untuk usaha yang jalankan.


Tiga Sapi Kental Manis ini berbahan dasar gula, susu segar atau susu bubuk. Karakteristiknya kental dan lebih dominan manis dan diproses dengan pasteurisasi. Fungsi gula di dalamnya adalah sebagai pengawet alami untuk mencegah kerusakan. 


Tiga Sapi Kental Manis ini memiliki manfaat yang baik juga untuk tubuh, memiliki zat mikro yang mengandung multivitamin seperti vitamin A, D3, B1 dan juga mengandung kalsium dan fosfor. Tiga Sapi Kental Manis dapat dikonsumsi setiap hari sesuai kebutuhan dan dipadukan juga ya dengan pola hidup sehat dan olahraga teratur maka dapat memenuhi gizi seimbang keluarga.

 

Tiga Sapi Susu Evaporasi

Untuk Tiga Sapi Susu Evaporasi ini saya belum lama mencobanya, saat pertama mencoba saya pun langsung cocok dan kepikiran mau menggunakannya juga untuk menu baru di kedai saya karena Tiga Sapi Susu Evaporasi ini harga lebih hemat dan isi lebih banyak.

 

Tiga Sapi Susu Evaporasi ini berbeda dengan susu evaporasi lainnya karena menggunakan kemasan kotak bukan kaleng. Menurut saya ini lebih memudahkan saya dalam membuka susu, dan jika susu masih sisa bisa ditutup kembali dan disimpan di lemari pendingin. Tiga Sapi Susu Evaporasi merupakan susu tanpa lemak yang dilarutkan dengan air hingga memperoleh kepekatan tertentu, susu pun diproses secara higienis. Yang saya suka dari susu evaporasi ini rasa susunya creamy, gurih terasa lezat dan tentunya susu ini lebih sehat untuk dikonsumsi.


Tiga Sapi Susu Evaporasi memiliki manfaat yang baik juga untuk tubuh, dalam susu evaporasi mengandung nutrisi yang penting seperti kalsium, magnesium, kalium, fosfor, natrium, zat besi hingga zinc. Sehingga jika dikonsumsi setiap hari dapat memenuhi gizi harian kamu.

 

Susu Evaporasi ini cocok dipakai sebagai bahan makanan atau campuran minuman seperti kue, roti, dessert atau ketan susu seperti yang saya bikin, selain makanan manis susu ini juga bisa untuk bahan makanan utama seperti soto, gulai dan lainnya.

 

Kompetisi Foto Cerita Tiga Sapi

Eh iya untuk kamu yang suka masak atau yang biasa memakai Tiga Sapi, ikutan yuk kompetisi foto Cerita Tiga Sapi. Kompetisi ini berlangsung selama periode 9–30 September 2022 di Official Instagram Tiga Sapi (@lezatnyatigasapi). Cara mengikuti kompetis ini mudah sekali, yaitu :

1.      Follow akun Instagram dari Tiga Sapi @lezatnyatigasapi dan Fanpage FB Tiga Sapi

2.      Upload foto dagangan makanan atau minuman kamu yang bahannya menggunakan produk Tiga Sapi Kental Manis atau Tiga Sapi Susu Evaporasi.

3.   Jangan lupa tag akun IG Tiga Sapi @lezatnyatigasapi dan juga 3 orang teman kamu. Selama mengikuti kompetisi ini akun jangan di private

4.   Akan ada saldo Gopay/OVO total Rp. 5 juta dan paket spesial dari Tiga Sapi untuk 5 orang yang beruntung

5.    Sertakan hashtag #ceritatigasapi 

 

Tiga Sapi Kental Manis


Gimana mudah ya syaratnya, ikutan ya bikin Challenge Cerita Tiga Sapi membuat Kreasi resep Tiga Sapi nanti siapa tau nanti kamu yang beruntung mendapatkan hadiah dari Tiga Sapi. Kalau kamu belum pakai Tiga Sapi, cuss sekarang beralih coba produk Tiga Sapi praktis dan ekonomis ini bisa menambah lezat setiap masakan atau minuman kamu.

