9/10/21

5 Cara Bijak Menggunakan Gaji Bulanan

Hai siapa nih yang setuju jika gajian adalah saat yang paling ditunggu bagi semua orang terutama para pekerja? Selalu saja ya keinginan untuk beli ini dan itu setelah menerima gaji pun tak terbendung lagi. Namun, kebanyakan orang justru seringkali sudah kehabisan uang sebelum akhir bulan. Padahal, gajian baru beberapa hari yang lalu, kalau sudah begini pasti bikin ketar-ketir. Itulah sebabnya pengelolaan gaji bulanan sangat penting bagi setiap orang, terlepas dari besar-kecilnya penghasilan.  




Pengeluaran mendadak jadi besar? Mudah tergoda online shopping? “Gaji sering cepat habis? atau Terjebak tagihan kartu kredit atau utang-utang lainnya?” Kamu bisa menghindari kejadian-kejadian tersebut dengan pengelolaan gaji bulanan yang baik. 


Simak caranya menurut Co-Founder Sipundi.id, M.Kharisma pada artikel ini ya!  


1. Gunakan metode 50-30-20 untuk mengelola gaji

Metode 50/30/20 adalah salah satu metode budgeting yang dapat membantumu mengelola gaji bulanan. Metode ini memaparkan masing-masing gaji dialokasikan sebesar 50% untuk keperluan, 30% untuk gaya hidup, dan 20% untuk tabungan jangka panjang,  

Dengan metode ini, kamu bisa membagi secara ideal pengeluaran untuk keperluan sehari-hari sambil menabung. Di samping metode ini, konsistensi selalu menjadi kunci keberhasilan pengelolaan gaji. Pastikan metode ini tak hanya kamu terapkan pada bulan pertama, melainkan dipertahankan pada bulan-bulan berikutnya.  


2. Buat Anggaran Bulanan

Rencanakan anggaran bulanan kamu. Mulailah membuat daftar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan menjadi dua bagian. Untuk kebutuhan primer seperti makan, ongkos bekerja, tagihan listrik, cicilan rumah, cicilan motor dan lain sebagainya. Sedangkan untuk kebutuhan tersier, buatlah anggaran untuk shopping, traveling, hingga anggaran hangout dengan teman-teman atau rekan kerja kamu.  


3. Atur Pengeluaran

Pengeluaran menjadi hal yang tidak terelakkan dalam manajemen finansialmu. Perhatikan pengeluaran yang selama ini telah kamu lalukan. Cek apakah termasuk sehat atau tidak. Tanda keuanganmu sehat adalah jika pengeluaran tidak lebih besar dari pendapatan. Mengatur uang memang gampang-gampang susah. Semuanya tergantung kamu sendiri. Ada banyak godaan setelah gajian saat ini.Apalagi di era belanja online dengan segudang promo seperti gratis ongkir, paylater, flash sale, cicilan 0% dan lain sebagainya.   

Catat: mengatur pengeluaran dengan baik bukan berarti kamu tidak dapat menikmati hidup dengan gajimu. Kamu tetap perlu dan wajib untuk menikmati hidup, tapi semua itu tentu harus sesuai kemampuanmu. Belilah barang yang kamu butuhkan, namun jangan turuti semua keinginan hanya karena gengsi semata.  


4. Miliki Asuransi

Dengan asuransi, kamu bisa memproteksi keadaan finansial saat hal-hal tak terduga terjadi. Kamu tidak akan pernah tahu kejadian di masa depan, jika tiba-tiba kamu mengalami sakit atau kecelakaan dan butuh uang dalam jumlah besar untuk berobat.  

Ada beragam jenis asuransi. Asuransi yang paling penting untuk dimiliki antara lain asuransi kendaraan (asuransi mobil), asuransi perjalanan, asuransi rumah, asuransi kesehatan, hingga asuransi jiwa. Salah satunya, dengan perlindungan dari FWD Insurance kamu bisa #BebaskanlangkahBerani untuk kejar passion-mu tanpa perlu khawatir. Mulai dari asuransi kesehatan, jiwa atau kecelakaan diri.  

Saat ini pembelian produk Asuransi FWD Insurance berhadiah diskon langsung premi/kontribusi 30%, khusus untuk pembelian/kepesertaan produk asuransi: FWD Cancer Protection, Bebas Rencana, Asuransi Bebas Handal & Bebas Aksi (tidak termasuk Bebas Aksi Flash) di ifwd.co.id dan nomor undian #ProteksiOn Lucky Draw untuk setiap kelipatan Rp 100.000,00 dari premi/kontribusi yang dibayarkan pada saat periode program “Promo Flash Sale 9.9” tanggal 9 September – 10 September 2021. Info lebih lanjut silahkan mengunjungi website ifwd.co.id.  


