2/7/18

7 Tips Mencari Tiket Pesawat Murah ala Traveler Milenial

Siapa nih yang suka berburu tiket pesawat murah? Saya sih enggak pernah berburu tiket karena jarang travelling keluar dari kota. Pernah sih dulu sebelum menikah penasaran dengan tikep pesawat murah ke Bali Rp. 0,- coba cari-cari dan ternyata susah banget untuk bisa mendapatkannya, sampai akhirnya saya mendapatkannya tapi enggak di checkout hehehe gitu juga sudah senang saya.



Menurut teman-teman saya yang senang travelling berburu tiket murah memang menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri apalagi jika melihat orang lain mendapatkan tiket yang lebih mahal dengan yang kita beli, berasa menang deh. Tapi, jangan salah bahwa berburu tiket murah juga tergantung garis tangan alias keberuntungan. Seperti yang saya lakukan waktu itu, saya berhasil dapat eh pacar *sekarang suami* yang barengan nyari enggak dapat sama sekali.

Tenang saja, urusan mencari tiket murah tidak sepenuhnya tergantung pada keberuntungan atau keberpihakan dewi fortuna  belaka koq. Ibarat pepatah masih banyak jalan menuju Roma, begitu pula dengan berburu tiket murah. Ada banyak cara untuk mendapatkan tiket pesawat murah jika kalian sudah mengetahui celahnya.


Simak deh tips berikut dalam mencari tiket murah :

1. Temukan informasi lewat sosial media
Sosial media kini digunakan beberapa maskapai penerbangan untuk digital marketing, juga langsung memberikan informasi promo tiket pesawat murah. Beberapa maskapai penerbangan banyak yang menggunakan sosial media seperti Instagram Twitter dan Facebook untuk menginformasikan promo terbaru mereka.

Jadi, buat kalian yang sedang berburu tiket pesawat murah dalam dan luar negeri ada baiknya mengikuti semua sosial media maskapai penerbangan yang terkenal Royal memberikan promo tiket pesawat murah kepada para pelanggannya. Sosial media paling mudah dipantau dibandingkan dengan channel lain seperti email ataupun berkunjung ke situs-situs maskapai penerbangannya masing-masing. Apalagi sekarang semua orang kan hampir 24 jam selalu cek social media *termasuk saya*.

2. Jangan pilih hari
Jika ingin berburu tiket murah salah satu kunci yang harus kalian pegang adalah jangan pernah memilih hari terbaik untuk kalian berangkat. Artinya, kalian harus bisa fleksibel dengan penawaran tiket termurah yang ada.

Biasanya tiket pesawat murah ditawarkan pada saat permintaan menurun seperti hukum ekonomi. Saat permintaan tinggi biasanya tiket pesawat akan melonjak naik berkali lipat, namun sebaliknya pada saat permintaan rendah promo yang diberikan pun berkali lipat lebih banyak. Saat itulah waktu terbaik untuk mendapatkan tiket garuda murah misalnya melalui acara travel fair yang selama ini diselenggarakan.

Beberapa wisatawanpun terkadang bisa mendapatkan tiket garuda murah lewat beberapa agen offline. Agen offline yang masih memiliki hubungan dengan beberapa maskapai penerbangan biasanya bisa memberikan tiket garuda murah dibandingkan agen online. Kuncinya adalah menjalin hubungan dengan pihak agen atau minimal mengikuti sosial media mereka.

3. Berangkat Perorangan
Jika kalian memang berencana untuk berangkat dengan rombongan disarankan untuk tidak membeli tiket sekaligus, salah satu triknya adalah masing-masing orang membeli tiket lewat yang berbeda-beda.

Umumnya tiket pesawat yang dipesan dalam jumlah banyak biasanya harganya lebih mahal dibandingkan tiket yang dipesan secara perorangan. Kalian bisa sambil membandingkan harga tiket garuda antara online travel agent yang satu dengan online travel agent yang lainnya. Bahkan kalian juga bisa langsung bertanya pada offline travel agent untuk mendapatkan harga terbaik.

4. Pilih Pesawat yang Berbeda untuk Pulang Pergi
Beberapa penumpang biasanya menggunakan pesawat yang sama untuk tujuan pulang pergi. Padahal ada salah satu tips dan trik yang perlu dicoba yaitu dengan menggunakan pesawat yang berbeda untuk tujuan pulang dan pergi.

Kalian akan bisa mendapatkan tiket pesawat murah dengan menggunakan pesawat yang berbeda untuk tujuan pulang dan pergi. Pesan tiket pesawat secara terpisah saat pulang dan pergi. Bahkan jika beruntung kalian bisa mendapatkan tiket Garuda lebih murah untuk pulang dibandingkan saat pergi, lebih menguntungkan kan.

5. Gunakan kartu kredit
Salah satu manfaat menggunakan kartu kredit adalah poin yang didapatkan. Biasanya kartu kredit juga memiliki program promo yang bekerja sama dengan beberapa maskapai tertentu.

Tapi ingat mak gunakan kartu kredit dengan bijaksana jangan kalap ya, salah satunya adalah dengan menggunakannya untuk membeli tiket pesawat murah. Ada banyak manfaat membeli tiket pesawat dengan menggunakan kartu kredit. Terlebih untuk kartu kredit tertentu akan mendapatkan fasilitas Executive Lounge saat menunggu pesawat di bandara.

6. Booking Jauh Hari
Banyak ahli yang menyarankan untuk melakukan pemesanan pesawat minimal 60 hari sebelum berangkat atau 150 hari sebelum berangkat. Keduanya bisa digunakan baik untuk pemesanan tiket pesawat domestik maupun tiket pesawat internasional ataupun tujuan ke luar negeri.

Bahkan beberapa maskapai penerbangan sudah memberikan promo 1 tahun sebelum keberangkatan misalnya seperti Air Asia yang kerap memberikan kursi gratis bahkan promo lebih besar dibandingkan maskapai penerbangan lainnya. Namun syaratnya kalian harus memesan  1  tahun sebelumnya sebelum keberangkatan.

7. Transit Tidak Selalu Membosankan
Pesawat dengan rute transit di beberapa bandara terkadang sangat dihindari oleh wisatawan demi mengejar waktu. Namun kini beberapa wisatawan justru sengaja transit lebih lama di suatu tujuan agar bisa berwisata di negara yang berbeda pada waktu yang sama.

Misalnya saja saat kalian transit di Singapura lebih dari 6 jam, bandara Changi menawarkan fasilitas bus wisata gratis yang bisa digunakan untuk mengelilingi Singapura hanya dalam beberapa jam saja. Sangat menarik bukan. Sambil wisata gratis kalian bisa cari hotel murah di Reservasi.com. Bahkan kalian bisa melihat dan survei sekaligus tempat-tempat memang sesuai dengan yang kalian inginkan. Transit tidak melulu membosankan jika demikian!
****

Jadi pengen ngajak anak-anak jalan keluar kota akhir tahun ini. Kalau booking dari sekarang siapa tau bisa lebih murah, baiklah nanti dirapatkan dengan bos rumah.




CatatanRia.com

2 comments:

  1. Semenjak gak kerja kantoran, cari tiket gak terlalu masalah sih. Cuma jadi bingung gak bisa nyesuain sama suami dan teman-teman yang masih kerja kantoran. Karena pasti pertimbangannya cuti :D

    ReplyDelete
  2. Wah aku banget nih suka cari tiket penerbangan yang murah. Tapi baru tau nih murah kalo 'Pilih Pesawat yang Berbeda untuk Pulang Pergi'
    Soalnya kalo penerbangan luar, beli one way justru mahal banget!

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V