 

 

CatatanRia.com

49 comments:

  1. Sering banget kepingin santan sama ketan tapi kadang agak gimana kalau enggak dibersamai dengan bahan lainnya, ribet juga masaknya. Ini bisa jadi ide bagus apalagi dikasih keju, terima kasih resepnya!

    ReplyDelete
  2. asyik banget nih Mbak dimakan saat sarapan atau lagi santai, auto kenyang ini.
    bisa dijadikan ide jualan juga nanti Mbak ;)

    ReplyDelete
  3. Waah gampaaang resepnya. Aku juga sukaa ketan susu mba. Tapi di JKT ini blm Nemu yg enak. Dulu pas di Medan ini banyaak dijual dan aku sukaaaa. Apalagi kalo dipakein durian.

    Karena sedang banyak blogger menulis ttg susu tiga sapi, beberapa resep yg aku tertarik, langsung aku save. Ada juga yg udah dicobaaa.. dan ternyata memang ENAAAK pakai susu ini. Aku malah udah males pake santan lagi. Krn memang mau mengurangi. Mending ganti susu atau krimer yg LBH sehat

    ReplyDelete
  4. Wah, ketan susu, yummy deh, ternyata bikinnya gampang ya... Saya sukanya yang ditambah durian itu loh, hehehe...

    ReplyDelete
  5. Terjangkau ya harganya Susu Tiga Sapi ini. Apalagi yang Evaporasi. Di rumah biasa buat juga nih resep ketan seperti ini, tetapi ditambah dengan durian.

    ReplyDelete
  6. Baru tahu lho ada kudapan Ketan Susu. Tahunya Mango Sticky Rice. Gantinya saus santan pakai susu ya...Coba ah, pasti gurih nih...

    ReplyDelete
  7. Banyak banget ya menu yang bisa dibuat dengan produk tiga sapi susu evaporasi ini ya mbak. Ketan susu salah satunya. Mana mudah pula cara membuatnya.

    ReplyDelete
  8. Ketan susu favoritku banget
    Enak, padat, mengenyangkan dan tentunya bergizi
    Apalagi pakainya susu tiga sapi yang kandungan nutrisinya gak diragukan lagi
    Btw minta sepiring dong mbak

    ReplyDelete
  9. Woahhh gampang bgt nih resepnya. Tiga Sapi emang mantep kak dijadiin bahan masakan, enak juga yah. Saya sebagai pecinta makanan manis lemah banget nih sama yg begini" wkwk, otw cobain ahh

    ReplyDelete
  10. Ketan susuuu akuu sukaa pasti enak banget gurihhh endeusss pakai susu evaporasi cap tiga sapi...
    Jadii mupeng, makasih sharing resepnya.

    ReplyDelete
  11. Enak banget ituu ketan susunyaa.. susu evaporasi emang rasanya gurih.. enak bikin campuran macam makanan..

    ReplyDelete
  12. Pasti enak ini
    Jadi cara baru menikmati ketan ya mbak
    Mau coba recook ah kapan kapan

    ReplyDelete
  13. Wiih enak banget ini maaahh <3 pengeen wkwkwk.. ketan susu kalau di Malang biasanya dihidangkan di ketan legenda, ini bisa bikin sendiri

    ReplyDelete
  14. Aku dari dulu mikirnya Tiga Sapi itu ya produk kental manis sih, baru tahu kalau mereka punya evaporasi. Dan ternyata cocok banget ya buat aneka masakan hahaha jadi pengen coba, ini pasti hasilnya enak sih soalnya kental manis Tiga Sapi udah meyakinkan bangeet rasanya

    ReplyDelete
  15. ah menggoda banget yaa... jadi pengen bikin juga, mumpung masih ada stock tiga rasa nih hihi