5. Investasi

Setelah kamu menyisihkan untuk tabungan dan gaji bulanan pada kebutuhan sehari- hari. Namun masih ada kelebihan dana dari gaji tersebut. Ada baiknya kamu menggunakan dana tersebut untuk investasi dengan mengikuti Asuransi, Reksa Dana, maupun membeli emas ataupun perhiasan dengan nilai jual tinggi.  

Investasi ini berbeda dengan menabung, jika menabung kamu bisa mengambilnya setiap saat. Di Investasi, uang yang kamu simpan dalam bentuk lain dan tidak bisa kamu ambil kapanpun sesuai keinginkan. Cara ini tidak hanya membuat uangmu diam di tempat, namun juga dapat menguntungkan kamu di masa depan.  

Kamu bisa menyiapkannya dengan mulai berinvestasi, Salah satunya melalui asuransi. Saatnya kamu mengaktifkan FWD #ProteksiOn Lucky Draw! Siapkan perlindungan dengan beli produk asuransi FWD yang termasuk dalam program dari 26 Juli-31 Desember 2021 dan raih kesempatan menang Grand Prize Mobil Toyota Raize, Sepeda Brompton, iPhone 12 Pro, exclusive Workshop/Class with Expert serta hadiah menarik lainnya!  

Kamu berhak dapatkan 1 nomor undian untuk nasabah baru dan 2 nomor undian untuk nasabah existing di setiap Rp 100.000,00 (seratus ribu rupiah) premi/kontribusi yang dibayarkan (berlaku kelipatan), selama periode kegiatan 26 Juli - 31 Desember 2021. Pilih produk asuransi dari FWD Insurance sesuai kebutuhan kamu melalui jalur Keagenan: FWD Critical Armor, Asuransi Bebas Rencana Optimal, FWD Legacy Protection dan Asuransi Bebas Handal. Cari tahu syarat & ketentuan program di sini https://www.fwd.co.id/proteksion.   


Sebanyak apapun uang yang kamu miliki, tidak akan membuat kamu kaya apabila kamu tidak menerapkan prinsip hidup bersyukur dan bijak mengelola uang. Yuk mulai sekarang biasakan kebiasaan baik mengelola uang gajian ini harus kamu miliki. Jika ingin memiliki masa depan dengan keuangan yang sehat dan lebih baik dari kehidupan kamu saat ini, ayo mulai bijak atur uang untuk masa depan!



CatatanRia.com

24 comments:

  1. Haha, ini bener banget saat gajian yang dinanti-nanti datang pastinya banyak pengeluaran beli ini itu sampai lupa kalau uang itu juga untuk satu bulan ke depan. Memang perlu bijak dalam menggunakan gaji, nih. :)

    ReplyDelete
  2. Aku juga sempet nih mba bikin pos pos kayak gini wkwk. Untuk ini untuk itu. tapi akhirnya balik beler lagi hikss. Tapi bener harus direncanakan kek gini ya mba biar ngga ambyar dan numpang lewat aja tuh gajinya ahaha

    ReplyDelete
  3. Makasih tips-tipsnya kak, saya agak rada kesusahan ngelola uang kalau udah gajian. Tangan gatal aja gitu pengen belanja online haha. Metode nomor satu menarik nih.

    ReplyDelete
  4. Wah saat gajian memang perlu ngerem keinginan buat beli ini itu ya. Harus bikin anggaran biar ga keteteran

    ReplyDelete
  5. kalo nggak pake alokasi gitu memang rawan cepet habis ya gajinya.. cobain pakai 50 30 20 ya .. saya biasanya 90 5 5 wkwkw

    ReplyDelete
  6. Hal ini yang sering kali kita lupa saat memiliki gaji bulanan. Bijak penggunaan. Kadang kita beranggapan, ah nggak papalah bulan ini habis. Toh bulan depan kita masih punya gaji lagi kok. Hasilnya saat terjadi sesuatu dengan pekerjaan ya sudah. Habislah semua gaji. Nggak ada simpanan. Heheehee

    ReplyDelete
  7. Saya lagi mulai menerapkan kembali nih untuk menabung, karena semenjak anak lahir, ternyata kebutuhan makin bengkak. 🤣🤣🤣
    Satu tahun terakhir saya gak nabung, hiksss...
    Dan Insya Allah mulai bulan kemarin nabung lagi meski jumlahnya tak sebanyak dulu.

