2/20/18

Genset Solusi Terbaik, Saat Listrik Padam

Siapa sih yang  tidak butuh lampu? Saya rasa semua orang pasti butuh ya. Ya iyalah hampa lah hidup tanpa penerangan. Iya kalau disiang hari masih terbantu dengan sinar matahari, tapi kalau malam hari bulan dan bintang tidak mampu memberi penerangan yang cukup pastinya untuk kita. Matahari juga sih tidak selalu bisa menerangi hari kita, kadang kala saat diruangan yang tidak ada celah matahari masuk tentu akan gelap jika tanpa  lampu.


Saat-saat mati lampu adalah hal yang paling bikin bete, apalagi kalau malam hari cuma ditemenin cahaya lilin. Enggak enaknya itu jadi mati gaya enggak bisa ngelakuin apa-apa, mainan HP batre habis enggak bisa discharge, mau nonton TV mati, mau tidur was-was sama lilin, mau jalan keluar cari angin takut gelap.

Dulu sih waktu tinggal di Tangerang, jarang mati lampu. Dan biasanya hanya sebentar saja, kalaupun mati lama pasti ada pemberitahuan sebelumnya. Beda cerita setelah saya pindah ke Bandung, awalnya mati lampu menjadi hal yang biasa disini. Saya sampai bilang ke suami “Bukannya sudah bayar listrik, koq masih sering mati lampu”. Kata suami sih karena letak rumah yang kami tinggali ini bersebelahan dengan tiang listrik pusat. Hampir seujung berung pusatnya dekat rumah kami, jadi kalau ada kerusakan disuatu tempat maka kamipun ikut mati lampu. Untunglah sekarang sudah mulai jarang mati lampu.

Lain cerita lagi mati lampu bagi karyawan..

Saat saya masih menjadi karyawan disebuah perusahaan, saat mati lampu disore hari dan genset mati itu surga banget untuk kami hahaha. Karena kami pun memiliki alasan untuk pulang lebih awal. Tapi kalau genset menyala pun kerja menjadi lebih slow dan santai sih. Ada yang mengalami seperti saya juga kah?

Apa itu Genset?
 
Adakah yang merasa asing dengan nama genset? Genset atau generator set adalah sebuah mesin yang dapat memproduksi listrik dengan besar tertentu. Biasanya genset dipakai oleh perusahaan, industry rumahan, super/mini market dan lain-lain, terkadang ada juga rumah yang memakai genset.
pic from www.abcpowergenset.com
Biasanya untuk rumah, usaha rumahan atau tempat-tempat yang tidak memerlukan listrik terlalu banyak cukup memakai genset dengan kapasitas < 20 kVA. Kalau untuk perusahaan atau tempat-tempat yang membutuhkan listrik lebih banyak membutuhkan genset dengan kapasitas 20 kVA sampai dengan 500 kVA.

Kegunaan Genset
 
Menurut saya genset ini sangat berguna sekali, apalagi untuk pelaku usaha yang sangat membutuhkan listrik. Karena dengan padamnya listrik tentu akan mengganggu produksi, proses jual beli pun juga bisa terganggu. Saya pun terkadang saat berjualan warung dirumah dan listrik padam, mengganggu sekali jika akan melakukan trasaksi jual-beli hanya dengan penerangan lilin saja. Dengan adanya genset, tentu para pelaku usaha dan karyawan dapat terus berkerja dan bisa tetap produktif walau listrik padam.

*****************

Bagi perusahaan besar genset sudah menjadi barang wajib ada, dan membeli genset pun mudah untuk mereka karena besarnya modal yang mereka miliki. Namun untuk usaha rumahan yang kecil-kecilan tentu tidak membeli genset penuh dengan pertimbangan, karena modal yang dimiliki terbatas. Jangan sampai hanya karena modal terpakai untuk membeli genset, mempengaruhi produksi nantinya.

Tapi di jaman now semua pasti bisa donk ya, jaman dimana kita selalu mendapat kemudahan. Untuk para pelaku usaha dengan modal terbatas, tetap bisa memakai genset dengan cara sewa genset. Untuk sewa genset murah bisa kita dapatkan dibeberapa toko online. Kita tidak perlu bingung mencari kesana kemari, tinggal online saja untuk mendapatkan sewa genset murah.

Enggak bikin galau lagi donk ya kalau sudah memiliki genset, pekerjaan tidak tertunda, mau ngapain aja juga enak. Seandainya suatu hari saya gelar hajatan dirumah sepertinya enak juga kalau sewa genset, jadi kalau pas hajatan tiba-tiba listrik padam ya enggak masalah kan sudah ada genset. Eh tapi kapan mau hajatan ya, anak-anak saja masih pada imut.



CatatanRia.com

5 comments:

  1. Iyah Mbak, genset itu berguna banget. Apalagi di daerah yg sering padam listriknya, fufufuhh.

    ReplyDelete
  2. aku juga ada genset di rumah
    sayang belum punya penyetabil daya
    jadi gak bisa ngecharge HP

    ReplyDelete
  3. Benar sekali tuh, apalagi kalau tinggal di daerah yang lampunya sering padam, seperti di tempatku. :')

    ReplyDelete
  4. Bisa sewa genset sekarang? :D Wah, membantu banget tuh.

    ReplyDelete
  5. Pakai genset bayar listrik nya berapa ya mba hehehe.. pasti belasan juta, karena kalau untuk rumah tangga penting ga penting pakai genset, karena bayar listrik nya pasti menjulang hiikksss T___T

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V