    ReplyDelete
  16. huwaa ketan susu enak tuhhh, diminum sama wedang-wedangan asik banget, apalagi suasananya udh mulai gloomy ujan-ujan gini

    ReplyDelete
  17. Aku belum pernah buat ketan nih mbak, takut gagal hahaa tapi baca cara masaknya mbak ria kok kayaknya gampang ya, kebetulan anakku ini juga suka ketan, mau coba recook deh kalau ada waktu

    ReplyDelete
  18. Bikin resep Resep Ketan Susu ini tetap menggunakan sedikit santan yaa, kak..
    Aku suka banget, serius.
    Hehhee...sampai aku tambahin kata "serius" yaah.. Soalnya gimana, pas hamil anak pertama, ngidamnya ketan loo.. Jadi aku seneng banget ada Resep Ketan Susu yang bisa aku cobain dirumah. Karena bahan Tiga Sapi Susu Evaporasi, aku punya.

    ReplyDelete
  19. Loh, soto dan gulai juga bisa pakai susu evaporasi?

    Wah, bisa sebagai pengganti santan ya berarti

    ReplyDelete
  20. Gampang banget bikinnya dan pasti laris nih soalnya kan emang gurih dan lezat gitu. Apa lagi pake produk tiga sapi

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku suka ketan dan susu. kalau disatuin pasti nendang banget mana pakai susu evaporasi tiga sapi yang gurih lagi

      Delete
  21. waah dah lama enggak makan ketan susu, jadi kepikiran untuk bikin sendiri. Anak-anak belum pernah makan tapi kalau ada susu-susunya gini biasanya suka...

    ReplyDelete
  22. Tiga Sapi ini enak banget ya. Cocok buat dibikin masakan dan minuman. Pengganti santan jadi lebih sehat

    ReplyDelete
  23. ketan ditambah susu dan kental manis lalu ditaburin keju udah pasti jadi kudapan yang sangat lezat dan bikin perut bahagia. Ini juga jadi idola waktu masih kuliah dulu. Sering banget jajan ini sih ya

    ReplyDelete
  24. Pasti gurih banget nih, resepnya juga mudah untuk dibuat di rumah. Sangat sederhana namun nikmat deh

    ReplyDelete
  25. Wah ternyata banyak banget menu yang bisa dibuat dengan susu evaporasi ya mbak, biasanya aku cuma buat roti atau kopi aja

    ReplyDelete
  26. Di Jakarta ada tansu terkenal di Kemayoran. Bikin nagih deh tapi belum sempat ke sana lagi. Mau Cobain resep ketan susu ini aja. Caranya mudah yaa

    ReplyDelete
  27. wah, pasti makin enak ya mba kalo pakai tiga sapi. Apalgi ditambah durian mbaa.. pasti makin endol!! hehe

    ReplyDelete
  28. Ketan susu enak banget mbak, apalagi ada tambahan produk Tiga Sapi yang menjadikan makanan terasa lebih nikmat. Saya belum pernah icip ketan susu seperti ini. Kelihatannya enak ya buat sarapan pagi. Di Bali juga tidak nemu makanan seperti ini. Berarti memang khasnya Tangerang ya...wajib dicoba nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah jadi pengen ketan susu mbak. Lihat penampakannya saja enak apalagi langsung makan ya. Saya pengen nyobain bikin ketan susu seperti ini pasti lebih gurih ditambah produk Tiga Sapi ya.

      Delete
  29. waktu kecil mamaku suka buat juga makanan serupa mba...memang enak dan gampang juga buatny aya

    ReplyDelete
  30. Senang banget berbagai jenis resep makanan yg dapat dibuat dengan susu evaporasi Tiga Sapi ini. Apalagi ketan keju yg rasanya pasti enak banget. Anak-anak pasti suka.