    Asli, dulu tuh bisa nabung sebesar 50% dari gaji. Sekarang, menyisihkan 20% aja udah bener-bener kudu hemat banget.

    ReplyDelete
  8. Ini tulisan yang nge-pas karena masih awal bulan. Soalnya memang kelola keuangan ini gak mudah, tapi sebenernya gak sulit kalau konsisten ya

    ReplyDelete
  9. Artha Nugraha JonarOctober 3, 2021 at 2:20 PM

    Dulu aku suka banget habisin duit begitu gajian. Rasanya gak tahan kalau gak beli sesuatu setelah gajian. Tapi setelah sadar untuk harus mengatur keuangan, akhirnya bisa menahan-nahan untuk tidak langsung habisni duit setelah gajian.

    ReplyDelete
  10. Bener deh kalo gajian merupakan momen yang ditunggu selalu wkwkw. Iya nih udah nyobain 50-30-20, insya Allah efektif. Tetep jangan lupa asuransi dan investasi deh.

    ReplyDelete
  11. Bener banget jadi ada dua sih poin penting kalau hanya mengandalkan single income. Investasi untuk masa depan baik itu dalam bentuk materi maupun dalam bentuk investasi kesehatan beserta pemenuhan kebutuhan yang dibutuhkan bukan yang diinginkan.

    ReplyDelete
  12. aku sampai saat ini masih pake metode 50-30-20 dan itu works banget. tapi sesekali black periode untuk nutupi tabungan yang khilaf kepake di awal hehehe

    ReplyDelete
  13. Aku mulai mau ngelirik investasi nih kak. Beberapa waktu lalu ngobrol sama suami. Daripada uang kami mengendap maka akan coba memilih investasi yang cocok. Sambil cek ricek juga asuransi untuk kesehatan.

    ReplyDelete
  14. Zaman pandemi kayak gini, punya asuransi tuh wajib banget kak. Kita ga akan tahu nasib kita ke depan. Kalo punya asuransi, kita tuh udah setengah tenang ngga usah ngurusin biaya waktu di rumah sakit.

    ReplyDelete
  15. Anggaran sih ini penting banget. Klo ga ada anggaran atau budgeting, ya bubar jalan... Apalagi klo ga dicatat pengeluaran buat apa aja. Gimana mau nabung kan ya :')

    ReplyDelete
  16. ah iya, atur gaji emang harus bijak ya mbak
    biar cukup buat satu bulan

    ReplyDelete
  17. saat ini emang beneran fokus untuk mengelola keuangan dan beneran memperhitungkan dengan baik, jangan sampe bablas sih. Bahaya banget kalau bablassss

    ReplyDelete
  18. Tahun 2021 ini saya bener-bener ngerasain beratnya ngatur gaji bulanan suami. Ya, biasanya kan wiraswasta, gajian bisa beberapa kali dalam sebulan. begitu jadi karyawan, ternyata puyeng juga kalau gak punya perencanaan anggaran bulanan.

    ReplyDelete
  19. wah metode 50 30 20 ini belum saya terapkan full juga sih, bisa saya coba niy. btw untuk asuransi juga saya belum coba, masih cari-cari, kebetulan FWD hadir bisa jadi rekomendasi buat saya niy kak

    ReplyDelete
  20. Memang penting untuk saat ini itu investasi
    Jika tidak, pastinya akan kewalahan
    Makanya harus pandai juga memilih proteksi

    ReplyDelete
  21. Mbak, percaya ga, aq mulai mencatat kembali pengeluaran keluarga supaya bisa cek sebenarnya pengeluaran bulanan itu berapa. Dan baru hari ketiga udah syok sendiri dengan jumlahnya. Hiks

    ReplyDelete
  22. Punya asuransi, nampaknya tahun ini aku akan mengusahakan merapikan asuransi yang aku punya.

    ReplyDelete
  23. Kesentil banget di beberapa kalimat wkwkwk abis gajian langsung berasa sultan belanja online check out keranjang, beberapa hari kemudian sakit kepala duit gaji ga cukup sampe akhir bulan wkwkkw

    ReplyDelete
  24. Catet tipsnya... Pengaturan keuangan tuh masih jadi PR buatku, jujur aja. Nyatetin pemasukan-pengeluaran aja aku masih kurang rapi deh kayaknya. Banyak yg harus dibenahi nih...

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V