2/6/18

Tips Mengenali Mobil Bekas Taksi Ketika Memilih Mobil Bekas

Kebutuhan memiliki sebuah kendaraan pribadi atau mobil kini semakin besar dilihat dari meningkatnya angka penjualan mobil baik baru maupun bekas. Bahkan beberapa orang berpikiran untuk memiliki mobil terlebih dahulu daripada memiliki rumah. Memang sih menggunakan mobil jauh lebih aman dibandingkan kendaraan roda dua jika membawa anak-anak. Saya sendiri suka was-was kalau berpergian berempat naik motor, kalau pergi dengan jarak lumayan jauh seperti ke kota sebelah saya memilih menyewa mobil karena demi keamanan dan kenyamanan anak-anak, soalnya si adek masih kecil.



Membeli mobil sesuaikan budget
Bagi kalian yang memiliki budget besar atau mau membeli mobil dengan cara kredit selama beberapa tahun, memilih mobil baru bisa dijadikan opsi utama. Namun jika kalian memiliki budget terbatas dan ingin membeli secara cash atau kredit yang tak terlalu lama, maka membeli mobil bekas akan lebih bijaksana.

Sekarang ini banyak pasar mobil bekas yang dijual kembali di pasaran. Meski bekas namun tampilan mobil-mobil tersebut tampak tak kalah dari mobil baru. Tentu saja hal ini tak lepas dari modifikasi yang telah dilakukan. Sebagian mobil mungkin sudah mengalami cat ulang sesuai dengan kondisinya, namun ada juga yang masih digunakan beberapa bulan sehingga masih terlihat seperti baru. Dari beberapa mobil bekas tersebut, mungkin kalian akan menemukan mobil dengan harga yang lebih miring dibandingkan mobil jenis yang sama lainnya. Bisa saja hal ini disebabkan karena mobil tersebut adalah mobil bekas taksi yang setiap harinya dipakai untuk mencari penumpang.

Sebenarnya kalian akan mendapatkan kelebihan jika membeli mobil bekas taksi yaitu:

•    Harga akan lebih murah.
•    Biasanya merupakan jenis mobil mewah atau berkelas.
•    Banyak varian mobil yang bisa kalian temukan dari sedan hingga mobil keluarga.

Namun jika kalian betul-betul tak ingin membeli mobil bekas taksi, maka kalian bisa mengetahui cirinya berdasarkan beberapa tips berikut ini agar tak tertipu.

1. Jenis mobil.
Jenis mobil yang umumnya dipakai untuk taksi adalah sedan dan mpv. Untuk serinya bisa berbeda tiap merk kendaraan. Misalnya untuk Toyota, yang sering dipakai untuk taksi adalah seri Limo. Namun sekarang ini banyak taksi dengan mobil keluarga untuk memuat penumpang lebih banyak. Avanza merupakan salah satu seri yang banyak dipakai juga untuk taksi.

2. Cat mobil.
Karena seringnya penggunaan mobil untuk mencari penumpang, biasanya cat mobil untuk taksi akan lebih kusam akibat pemakaian. Kalian bisa memperhatikan cat bagian bawah atau bagian sudut mobil.

3. Surat-surat.
Yang paling bisa membedakan adalah pada surat-surat kepemilikan. Untuk penggunaan taksi biasanya yang memiliki adalah atas nama perusahaan. Kalian bisa melihat di surat BPKB ataupun di faktur pembelian.

4. Mesin.
Mesin mobil juga bisa kalian cek untuk memastikan apakah mobil tersebut bekas taksi. Biasanya mobil taksi memiliki mesin yang downgrade.

Beberapa ciri di atas bisa kalian gunakan untuk membedakan mobil bekas apakah dahulu sering dipakai untuk taksi atau tidak. Sebenarnya tak masalah memilih mobil bekas taksi asalkan kualitas dan kekuatan mobil tersebut seperti mobil bekas pada umumnya. Kalian juga akan mendapatkan kelebihan karena mobil bekas taksi umumnya dijual lebih murah dari harga pasaran. Yang terpenting kondisi mobil masih baik dan layak digunakan.

Kapan ya saya membeli mobil? Hahaha belum terpikirkan kalau anak semakin gede atau semakin banyak, pilih naik angkot atau taksi online saja deh. Karena prioritas utama saya masih ingin memiliki rumah sendiri terlebih dahulu, Aamiin.





CatatanRia.com

5 comments:

  1. Bekas pun masih agak mahal ya untuk ukuran harga mobil, ehe. Semoga bisa keturutan beli mobil meskipun hanya bekas. Seperti kata Mbak Ria ya, mesin harus diperhatikan yang penting.

    ReplyDelete
  2. Sama nih Mbak, kalau kemana-mana masih pakai taksi online, wkwk. Kapan bisa beli mobil ya, bekas asal bukan bekas taksi :D

    ReplyDelete
  3. Mobil bekas kalau kita bisa memilihnya malah bisa lebih menguntungkan ya...
    Trims tipsnya Mbak Ria :)

    ReplyDelete
  4. Wah, tenyata bisa juga ya beli mobil bekas taksi untuk dijadikan milik pribadi? Mesti dicek semua mesin dan surat2nya, apalkagi sopir taksi terkadang mengemudi suka2 dia hehehe. Betul mbak prioritas rumah dulu ntar mobil mah nyusul :)

    ReplyDelete
  5. Ada beberapa yang bilang ke saya kalau mau cari mobil bekas taxi, bagusnya pilih dari taxi burung biru. Armada mereka selalu dicek berkali oleh perusahaan. Jadi riwayat perawatan mobilnya jelas

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V