    ReplyDelete
  31. Wuah keliatan enak banget nih ketannya. Aku lama gak makan ketan susu gtu, ternyata kalau liat resepnya seperti mudah ya? Pakai susu evaporasi dan SKM yang berkualitas bagus supaya hasil bebikinannya juga berkualitas dan enak :D thanks reaepnyaa

    ReplyDelete
  32. Yummii~
    Masakan menu ketan ini teringat zaman kecil. Ibu sering bikinin karena memang seneng explor resep.
    Kini, membuat Ketan Susu menggunakan bahan yang sehat, Tiga Sapi Kental Manis dan Tiga Sapi Susu Evaporasi.

    ReplyDelete
  33. wajib banget nih cobain susu tiga sapi ini, harganya juga terjangkau ya. bisa untuk bikin camilan dan minuman kekinian juga nih. Btw, mau cobain resepnya juga ahhh

    ReplyDelete
  34. Ini enak banget loh
    Aku belum pernah bikin tapi pernah nyobain saat dihidangkan di acara rutinan gitu. Ternyata bikinnya mudah ya mbak. Mau dehh coba bikin juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi kalau dimakan bareng angsle gitu ya mbak. Duh, jadi ngiler akutuh

      Delete
  35. Wah ini kesukaan daku...
    Makan ketan susu nya bisa pakai toping keju, atau goreng pisang, atau tambah durian..
    Deuh nikmat

    ReplyDelete
  36. ketannn aku sukak, sekarang makin banyak inovasinya, termasuk dikasih beragam topping, dari keju, cream blueberry, pokoknya sampe bingung milih.
    kalau bikin sendiri sebenernya simple ya, apalagi kalau ada tambahan susu kayak gini, gurih gitu jadinya ya

    ReplyDelete
  37. Wah bisa boost BB juga yaa? Nanti ah mau cobain resep ini ke anak-anakku. Secara lagi butuh menu untuk meningkatkan BB anak. Tapi kalau ini BB suami juga bisa ikutan naik wkwk

    ReplyDelete
  38. Simpel dan enak nih. Mau recook juga ya mbak. Selama ini susu evaporasi cuma aku buat minuman aja

    ReplyDelete
  39. jadi kepingin makan ketan susu dooong ini aku malem-malem 😂😅

    ReplyDelete
  40. Saya suka ketan susu ini, Mbak. Padahal saya itu cobanya saat sudah merantau di Jakarta. Apalagi kalau ketannya masih panas, terus makannya pakai tempe goreng, wih, makin mantul hehehe.

    ReplyDelete
  41. Ketsu alias ketan susu emmm yummy enaak gurih di padu padan susu evaporasi cap tiga sapi. Jadi mupeng pengen.

    ReplyDelete
  42. Simpel banget cara membuatketan susu ini ya mbak ketan. Emang menu apa saja kalau pake tiga sapi jadi makin Yummy ya.

    ReplyDelete
  43. Pernah nyobain ketan susu ternyata enak juga ya. Apalagi disantap sama teh tawar hangat, makin menambah lezat. Tapi belum kesampaian bikin sendiri sih. Makasih infonya. Jadi ada rekomendasi susu kental manis merek Tiga Sapi. BTW, kenapa sapinya cuma 3, coba kalo sapinya ada 4 pasti makin rame deh

    ReplyDelete
  44. Kalau di tanah Pasundan, agak jarang penganan ketan yang ditambah susu, rata-rata rasa dasarnya asin.
    Jadi nambah nih ilmu perkulineran, ternyata di daerah lain banyak ya ragam Ketan Susu. Jadi pengen nyobain bikin

    ReplyDelete
  45. Ketan susu ini pertama kali nyoba pas SMA pas ke Batu hihi, dan ketagihan. sekarang ada resepnya nih dari mba Ria, bisa direcook nih besok2.. makasi mbaa sharingnya

    ReplyDelete
  46. Wah hebat mbak
    Bisa bikin ketan susu sendiri
    Ketan susu pakai susu cap tiga sapi, pasti makin enak ya mbak

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V